meyanie21Avatar border
TS
meyanie21
Industri Pariwisata Digenjot, Tertarik Untuk Investasi Bisnis Hotel?
Indonesia sebagai negara kepulauan ini sehingga membuat Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki berbagai keindahan alam yang mampu menarik banyak wisatawan mancanegara untuk melancong ke Indonesia. Bahkan saat ini pun weekend sering menjadi waktu yang tepat untuk melancong bagi para wisatawan lokal berwisata, sehingga bisnis hotel pun menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan ditengah industri pariwisata yang lagi digenjot.


Dari data yang pernah disampaikan Kepala Bidang Investasi Pariwisata Deputi Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata (Kemenpar), bisnis hotel berbintang masih paling diminati investor karena imbal hasil investasi atau return of investment (ROI) di bisnis hotel lebih cepat. Tahun 2015 realisasi investasi yang ditargetkan Kemenpar hanya 3,8 persen dari total investasi nasional. Di akhir 2015 realisasi bahkan mencapai 4,1 persen atau sekitar Rp 100 triliun. Pada 2016, realisasi investasi pariwisata ditargetkan naik sekitar lima persen atau sekitar Rp 105 triliun.

Pembangunan bisnis hotel bukan hanya di Jakarta yang berkembang, tapi sampai ke tingkat kota dan kabupaten. Kebutuhan akan kamar hotel juga terus meningkat. Bahkan daerah-daerah yang baru dibuka juga berani menghadirkan hotel bintang 4. Seperti di Serpong, berlomba investor membangun hotel berbintang karena adanya Indonesia Convention Exhibition yang terus menggelar berbagai pameran berskala nasional dan internasional. Bila kegiatan pameran berlangsung, maka semua hotel yang disekitar sana penuh. Bukan hanya tempat pameran, tapi kebutuhan akan sebuah stadion atau gedung pertunjukkan musik juga sangat penting.

Menurut Tommy Pratama, promotor dari Original Production yang selalu menghadirkan grup-grup musik dunia ke Indonesia mengaku di Jakarta tidak ada tempat yang memadai untuk menampung penonton sehingga bisa menikmati musik dengan nyaman.
Selain kapasitas, juga perlengkapan sound systemnya serta akustik gedung masih belum memadai.

Peluang-peluang inilah yang dilihat oleh Lippo Group yang tengah menbangun kota baru Meikarta, Cikarang Jawa Barat. Di sana akan bangun stadium yang besar. International Exhibition and Convention Center dengan kapasitas 200 ribu orang. Ini sangat besar dengan pembanding Jakarta Convention Center yang hanya memiliki kapasitas 15 ribu orang. Lippo juga berencana membangun pusat perbelanjaan serta menyediakan area komersial yang akan diisi oleh kafe, toko, dan lain-lain. Ini tentunya akan mendatangkan pengunjung yang tidak sedikit.

Maka selain apartemen, Lippo akan membangun beberapa hotel bintang lima. Pihaknya akan mengundang pengembang hotel bintang lima, seperti The Ritz Carlton, ST Regis, Hyatt untuk membangun penginapan di Meikarta. Jadi di sini rencananya akan dibangun hotel bintang lima. Ini bukan hanya angan-angan karena pihak Lippo sudah melakukan tanda tangan dengan Langham, yang sudah pengalaman bangun hotel-hotel mewah di London dan negara lainnya.
0
4.9K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan