Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

larina.adeliaAvatar border
TS
larina.adelia
Memaksimalkan performa di kantor dengan mengetahui tipe kepribadian diri sendiri


Selamat siang untuk semua kaskuser dimanapun berada, sesi hari ini TS coba memberi sedikit tambahan informasi mengenai apa yang dapat kita lakukan jika kita telah mengetahui tipe kepribadian diri sendiri, yang secara garis besarnya terbelah menjadi, tipe yang pasif (introvert) atau yang aktif (extrovert)

emoticon-Om Telolet Om!


Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan performa kerja di kantor, salah satunya adalah dengan mengetahui tipe kepribadian diri sendiri.

Ada ungkapan yang mengatakan when you know yourself well, anda bisa lebih mengarahkan kekurangan diri menjadi kelebihan yang menguntungkan. 

Now are you ready to maximize yourself ?


Mengetahui tipe diri sendiri merupakan hal yang dibutuhkan setiap orang untuk bisa mencari kelebihan dan memutar kekurangan menjadi sesuatu yang tidak merugikan dalam berbagai hal, salah satunya adalah dalam dunia kerja. 

Selain itu posisi di kantor juga ditentukan oleh kepribadian seseorang. 

Dua tipe kepribadian yang sering terdengar adalah introvertdan extrovert

Dalam dunia HRD, ada banyak sekali tipe kepribadian. Misalnya secara garis besar si A adalah introvert, namun termasuk introvertyang mana ?. 

Apakah termasuk introverted sensing with extroverted thinkingatau malah si extrovert yang memiliki pemikiran seperti si introvert ?


Untuk mengetahui lebih lanjut tentang permasalahan ini, langsung saja yuukk, lets check it out.

emoticon-Om Telolet Om!


INTROVERTED


Spoiler for INTROVERT:


Para pemegang label kepribadian introvertbiasanya mempunyai ciri sebagai orang yang jarang bicara jika tidak diperlukan, terkadang jadi salah disangka sebagai pemalu. Padahal sebagai pribadi yang lebih senang mengamati situasi dahulu, introvert memiliki beberapa kelebihan yang bisa dibagi menjadi beberapa tipe :
 
a. THE DUTY FULFILLER
Tipe pekerja yang selalu bisa menyelesaikan tugas tepat waktu adalah mereka yang memiliki kepribadian introvert namun punya pemikiran seperti ekstrovert. Mereka patuh terhadap aturan pekerjaan dan cenderung menyelesaikan semua sesuai prosedur.

Pekerjaan yang cocok :
Karena pola pikir yang terstruktur, tipe introvert ini pas untuk mengisi posisi manajerial. You can be a business executive, financial officer, or even a programmers.

b. THE THINKER
Anda yang memiliki kemampuan menganalisa teori secara mendalam dan mengaplikasikannya secara general masuk dalam tipe kepribadian introvert. Selain itu, kemampuan untuk menggali insight suatu kasus dan berpikir secara kreatif menjadi nilai positif dari si introvert yang memiliki intuisi extrovert ini.

Pekerjaan yang cocok :
Strategic planner. Apapun bidang perusahaannya, selalu ada posisi untuk Anda yang bisa memikirkan strategi khusus untuk mencapai suatu hal.

c. THE NURTURER
Hobi mengamati sesuatu serta peduli dengan perasaan sekitar adalah ciri utama si introvert yang satu ini. Selain itu, kelompok The Nurturer memiliki kebiasaan melayani kebutuhan orang banyak dan sangat tidak nyaman jika harus menghadapi konflik di depan matanya.

Pekerjaan yang cocok :
Bagian administrasi dan manajer di kantor. Atau karena memiliki jiwa seni yang tinggi, menjadi interior design juga bisa menjadi pilihan.

d. THE IDEALIST
Idealisme yang tinggi, tidak banyak bicara, sering merefleksi kejadian harian dan tertarik dengan isu kemanusiaan merupakan ciri si idealis yang ternyata juga masuk kategori introvert. Walau terlihat pendiam, namun tipe yang ini senang menjadi pusat perhatian.

Pekerjaan yang cocok :
Penulis. Selain itu duduk menjadi manajer sumber daya manusia juga bisa menjadi pilihan.

Setelah introvert kita bahas, mari selanjutnya membahas rivalnya yaitu ekstrovert.


EXTROVERTED

Spoiler for EXTROVERT:


Berbanding terbalik dengan si pendiam, extrovertsenang bermain bermain dengan dunia luar. Mereka terbuka, percaya diri, dan senang berinteraksi dengan banyak orang. Jangan kaget jika mendengar banyak cerita dari mulutnya. Because an extrovert never has enough stories !.

a. THE DO-ERS
Skill observasi yang baik plus cara menyampaikan informasi yang menyenangkan membuat orang lain biasanya termotivasi untuk ikut bergerak dan bahkan mengubah perspektifnya selama ini. The do-ers live in the present moment !. Inilah yang membuat extrovert yang satu ini adalah sales people yang sangat baik.

Pekerjaan yang cocok :
Business director atau head of marketing communication

b. THE PERFORMER
Tipe yang satu ini selalu menjadi pusat perhatian dan kebahagiaan. They know how to make a things fun for others, spontaneous, and they dislike theories.

Pekerjaan yang cocok :
Karena senang bertemu dengan banyak orang setiap harinya, posisi sales representative adalah yang paling cocok untuk si performer, menjadi artis, penyiar, atau MC juga bisa jadi pilihan. Atau ajaklah tipe yang satu ini untuk melakukan presentasi, biasanya presentasi akan berjalan lancar dan menyenangkan !.

c. THE INSPIRER
Selalu antusias, berpegang teguh pada idealisme yang tertanam baik, dan kreatif adalah ciri utama mereka. Mereka ini selalu antusias dengan ide-ide baru namun tidak menyukai hal detail. Karena selalu berhasil melakukan pekerjaan yang mereka sukai, biasanya dalam 1 tim, pribadi yang selalu maju menjadi eksekutor. Tentunya dengan dukungan tim yang andal, mereka bisa bekerja dengan baik.

Pekerjaan yang cocok :
Konsultan. guru, konselor, dan reporter televisi.

emoticon-Angel

Nah bagaimana sudah tahu kah kepribadian diri agan atau sista sendiri ?.

Jika sudah, dan belum mempunyai pekerjaan, silahkan di coba beberapa informasi dan saran di atas, untuk penempatan pekerjaan yang pas buat diri sendiri. 

Pokoknya biar ga ribet deh kesananya. emoticon-Ngakak (S)


Akhir kata TS selalu ingin mengucapkan :

wabillahi taufik wal hidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Salam sejahtera, sukses selalu, dan Yaa kalian luar biasa. emoticon-Ngakak (S)


Sumber informasi :

Majalah Cosmopolitan - Fun Fearless Female


Sumber Gambar :

Google Image















0
8.3K
81
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan