Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

holidayonairsayAvatar border
TS
holidayonairsay
Buat Para Pecinta Musik, Inilah Perbedaan Major Label dengan Indie Label!


Pasti sebagian dari agan masih bingung dengan perbedaan yang memisahkan antara Major label dan Indie label. Mungkin dari beberapa agan mempunyai grup band dan masih bingung, apakah pilih jalur Indie atau Major?

Mungkin sedikit ulasan berikut bisa membantu kekeliruan agan untuk memilih jalurnya agar menjadi pertimbangan untuk band yang agan miliki. Yuk simak!

Indie label

Dengan jalur Indie, sebuah band mendapatkan hasil (uang) tanpa dibagi dengan sebuah management, otomatis hasil tersebut bisa 100% dinikmati oleh band tersebut. Dari management pun untuk band yang berjalan di jalur ini tidak ada aturan-aturan tertentu, nasib dan perjalanan karir mereka yang menentukan sendiri ke arah mana.

Fasilitas pun membedakaan dari kedua jalur ini. Untuk Indie band fasilitas apapun terkadang ditanggung dengan band itu sendiri atau juga terkadang ditanggung oleh pihak penyelanggara sebuah acara.

Yang sangat mencolok dari perbedaan kedua jalur ini adalah pembuatan single dan album. Indie dibebaskan untuk berkarya seunik dan seaneh apapun karena tidak adanya aturan dari pihak manapun. Tentu jalur ini menjadi pilihan Holiers untuk menjadi band yang “mandiri” karena penuh dengan kebebasan berekspresi.

Major Label

Major label bisa menjadi pilihan agan untuk mencari keuntungan yang besar yang dibantu oleh perusahaan-perusaahan rekaman besar. Tetapi, dibawah naungan Major label agan tidak bisa mendapatkan 100% keuntungan dari hasil kerjanya, dikarenakan Major label lah yang lebih mendapatkan bagian keuntungannya dari hasil kerja kalian.

Perbedaan dalam management yang sudah kita bahas tadi. Jika berkarir di jalur Indie, apapun diatur dengan grup band itu sendiri tanpa adanya aturan-aturan tertentu. Kebalikannya, Major dipastikan diatur oleh suatu management yang dibentuk oleh Major label tersebut.

Berbicara soal fasilitas, Major label memiliki banyak keringanan bagi sebuah grup band yang kekurang modal untuk berjalan di jalur Indie. Kenapa? Apapun fasilitas dan kekurangan akan dibantu oleh Major label hingga habis masa kontrak yang disepakati. Fasilitas yang akan diberi oleh Major Label kurang lebih seperti penunjangan karir sebuah band dengan diberikannya alat-alat yang dibutuhkan, diberikan basecamp (rumah atau apartement). Bukan hanya itu saja, yang terpenting adalah tempat untuk latihan dan tracking single/album akan difasilitasi tanpa beban oleh pihak Major label.

Yang terakhir adalah masalah pembuatan single dan album yang diatur oleh pihak Major label. Sebuah band di Major label akan sulit untuk berekspresi sebebas mungkin, yang dikarenakan sebuah Major label memiliki aturan-aturan tertentu yang mempunyai kuasa dalam karir sebuah band tersebut.

Bagaimana agan? Cukup dimengerti dengan sedikit ulasan tadi? Semoga ulasan tadi dapat membantu kekeliruan agan untuk memilih karir dalam bermusik.
0
22.3K
81
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan