hesty539Avatar border
TS
hesty539
Jangan Mengeluh Dengan Ujian Yang Kau Hadapi

katakata.me

Tuhan menciptakan kita dan bemberikan kita salah satu sifat yang tak bisa kita hindari yaitu mengeluh. Allah swt berfirman di dalam Al-Qur’an surat al-Ma’arij yang artinya:


Quote:


Kemarin kita mengeluh, hari ini kita mengeluh, esok kita mengeluh, bahkan kita sering mengeluhkan sesuatu yang belum pasti terjadi. Takut tak ada rezeki misalnya. Di saat hujan turun dengan lebat, kita mulai mengeluh, “ Aduh, hujan ini kok ngak berhenti-berhenti sih, , kalo setiap hari seperti ini. Pekerjaan ku akan terbengkalai setiap hari.” Hal yang belum tentu kita dapatkan esok kita keluhkan pula.

 

Tanpa berpikir bahwa yang kita keluhkan adalah sebuah kenikmatan yang Tuhan berikan untuk kita, yang patut kita syukuri, bukan malah untuk dikeluhkan. 



aktual.com




Terlalu banyak waktu telah kita habiskan hanya untuk mengeluarkan kata-kata yang tidak berguna dan tak ada makna sama sekali, membuat kegiatan dan pekerjaan kita terbengakali dengan keluan kita itu. Boleh saja kita mengeluh, namun harus dibarengi dengan usaha kita, mencari jalan keluar dan solusi. 



Quote:




Itu baru beberapa kisa yang saya contohkan. Masih banyak kisah-kisah waniya yang dapat kita jadikan pelajaran dalam hidup untuk dijadikan landasan dalam hidup kita. Sebagai kunci agar kehidupan yang sudah pasti desandingkan dengan cobaan hidup bisa kita lalui dengan sabar dan tabah.
 
Bayangkan wahai saudariku, untuk mempertahankan imannya, mereka merelakan nyawa untuk akhirat mereka, dan semua itu dilalui tanpa adanya keluhan sedikitpun. Sedangkan kita yang hidup serba ada. Tapi segala kekurangan kita keluhkan.  Tak cukup uang belanja mengeluh, kekenyangan mengeluh, sepatu basah mengeluh, kehujanan di jalanan mengeluh, bahkan kelebihan harta pun kadang kita keluhkan  Astagfirullah. Sesungguhnya kita  adalah orang yang lemah iman. Sauradiku, saya dan Anda hanyalah manusa biasa yang hidup penuh kenikmatan. Bermuhasabah diri adalah jalan terbaik untuk mencapai pribadi yang lebih baik, bukan malah menghabiskan waktu untuk mengelukan hal-hal kecil yang sudah pasti ada jalan keluarnya.
 
Semua masalah yang diberikan Tuhan hanyalah cobaan ringan kepada kita, yang seharusnya kita jalani penuh kesabaran dan ketabahan. Dengan kesabaran, Tuhan akan meringankan beban kita, dengan kesabaran Tuhan akan mengangkat derajat kita. Maka mari kita bersama membenahi diri dengan iman. Allah swt berfirman yang artinya:





Quote:





Masalah yang kita hadapi dengan kesabaran akan memberikan hasil yang manis. Bahkan Allah sendiri yang akan memberikan kabar gembira untuk kita. Bukankah janji Tuhan adalah benar? Maka, bersabarlah. Jalani semua dengan ketabahan, dan lapang dada. Tidak ada masalah yang diberikan oleh Allah kecuali pasti akan diberikan jalan keluarnya. Sekarang kembali kepada pribadi kita masing-masing. Apakah kita akan mencari jalan keluar dari masalah yang kita dapatkan atau malah duduk termenung sambil berlarut- larut dalam maslah kita.
 
 
 

tata604
hugomaran
hugomaran dan tata604 memberi reputasi
2
10.2K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan