Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

putra.mahkotakAvatar border
TS
putra.mahkotak
Tak ada perhatian Pemkot, banyak makanan khas Palembang nyaris punah
https://m.merdeka.com/peristiwa/tak-ada-perhatian-pemkot-banyak-makanan-khas-palembang-nyaris-punah.html



Merdeka.com - Pemerintah Kota Palembang dinilai gagal mempertahankan eksistensi makanan khas daerah. Pasalnya, hingga kini terdapat puluhan kuliner daerah itu nyaris punah.

Ketua Kerukunan Keluarga Palembang, Kiagus Abdul Rozak mengungkapkan, dari ratusan kuliner di Palembang, hanya puluhan jenis yang masih dikenal karena masih dijual di pasaran.

Makanan yang masih ditemui mayoritas terbuat dari ikan dan terigu, semisal pempek, model, tekwan, pempek tunu (panggang), lenggang, lakso, burgo, dan beberapa jenis kue.

"Orang tahunya cuma pempek saja, padahal masih banyak jenis makanan khas, sayang sekali banyak yang tidak dikenal lagi karena nyaris punah," ungkap Rozak kepada merdeka.com, Jumat (27/10).


Makanan khas Palembang yang jarang ditemukan lagi, kata dia, di antaranya mentu, dadar jiwo, gandus, putu embun, bangkit, tapel, pare, lumpang, manam sahmin, kumbu kacang dan puluhan jenis lain. Makanan tersebut terkadang hanya disajikan saat acara formal.

"Untuk jumlah persisnya belum terdata, tapi ada puluhan jenis yang nyaris punah," ujarnya.

Menurut dia, kondisi ini disebabkan kurangnya perhatian dari pemerintah setempat. Dia menilai pemerintah hanya fokus mengedepankan makanan yang terkenal meski makanan jenis lain cukup menjanjikan dari sisi ekonomi.

"Sejauh ini tidak ada dokumentasi resmi dari Pemkot tentang makanan khas daerah. Ini artinya, Pemkot gagal mempertahankannya. Ini bahaya, bagaimana generasi penerus bisa mengenalnya," kata dia.

Agar eksistensi makanan itu tetap terjaga, paling tidak pemerintah menerbitkan buku berisi nama-nama jenis makanan berikut resep. Dengan begitu, masyarakat dengan mudah membuat makanan.

"Orang Palembang ini rajin bikin makanan, tapi itu-itu saja. Nah, tidak salah mencoba makanan lain, itu jika ada buku panduan," ujarnya.
_________

Kalah karo me2k donal, fitza hats, po kak ep cik emoticon-Big Grin
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
3.5K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan