Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

akpimAvatar border
TS
akpim
USS South Dakota: Kapal Selam Serang Terbaik di Dunia


Amerika Serikat meluncurkan kapal selam tercanggih di dunia.

Selama bertahun-tahun, AS terus menjaga kemajuan teknologi kapal selam yang mereka rancang.

Adalah USS South Dakota, yang dipersiapkan oleh AS untuk mengantisipasi ancaman bawah laut.

Dengan biaya produksi yang mencapai USD 2,7 Miliar (Rp 36,5 Triliun), USS South Dakota merupakan kapal selam tempur yang memiliki panjang 70 kali dari kapal laut biasa dan dilengkapi dua senjata utama, yaitu misil balistik dan misil jelajah.

Termasuk kapal selam kelas Virginia, USS South Dakota dapat menyerang dengan cepat hingga di perairan dalam sekalipun. Ia dapat melancarkan torpedo menuju kapal lain, menerbangkan misil ke target di daratan, fungsi pengintaian, hingga menurunkan tim khusus Navy SEAL untuk operasi tertentu.

Sebagaimana kapal selam kelas Virginia lain, USS South Dakota memiliki dua Virginia Payload Tubes, yang masing-masing dapat meluncurkan enam buah misil jelajah Tomahawk.



"USS South Dakota akan menghadirkan kecanggihan teknologi yang lebih maju dari pada yang lain," kata Letnan Seth Clarke, juru bicara Angkatan Laut AS, seperti dilansir detikINET dari CNN pada Senin (20/11/2017).

"Kemampuan daya tahan, mobilitas, serangan, dan manuver-manuver lain membuatnya sanggup menjalankan lima dari enam strategi utama kemaritiman kami, yaitu mengontrol perairan, keamanan kemaritiman, pencegahan, pelacak, hingga mengantisipasi kehadiran kapal selam lain," tuturnya menambahkan.

Ia juga mengatakan bahwa USS South Dakota akan memberikan keuntungan besar bagi AS, dengan meneruskan dominansi mereka dari abad pertengahan hingga di masa depan.

"Kemampuan mengendap-endap sangat krusial bagi sebuah kapal selam. Kelas Virginia mampu memberikan kapabilitas dan kapasitas tersebut dalam menghadapi konflik yang berpotensi terjadi ke depannya," ujar Randy Forbes, Ketua Sub-komite Seapower and Projection Forces dari House Armed Services Committee.

Kapal selam sepanjang 110 m ini dijadwalkan masuk ke dalam armada Angkatan Laut AS pada Agustus 2018. Ke depannya, mereka berencana untuk melakukan peningkatan pada seluruh kapal selam kelas Virginia, terutama USS South Dakota, sembari mengembangkan kapal selam kelas Columbia yang memiliki senjata nuklir.

"Diperkirakan, kapal selam ini akan beroperasi penuh pada 2024 atau 2025. Kemampuannya ini dapat 'mempensiunkan' kapal selam lain yang sudah dimakan usia," kata Jerry Hendrix dari Center for a New American Study (CNAS), organisasi yang fokus dalam isu keamanan AS.

https://m.detik.com/inet/serba-serbi...-terbaik-dunia

Gila gan, harganya 36 Triliun emoticon-Matabelo
Diubah oleh akpim 20-11-2017 05:51
0
2.2K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan