metrotvnews.comAvatar border
TS
MOD
metrotvnews.com
Pelapor Kaesang: Wakapolri Melanggar Kode Etik


Metrotvnews.com, Jakarta: Muhammad Hidayat Situmorang menyatakan Wakapolri Komjen Syafruddin tak berwenang menghentikan kasus yang menyeret Kaesang Pangarep. Menurutnya, yang berhak menghentikan kasus putra bungsu Presiden Joko Widodo itu penyidik.


'Keputusan dari siapa? Wakapolri tak berwenang memutuskan perkara, dia bukan penyidik,' kata Hidayat saat dihubungi Metrotvnews.com, Kamis 6 Juli 2017.


Hidayat mengatakan, pernyataan Syafruddin yang menyebut laporannya mengada-ada telah melampui kewenangannya sebagai wakapolri. Bahkan, Syafruddin dianggap telah melanggar kode etik saat menyebut kasus itu tak memenuhi unsur pidana.


Dia mendesak Divisi Propam termasuk Kompolnas segera memeriksa Syafruddin. 'Dia layak diperiksa Dewan Kehormatan Perwira atau oleh Kompolnas,' kata Hidayat.


Baca: Wakapolri: Kasus Kaesang tak Bisa Diproses


Syafruddin mengatakan kasus yang melibatkan Kaesang Pangarep tak bisa dilanjutkan. Sebab, ia menilai kasus yang diduga mengandung unsur penodaan agama ini terlalu mengada-ada.


'Enggak ada kaitannya sama sekali. Enggak ada unsurnya itu. Tidak ada proses,' kata Syafruddin.


Hidayat melaporkan Kaesang dengan tuduhan ujaran kebencian dan penodaan agama. Warga kelahiran Tapanuli, Sumatera Utara, itu melaporkan Kaesang ke Polresta Bekasi.


Baca: Ahli Bahasa Menyatakan Ujaran Kaesang Wajar


Kaesang diduga menyebarkan ujaran kebencian saat mengunggah video blog (vlog) di akun pribadinya di YouTube. Vlog berjudul #BapakMintaProyek itu dia unggah pada 27 Mei 2017.


Salah satu ujaran yang dipersoalkan Hidayat dalam vlog itu adalah kata 'kafir' dan 'ndeso'. Kata itu keluar saat Kaesang membahas pemidanaan terhadap eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.



Sumber : http://news.metrotvnews.com/hukum/gN...ggar-kode-etik

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Polisi Panggil Pelapor Kaesang pada Jumat

- Muhammad Hidayat Siap Dipertemukan dengan Kaesang

- Pelapor Kaesang Pangarep Kagumi Rizieq Shihab

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
1.5K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan