Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

thatwasfunAvatar border
TS
thatwasfun
Fenomena Langka Gerhana Bulan Total, 152 Tahun Sekali Gan!

Foto: Jose Antonio

31 Januari 2018, kita yang tinggal di Indonesia akan merasakan salah satu fenomena alam langka yakni gerhana bulan total GanSist. Yang lebih istimewa, gerhana bulan ini akan berlangsung saat super blue blood moon.

Jadi, gerhana bulan total besok ini adalah gabungan dari tiga fenomena; supermoon, bluemoon dan bloodmoon.


Foto: kalastro.id

Fenomena ini juga bisa dibilang langka karena terakhir diamati sekitar 152 tahun lalu yakni di tanggal 31 Maret 1866. Jadi nggak boleh nih ketinggalan buat menyaksikan fenomena ini GanSist!

Emang kayak gimana sih tahapannya? Terus bisa dilihat dari daerah mana aja?


Foto: Science - IDN Times

Alhamdulillah, gerhana bulan total di tanggal 31 Januari 2018 ini bisa disaksikan dari seluruh Indonesia, alias dari Sabang sampai Merauke. Semua tahapannya mulai dari awal sampai akhir gerhana bulan bisa diamati.

Dari info yang ane baca, jadi Indonesia bakalan terbagi jadi 2 zona gerhana, yakni yang bisa dan nggak bisa melihat awal gerhana bulan penumbral. Apa itu gerhana bulan penumbral? Jadi di tahap ini, bulan cuma sedikit meredup dan warnanya belum merah. Tapi, yang bisa menyaksikannya adalah Indonesia bagian tengah dan timur. Sedangkan buat kita yang tinggal di Indonesia bagian barat nggak bisa melihat karena bulan belum terbit GanSist. Awal gerhana bulan penumbral ini bakalan berlangsung pukul 17.51 WIB.

Tahapan selanjutnya adalah gerhana bulan sebagian di mana bulan udah mulai berubah jadi merah sebagian gitu secara bertahap. Tahapan ini bisa disaksikan di seluruh Indonesia mulai pukul 18.48 WIB Gan.

Tahapan selanjutnya adalah yang paling ditunggu-tunggu yaitu bulan jadi berwarna merah seutuhnya atau gerhana bulan total. Di tanggal 31 Januari 2018, gerhana bulan total akanberlangsung selama 1 jam 16 menit dan berlangsung di antara pukul 19.51 WIB - 21.07 WIB sementara puncaknya adalah pukul 20.29 WIB.

Terus kalo udah berakhir, bakalan berlangsunglah gerhana bulan sebagian yakni berubah lagi menjadi warna putih sebagian sampai akhirnya gerhana bulan sebagian berakhir. Setelah itu, akan berlangsung gerhana bulan penumbral yakni bulan udah berwarna putih tapi masih sedikit redup. Sampai akhirnya bulan kembali terang yang artinya gerhana bulan penumbral dan semua tahapan gerhana bulan total 31 Januari 2018 udah selesai semuanya. Totalnya sekitar 5 jam 17 menit.

Bisa nggak sih lihat gerhana bulan langsung?


Foto: Apa Perbedaan

Bisa dong! Jadi gerhana bulan ini beda dengan gerhana matahari Gan. Kalo gerhana matahari kan silau, jadi kita harus pake alat bantu. Nah kalo bulan itu lebih redup jadi ramah buat mata kita.

Sebenernya nih Gan, yang bahaya waktu gerhana matahari adalah lapisan fotosfer matahari; yakni lapisan yang paling efektif memancarkan cahaya dan energi ke bumi. Jadi sih kalo nggak ada gerhana atau nggak, selama lapisan fotosfer itu kelihatan, matahari tetap bahaya buat dilihat langsung.


Foto: setia1heri

Ohya, gerhana bulan ini mulai berlangsung nggak lama setelah matahari terbenam di barat. Jadi bulan itu kan adanya di timur, kalo mau lihat lebih oke, bisa ke luar rumah terus cari tempat yang medan pandangnya luas.

Buat Agan yang tinggal di wilayah Jakarta dan sekitarnya, Agan bisa datang ke Taman Ismail Marzuki (TIM) karena bakalan ada acara peneropongan dari jam 5 sore sampe jam 11 malam. Tapi Agan bisa daftar online di link ini nihGan!

Jadi, udah siap belum buat lihat gerhana bulan besok?

:belumtidur

Sumur: 1 - 2 - 3

Baca thread ane yang lain di sini
Diubah oleh thatwasfun 05-02-2018 06:25
0
18K
141
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan