godok.indonesiaAvatar border
TS
MOD
godok.indonesia
Pap Smear; Tes Kanker Rahim yang Wajib Dicoba Wanita


Dengan semakin maraknya pemberitaan mengenai kanker serviks serta dampaknya bagi kesehatan, Sista tentu merasa waswas dan takut jika suatu saat diri sendiri atau salah satu anggota keluarga terkena penyakit mematikan ini. Sehingga, Sista bertanya-tanya adakah cara untuk tes kanker serviks sejak dini? Jawabannya : pap smear!

Yuk, kenali prosedur tes kanker serviks ini lebih dalam dengan menelaah penjelasan lengkap di bawah!

Tentang pap smear




Pap smear merupakan prosedur medis yang ditujukan untuk mendeteksi perkembangan abnormal sel di leher rahim (serviks) yang bepotensi tumbuh menjadi jaringan kanker. Perlu diketahui bahwa prosedur ini disarankan bagi wanita yang pernah berhubungan seksual, apalagi jika masih berusia antara 15-49; sebab rentang usia tersebut merupakan masa paling subur pada wanita.


Berikut langkah-langkah pelaksanan pap smear:




- Anda akan dibaringkan di meja pemeriksaan. Kemudian, dokter akan mengarahkan Anda untuk menekukkan lutut dan mengistirahatkan kaki di atas
- Setelah posisi tubuh dianggap sesuai, dokter kemudian akan memasukkan spekulum ke dalam vagina. Spekulum digunakan untuk membuka jalur agar sampel jaringan leher rahim dapat diambil.
- Dokter akan mengambil sedikit jaringan leher rahim untuk kemudian di teliti demi memastikan apakah ada pertumbuhan sel yang abnormal atau tidak.


Kapan saya harus melakukan tes ini?




Pada dasarnya, pap smear dianjurkan untuk setiap wanita yang pernah dan/atau aktif berhubungan seksual. Lebih lanjut, bagi mereka yang masih berusia 21-30 tahun, pap smear dapat dilakukan setiap dua tahun sekali. Sedangkan bagi wanita berusia lebih dari 30 tahun, tes ini sebaiknya dilakukan setiap tiga tahun sekali.

Jika Sista memutuskan untuk melakukan tes pap smear, maka hindarilah hubungan seksual minimal 2-3 hari sebelum waktu pelaksanaan tes. Selain itu, wanita yang sedang dalam masa haid akan disarankan untuk mengubah waktu pemeriksaan. Alasannya tidak lain karena darah haid akan menghalangi proses pengambilan sampel dari leher rahim.


Terkait hasil tes




Perlu diketahui bahwa hasil pemeriksaan pap smear tidaklah akurat 100 persen. Penyebab kurangnya tingkat keakuratan bisa berasal dari banyak faktor, seperti kurangnya jumlah sel yang diujikan, adanya peradangan yang menutupi sel abnormal, hingga kecenderungan perkembangan sel kanker yang membutuhkan waktu bertahun-tahun.

Namun, jika hasilnya positif, maka jangan khawatir dulu; sebab keabnormalan sel tidak selamanya mengarah pada kanker. Karenanya, dokter biasanya akan menyarankan untuk mengulangi tes 4-6 bulan kemudian. Selain itu, dokter juga akan menyarankan tes tambahan, seperti biopsi dan/atau kolposkopi demi menegakkan diagnosa yang lebih menyeluruh.



Itu tadi penjelasan lengkap mengenai pap smear yang harus Sista ketahui. Jangan takut dengan prasangka bahwa pap smear akan menimbulkan rasa sakit, sebab hal tersebut tidak benar sama sekali. Memang benar prosedur ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman di area panggul, namun itu hanya bersifat sementara dan akan hilang setelah tes selesai dilakukan.

Semoga bermanfaat!

emoticon-Toastemoticon-Toast emoticon-Toast


sumur : Go Dok


Jangan lupa buat didownload aplikasinya juga, ya! Karena Agan bisa langsung berkonsultasi tentang kesehatan diri dan keluarga dengan dokter Go Dok, yang tidak hanya ramah, tapi juga informatif dan membantu!

:welcome :welcome
0
30.7K
132
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan