deniswiseAvatar border
TS
deniswise
Anggap Bahasa Indonesia Murah; Ahok Hina Bangsa
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menytakan jika penerapan Bahasa Indonesia secara keseluruhan di media luar ruang kurang memperhatikan segi pragmatis. Bahkan, kata Ahok, Bahasa Indonesia cenderung lebih boros kata saat digunakan.

Ahok juga menyebut jika ketentuan penggunaan Bahasa Indonesia di ruang publik kurang realistis dan terkesan anti terhadap bangsa asing. Hal itu diungkapkan Ahok dalam acara lokakarya ‘Penggunaan Bahasa Indonesia di Ruang Publik’ yang diadakan di Balaikota DKI Jakarta (27/5/2016).

Bahkan Ahok menyatakan jika penggunaan Bahasa Indonesia tidak efektif dalam segi bisnis.

“Kadang-kadang Inggris empat kata orang sudah mengerti, tapi Indonesia bisa lebih. Kamu kalau bikin ruang tulisannya kaya mau membatik siapa yang baca? Maksimum cuma 6 kata. Kalau yang dipilih yang cepat lebih gampang, tentu orang pakai Bahasa Inggris lebih pendek,” kata Ahok seperti dilansir Viva.co.id.

Menurut Ahok, penggunaan Bahasa Inggris secara citra lebih memiliki nilai jual. Ahok pun mencontohkan kata apartemen dengan rumah susun untuk menggambarkan gedung atau bangunan bertingkat yang disewakan.

Menanggapi itu, aktivis Zulfery Yusal Koto dalam akun Twitternya @ferrykoto mengatakan jika apa yang disampaikan Ahok merupakan sebuah penghinaan terhadap jatidiri bangsa.

"Yg dismpaikan Ahok itu bukan kritik, tapi menghina Bahasa Bangsa ini, dgn mengatakan nilainya Bahasa ind lbh rendah," tulis @ferrykoto.

Selain itu, dia juga mentweet beberapa tulisan seperti "Semoga kamu sadar Hok @basuki_btp ,bahasa itu identitas Bangsa, bangga dgn bahasa bahkan dgn nama2 Gedung,justru akan membuat lebih bernilai."

"Apa yg disampaikan Ahok @basuki_btp ini, cukuplah sampai DKI saja. Bisa rusak Anak Bangsa dgn pemikiran Ahok."

sumber

masa sih gitu
0
5.9K
80
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan