Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

anangf094Avatar border
TS
anangf094
Koperasi Semakin tertinggal
Koperasi di Indonesia sudah berumur cukup lama,begitu juga umur Negara Indonesia . Pada tahun ini koperasi telah berumur 70 tahun,tapi apa yang digadang-gadang oleh para pendiri bangsa masih jauh untuk dapat dirasakan. Sebuah sistem kelembagaan yang diharapkan dapat mampu menjadi soko guru perekonomian Indonesia masih jauh dari harapan. Bahkan untuk dapat hidup pun bisa dikatakan mati segan hiduppun tak mau.
Kalau kita lihat zaman sekarang ini koperasi belum mampu untuk dapat bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar baik bumn maupun badan usaha yang lain . Kebanyakan dari yang kita lihat koperasi berdiri cukup banyak,tapi hanya sebagai koperasi papan nama yang artinya tidak dapat hidup dan berkembang sebagaimana diharapkan awal pendiriannya.
Lalu ? apa yang menjadi masalah koperasi-koperasi tersebut hanya menjadi koperasi papan nama ? apakah karena uang ? anggota? Pengurus atau mungkin faktor lain. Sejauh yang saya lihat koperasi belum mampu membuat inovasi dan bersaing dengan para wirausaha muda baru yang mereka mampu berinovasi serta mampu menerima perkembangan zaman . Pada era sekarang perkembangan teknologi semakin maju,tapi koperasi kita masih berjalan dengan sistem yang lama yang tidak tersentuh dengan teknologi . mengapa tidak koperasi Indonesia menggunakan sistem online baik koperasi simpan pinjam maupun koperasi serba usaha yang menjualkan barang-barang kebutuhan anggota atau masyarakat . mengapa hanya menggunakan sosial media sebagai media promosi ?apakah itu efektiv ? mengapa tidak menggunakan jasa pengiriman secara online yang sekarang sudah menjamur disana sini.bisa dikatakan kalau usaha kecil menengah ataupun home industry mampu menerima perkembangan jaman dan perkembangan teknologi.Kenapa koperasi tidak ?
0
1.4K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan