uclim.dan.iclimAvatar border
TS
uclim.dan.iclim
ICG: Jaringan Rohingya di Pakistan Dalangi Rusuh 9 Oktober

TEMPO.CO , Yangon - Kelompok penggiat HAM internasional, International Crisis Group (ICG) mengungkapkan tentang sekelompok Muslim Rohingya yang menyerang penjaga perbatasan Myanmar pada Oktober lalu dikoordinir oleh orang-orang yang memiliki jaringan ke Arab Saudi dan Pakistan.

Serangan terkoordinasi pada 9 Oktober itu, menewaskan sembilan polisi, dan memicu tindakan keras oleh pasukan keamanan di negara bagian Rakhine. Setidaknya 86 orang tewas, menurut media pemerintah, dan PBB memperkirakan 27.000 anggota minoritas Rohingya telah melarikan diri melintasi perbatasan ke Bangladesh.

Dalam laporannya, ICG menayangkan video yang menyebutkan bahwa sebuah kelompok yang menamakan dirinya Harakah al-Yakin (HaY) mengaku bertanggung jawab atas serangan itu. ICG yang berbasis di Brussels, Berlgia, juga mengatakan telah mewawancarai empat anggota kelompok itu di negara bagian Rakhine dan dua di luar Myanmar.

Harakah al-Yakin, atau Gerakan Keyakinan dibentuk setelah kekerasan komunal pada 2012 yang menewaskanlebih dari 100 orang dan sekitar 140.000 mengungsi dari negara bagian Rakhine, kebanyakan dari mereka Rohingya.

Kelompok itu yang juga memiliki basis di Pakistan serta Afghanistan memberi pelatihan senjata kepada penduduk desa di Rakhine utara lebih dari dua tahun menjelang serangan.

"Ini termasuk penggunaan senjata, taktik gerilya dan pelatihan juga fokus pada bahan peledak dan IED," kata ICG, mengacu pada perangkat peledak improvisasi.
ICG juga mengungkapkan bahwa pemimpin Harakah al-Yakin diidentifikasi sebagai Ata Ullah, lahir di Karachi, Pakistan, anak dari pengungsi Rohingya yang hijrah ke Mekkah, Arab Saudi.

Namun, ICG mengatakan kelompok ini tidak terlibat dalam serangan terhadap penduduk Budha di Rakhine. Dan pernyataan Harakah al-Yakin untuk saat ini menunjukkan tujuan utamanya adalah untuk mengakhiri penganiayaan terhadap Rohingya di Myanmar dan mengamankan status kewarganegaraan minoritas.

https://m.tempo.co/read/news/2016/12/17/118828581/icg-jaringan-rohingya-di-pakistan-dalangi-rusuh-9-oktober
sebelahblog
anasabila
anasabila dan sebelahblog memberi reputasi
2
3.2K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan