Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fancewAvatar border
TS
fancew
Tanggal Muda, Jangan Sampai Salah Ngatur Duit Gan!
Ngaku, siapa yang baru gajian?

emoticon-Ultah

Buat agan sista yang baru gajian, rasanya tuh 1 bulan kerja berasa gitu ya hasil perasan keringatnya. Mulai dari rutinitas bangun subuh, dempet-dempetan di kereta, ngejar nunggu angkot yang nggak penuh, sampe diomelin bos di kantor selalu dijabanin tiap hari. Tapi pas gajian...

Kok duit rasanya ngalir aja tak bersisa?



Siapa yang ngerasain hal yang ane rasain juga? Ternyata, buat agan sista yang lahir di antara tahun 1980 sampai 2000 atau para millenials harus punya strategi buat ngatur keuangan supaya nggak kebablasan nih gan!

1. Nggak punya rencana keuangan



Jadi tiap bulan abis gajian, yaudah ngalir aja deh tuh duit. Beli ini beli itu. Ya ada sih nabungnya tapi bagiannya nggak jelas berapa persen, bahkan sampe nggak tau berapa pengeluaran tiap bulan. Akhirnya malah lebih besar pasak daripada tiang.

2. Nggak ngatur uang di rekening



Ane yakin, pasti banyak agan yang punya lebih dari 1 rekening bank. Tapi ya nggak diatur gitu, jadi yang mana ada duitnya itu yang dipake. Kalo udah punya beberapa rekening bank, dipisahin tuh rekening A buat kebutuhan harian, rekening B buat nabung dst. Jadi lebih teratur.

3. Masih muda, nggak mikirin pensiun



Ini juga nih ciri millenials. Emang sih ada BPJS Ketenagakerjaan, tapi jumlahnya cuma 40 persen gaji terakhir. Banyak juga yang nunda-nunda buat nabung pensiun karena nunggu punya rumah, punya mobil, punya ini itu baru nabung. Padahal semakin cepet mulai nabung dana pensiun, semakin enak juga buat ke depannya. Eh ane mau nekenin, dana pensiun juga termasuk dana liburan dan kesehatan jangka panjang ya gan.

4. Nggak nyiapin pendidikan anak sedini mungkin



Anak millenials biasanya nggak nyiapin biaya pendidikan anak sedini mungkin. Padahal nih gan, biaya pendidikan anak ini salah satu pengeluaran terbesar orang tua. Kalo bisa ditabung dari sekarang, kenapa nggak dicoba?

5. Nggak punya strategi keluar dari utang



Ini dia nih kesalahan paling fatal dalam mengatur keuangan. Sebenernya, ada banyak cara buat keluar dari utang. Mulai dari menghemat, ngurangin belanja yang nggak benar-benar dibutuhin, sampai ngejual aset yang ada. Kuncinya, jangan pernah ngutang kalo nggak mau kelilit hutang gan! Kalo pengen beli sesuatu tapi nggak ada uangnya, nabung dulu aja sampe uangnya cukup gan.



Selain itu gan, agan juga harus memahami pentingnya credit score di BI Checking. Jadi, buat ngajuin pinjaman misalnya rumah atau mobil, rekam jejak agan harus bersih dan nggak bermasalah, jadi lebih mudah gitu buat ngajuin pinjaman. Supaya punya track record yang bersih, jangan pernah lari dari utang bank, nggak bayar cicilan kartu kredit atau nunggak bayar cicilan KPR. Harus bayar tepat waktu, terutama tagihan kartu kredit gan.

Mumpung masih tanggal muda, yuk hemat-hemat biar nggak menderita di tanggal tua!
emoticon-Toast

Sumur

tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
10.5K
77
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan