Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jelocoAvatar border
TS
jeloco
Begini Proses Pemakaman Jenazah Warga Korea
Hai para agan dan aganwati. Ini thread pertama ane. Semoga tulisan disini dapat dimengerti yak. (Bahasa Indonesia ane kurang dalam soalnya gan emoticon-Big Grin )

Belakangan ini banyak berita mengenai kepergian sang bintang asal korea dan merupakan salah satu personil boyband ternama yaitu Jonghyun SHINee. Sedikit informasi, kematian Jonghyun Shinee ini disebabkan oleh keracunan gas karbon monoksida yang diproduksi oleh batu arang. Jasadnya ditemukan di sebuah apartemen di kawasan Cheongdam-dong, Gangnam Gu, Seoul.

Saat ini almarhum disemayamkan di Asan Medical Center Funeral Hall sejak dari hari Selasa, 19 Desember 2017. Dari keluarga hingga rekan sekerja dan para fans pun ikut turut mendatangi tempat persemayaman terakhir Jonghyun.



Karena rasa penasaran yang begitu tinggi, ane coba cari tahu apa aja sih proses pemakaman yang harus dilakukan untuk warga korea.

Yang namanya orang kota pasti ingin yang serba instan. Sama juga untuk warga korea yang domisili di perkotaan. Mereka lebih memilih cara yang tidak begitu merepotkan dirinya. Begitu juga untuk proses / upacara pemakaman orang meninggal. Mereka akan meminta pengurus tempat persemayaman disana untuk mengurus segala proses yang harus dilakukan.

Biaya yang dibutuhkan juga tidak murah. Minimal 5 juta won atau sekitar 50 juta rupiah. Karena biaya pemakaman begitu besar, para pelayat diharapkan untuk memberi minimal 50 ribu won atau sekitar 600 ribu rupiah. Uang tersebut dimasukkan dalam amplop warna putih dan tak lupa di amplopnya harus ditulis "Turut Berdukacita".



Biasanya pemakaman orang korea akan berlangsung 3 hari saja. Hari pertama, tubuh jenazah akan diatur dalam posisi lurus dan ditutupi kain putih. Kemudian jenazah tersebut akan diletakkan di sebuah peti yang juga dijadikan sebagai meja untuk menaruh bunga, dupa dan foto almarhum.



Hari kedua, jenazah akan dimandikan oleh anggota keluarga yang tertua di rumah duka. Setelah itu, jenazah akan berpakaian rapi. Umumnya setelan jas yang akan dipakaikan ke jenazah. Selanjutnya, jenazah kembali masuk ke peti mati.

Hari ketiga, upacara singkat akan diadakan untuk memberikan penghormatan terakhir bagi almarhum. Pada acara ini, kehidupan pribadi almarhum akan diceritakan kepada pelayat. Pelayat juga akan memberikan kata-kata terakhir untuk almarhum sambil membakar dupa.



Selesai upacara singkat itu, peti mati akan diangkut menggunakan mobil jenazah dan dibawa ke tanah pemakaman. Jenazah akan dimasukkan ke dalam lobang tanah yang sudah disediakan sebelumnya. Anggota keluarga yang tertua harus melempar tanah ke peti mati sebanyak 3 kali. Kemudian, lobang kuburan tersebut akan dibuat menjadi sebuah gundukan atau bukit kecil dan menaruh batu nisan di depannya.



Tapi seiring berjalannya waktu, teknologi juga sudah semakin canggih, kebanyakan warga korea kini akan lebih memilih dengan cara kremasi. Jenazahnya akan dibakar hingga menyisahkan tulang belulang saja. Kemudian tulang tersebut akan ditaruh pada sebuah wadah yang terbuat dari keramik. Wadah tersebut bisa ditaruh di rumah atau di tempat persemayaman.



Sumber
Diubah oleh jeloco 20-12-2017 20:02
indriketaren
indriketaren memberi reputasi
1
39.8K
129
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan