Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

micin.batanganAvatar border
TS
micin.batangan
"Mal di Lahan Negara Tak Ada, Salah Peruntukkan Banyak"
JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Komisi C DPRD DKI Jakarta Santoso mengatakan tidak ada lahan negara yang dijadikan mal seperti dikatakan oleh calon gubernur DKI Jakarta nomor pemilihan tiga Anies Baswedan. Menurut Santoso, yang ada adalah penyalahgunaan peruntukan lahan.

"Nggak ada mal, nggak berani bos. Tapi kalau misalnya peruntukkan bukan mal tapi dijadikan mal, banyak itu," kata Santoso saat dihubungi Kompas.com, Jumat (3/3/2017).

Komisi C DPRD DKI membidangi pengelolaan keuangan daerah, pelayanan pajak, retribusi perbankan, dan aset milik daerah.

Santoso menambahkan, selain menyalahi peruntukkan, ada pihak swasta yang juga menyalahgunakan kewajiban. Sebuah pengembang di salah satu apartemen di Jakarta Selatan misalnya menggunakan taman yang harusnya untuk fasilitas umum menjadi fasilitas pribadi penghuni apartemen.

Taman itu merupakan kompensasi dari koefisien luas bangunan (KLB) yang seharusnya setelah dibangun kemudian diserahkan menjadi aset Pemprov DKI.

"Jadi itu kewajiban fasos fasum tetapi sekarang dijadikan bagian dari apartemen. Ada di Pondok Indah. Jadi (bangun) mal nggak ada, tetapi salah peruntukkan banyak," kata Santoso.

Anies sebelumnya mengatakan heran bahwa program rumah dengan DP rumah nol rupiah yang digagas dia dan pasangannya Sandiaga Uni banyak dikritik. Dia membandingkan penggunaan lahan di DKI Jakarta yang peruntukannya dianggap tidak memihak kepada rakyat kecil, tetapi tak menjadi pembicaraan khalayak.

"Tanah Pemprov saja bisa dipakai untuk mal, tanah negara dipakai mal, kenapa rakyat kecil mau pakai jadi ribut? Kenapa rakyat kecil mau pakai tanah negara jadi ramai? Mau dipakai buat mal, kita semua diam," kata Anies seusai silaturahim dengan warga di Jalan Cikoko, Pancoran, Jakarta Selatan, Sabtu lalu.

Penulis: David Oliver Purba
Editor: Egidius Patnistik

http://megapolitan.kompas.com/read/2...tukkan.banyak.

yang penting okeh ocehemoticon-thumbsup
Diubah oleh micin.batangan 03-03-2017 10:28
0
2.8K
48
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan