Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

strongheal03Avatar border
TS
strongheal03
SUKU BUNIAN, PENGHUNI TAK KASAT MATA PULAU BORNEO.







Suku Bunian atau Orang Bunian adalah nama yang mungkin sangat asing bagi kita. Tapi, kalau kita pergi ke Kalimantan, tepatnya di daerah bagian Barat, maka Bunian sudah seperti sesuatu yang lazim dibicarakan. Bunian secara umum sering didefinisikan sebagai kelompok suku gaib yang mendiami daerah tersebut. Mereka ini dikenal sakti dan katanya sering membantu manusia.

Tak seperti makhluk halus kebanyakan, Bunian ini sering menciptakan cerita-cerita yang bagus. Entah mereka yang membantu manusia saat tersesat di hutan, memberi petuah-petuah, sampai melibatkan dirinya dalam perang-perang. Tapi, bagaimana pun juga Bunian adalah makhluk halus yang tak bisa diterka maunya. Kadang mereka ini juga kerap berbuat jahil dan suka menyesatkan.





Sampai sekarang ini orang-orang kebanyakan masih meragukan keberadaan Bunian. Memang tak pernah ada bukti validnya, tapi masyarakat sekitar sendiri begitu mempercayai eksistensi makhluk satu ini.

Bagi orang Kalimantan Barat, Bunian sudah tentu bukan barang asing. Seperti yang sudah disinggung di bagian atas tadi, mereka ini adalah makhluk gaib yang dipercaya tinggal dan menempati daerah itu. Soal tempat, Orang Bunian diduga mendiami bagian-bagian yang tak dihuni manusia. Entah hutan, tepi-tepian sungai di pedalaman, sampai gunung-gunung.

Mereka ini bukan makhluk gaib yang primitif, melainkan sudah punya struktur yang kompleks. Bagi yang bisa melihat hal-hal gaib, akan mampu menyaksikan kehidupan orang-orang Bunian yang kurang lebih seperti manusia pada umumnya. Mereka berjualan, menikah, bahkan katanya memiliki semacam kerajaan yang dipimpin oleh seorang raja.




Lain lagi tentang kisah tentang Orang Bunian di daerah Minangkabau. Cekidot gan~


Kebudayaan yang sangat beragam oleh bangsa Indonesia turut menyumbang begitu banyak kisah-kisah legenda. Seperti kisah legenda pada umumnya, kisah tersebut pun dipercaya tanpa pengecualian, artinya hampir seluaruh kalangan masyarakat percaya dengan legenda tersebut tanpa berani mencari kebenaran meski terkadang legenda itu sendiri berada sangat jauh dari nalar manusia. Seperti legenda orang bunian yang ada di kepulauan Sumatera Barat, tepatnya di Minangkabau. Kisah tentang orang bunian sudah begitu melegenda secara turun temurun, meski saat ini legenda tersebut tidak pernah terungkan secara fisik.

Misteri Orang Bunian

Orang bunian dipercaya merupakan makhluh gaib yang digambarkan memiliki kemiripan dengan sosok manusia. Disebut jika orang bunian memiliki tangan, kaki, kepala dan orang-organ tubuh seperti manusia, namun makhluk yang satu ini tidak hidup di dimensi manusia. Banyak yang percaya jika makhluk legendaris ini menempati tempat-tempat terpencil seperti tengah hutan, bukit-bukit tinggi, perkuburan atau bangunan-bangunan tua yang telah ditinggalkan begitu saja dalam waktu yang lama.





Legenda Orang Bunian di Minangkabau

Kisah legenda tentang orang bunian berasal dari kepercayaan adat istiadat masyarakat Minangkabau, Sumatera Selatan. Konon menurut legenda, orang bunian merupakan perwujudan sosok dewa, namun bagi masyarakat Minangkabau sosok dewa yang mereka maksud tidak seperti ajaran yang dianut dalam kepercayaan Hindu atau Budha. Mereka menyebut orang bunian sebagai makhluk halus yang mendiami hutan-hutan rimba, konon biasanya menurut legenda masyarakat setempat orang bunian akan menculik anak kecil di waktu-waktu tertentu. Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, rang bunian biasanya akan menggoda anak keci dengan menyebarkan aroma masakan yang sangat lezat atau yang lebih dikenal dengan istilah ‘samba dewa’.

Penggambaran Wujud Orang Bunian

Secara tak sadar, orang bunian telah menjadi legenda yang sangat terkenal bahkan sampai saat ini banyak peneliti dan para ilmuan dari mancanegara yang masih terus mencari penelitian untuk membuktikan keberadaan makhluk yang satu ini. Pasalnya, bagi mereka orang bunian sebenarnya tak lebih hanya merupakan makhluk langka yang hidup ditengah hutan belantara dan sangat menutup diri dari kehidupan manusia pada umumnya. Beberapa peneliti sempat menjelaskan jika legenda ini tidak hanya sekedar cerita, pasalnya saat melakukan penelitian mereka berhasil menemukan bukti-bukti tentang keberadaannya. Seperti jejak kaki hingga sebuah rekaman video yang konon merupakan rekaman bukti keberadaan kisah legendaris ini. Dari situ mereka pun mulai membentuk sebuah skema tentang perwujudan ssok makhluk yang satu ini. Menurut salah satu sumber, hasil penelitian menggambarkan jika orang bunian adalah sebuah makhluk hasil evolusi kera. Para peneiti mengatakan jika makhluk yang satu ini berjalan dengan kedua kakinya seperti manusia, bahkan mereka pun berjalan di atas tanah tapi dengan ukuran yang jauh lebih kecil dan lebih pendek dari manusia.


Orang Bunian dalam Pandangan Mistik



Berbicara tentang orang bunian maka sisi mistis seolah tidak bisa dipisahkan dari legenda ini. Banyak yang percaya jika makhluk ini merupakan makhuk halus sebangsa jin yang konon memiliki kekuatan supranatural yang sangat dahsyat, dan menurut legendanya makhluk ini tidak akan pernah dilihat dengan mata biasa. Konon orang bunian hanya akan menampakkan wujudnya kepada orang-orang yang ia inginkan. Menurut kepercayaan banyak kalangan orang bunian tidak hanya terdapat di daerah Minangkabau saja, konon dari kisah legendanya hampir setiap daerah khususnya daerah perbukitan di huni oleh orang bunian. Konon menurut legenda dari dunia mistik orang bunian pun punya kehidupan mereka masing-masing seperti kehidupan manusia yaitu beranak pinak dan juga memiliki sistem pemerintahan mereka tersendiri.

Benar tidaknya tentang legenda makhluk ini, salah seorang yang nampaknya “pakar” dunia gaib asal negeri jiran sempat membuat pengumuman yang sangat mengejutkan. Ia mengatakan bahwa tragedy hilangnya Malaysia Airlines disebabkan karena ulah orang bunian yang membawa semua penumpang termasuk pesawat masuk ke dimensi lain.



Kisah Mistis Pemadaman Api di Hutan Riau yang Dibantu Orang Bunian


Pekanbaru - Inilah di balik kisah pemadaman api di kawasan hutan belantara di Riau. Tim pemadam konon dibantu Orang Bunian atau makhluk halus untuk memadamkan api. Mau tau ceritanya?

Percaya atau tidak, tapi inilah yang dirasakan tim pemadam kebakaran di hutan rimba di wilayah perbatasan Riau dan Jambi. Lokasi kebakaran hutan rimba itu di desa Lubuk Besar Kecamatan Kemuning, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).

Lokasi desa itu saat zaman Belanda atau Jepang memang sangat maju. Namun di akhir kemerdekaan, justru desa itu kini menjadi desa tertinggal. Lokasi desa ini memang dikenal sangat mistis. Soal kabar Orang Bunian alias makhluk halus bukan cerita baru buat mereka. Malah isunya, warga setempat juga akan yang menikah dengan makhluk halus.

Kawasan hutan di desa itu tak luput dari kebakaran hutan. Kawasan yang terbakar memang kawasan hutan yang masih alami. Kisah Orang Bunian turut membantu pemadaman ini, berawal dari Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Inhil, terjun ke lokasi.




Sosok yang diduga sebagai orang bunian atau yang lebih dikenal sebagai suku mante, dilansir dari pontianak.tribunnews.com

Mereka membawa alat mesim semprot. Lokasi kebakaran ada dua titik. Titik pertaman ditangani tim BPBD dan titik kedua dipadamkan tim Polsek Kemuning.

Menurut Kepala Subdit Kedaruratan, BPBD Inhil, Sugito kepada detikcom, bahwa timnya untuk memadamkan lokasi itu hanya 11 orang. Itu terdiri dari 5 anggota BPBD dan 6 anggota Satpol PP. Pemadaman dipimpin Rahmad Hasan dari BPBD.

Rahmad Hasan, kata Sugito, memang dikenal memiliki kelebihan indra ke enam alias bisa melihat makhluk halus. Saat tim akan menuju ke lokasi titik api, Rahmad berpesan agar tim cukup kerja dan tidak banyak bicara.

"Malah malam itu ada anggota yang mau buang air besar, Rahmad mengawalnya. Alasannya, kalau tidak dikawal, bisa hilang di dalam kawasan hutan alam itu," kata Sugito.

Saat melakukan pemadaman api, cerita Sugito, tim yang hanya 11 orang itu, dengan mudah melokalisirnya. Api bisa dikendalikan untuk tidak merebet ke mana-mana.

Sedangkan tim kedua yang dimpimpin pihak Polsek Kemuning, merasa bahwa tim satu mendapat bantuan dari masyarakat saat melakukan pemadaman. Tim Polsek melihat dari kejauhan bahwa di tim BPBD terlihat ramai warga turut membantu melakukan pemadaman.






"Waktu itu tim polsek bilang ke tim kita, bahwa wajar saja cepat menguasai api karena masyarakat berbondong-bondong turut membantu," kata Sugito.

Mendapat keterangan seperti itu, lanjut Sugito, tim BPBD Inhil dan anggota Satpol PP menjadi bingung. Mereka tidak merasa ada bantuan dari pihak manapun.

"Tim kita benar-benar hanya 11 orang saja. Tapi tim lain menganggap malam itu melihat adanya warga berbondong-bondong turut membantu melakukan pemadmaan api di hutan" kata Sugito.

Dari peristiwa inilah, kata Sugito, akhirnya menyebar kabar bahwa di lokasi kebakaran tersebut dianggap ada makhluk halus yang turut membantu melakukan pemadaman.

"Percaya apa tidak, ya itu kita kembalikan ke masing-masing. Tapi memang lokasi kawasan hutan itu dikenal banyak penunggu makhluk halusnya," kata Sugito.

(cha/erd)




So gimana gan, tertarik untuk mencari keberadaan mereka?



Pembaca yang baik selalu meninggalkan






Jikalau berkenan boleh dilempar emoticon-Cendol Gan or emoticon-Rate 5 Star , saya sangat mengapresiasinya.



Sumur : solosoloku.com, segiempat, detik.com, and DarksideOfDimension dengan sedikit pengubahan.
Diubah oleh strongheal03 27-05-2017 15:39
0
27.4K
89
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan