Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

padaharisenin2Avatar border
TS
padaharisenin2
Ternyata Racun Ini Yang Membunuh Saudara Kim Jong Un


KEPOLISIAN Malaysia mengumumkan bahan kimia yang digunakan untukmembunuh Kim Jong-nam, kakak tiri Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong-un. Berdasarkan penyelidikan awal, pria berusia 46 tahun itu tewas diracun dengan menggunakan gas saraf VX.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengklasifikasikan bahan kimia tersebut sebagai senjata pemusnah massal. Gas saraf VX pertama kali dikembangkan di Inggris Raya pada dekade 1950 sebagai senjata kimia mematikan.

Seperti dimuat CNN, Jumat (24/2/2017), bahan kimia tersebut umumnya berwarna kuning, tetapi tidak berbau dan tidak memiliki rasa. VX adalah bahan kimia paling keras dari seluruh gas saraf, jauh lebih keras daripada gas sarin yang diduga digunakan di Suriah.

Ethyl N-2-Diisopropylaminoethyl methylphosphonothiolate (VX) tidak lazim ditemukan di alam bebas. Pusat Pengawasan dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) yakin VX pernah digunakan sebagai senjata kimia dalam perang Iran-Irak pada dekade 1980.

VX dalam bentuk uap adalah bentuk paling mematikan dari gas pembunuh. Sebagai cairan, VX dapat dicampurkan ke persediaan air atau makanan seseorang. VX bekerja dengan mematikan enzim vital hingga menyebabkan korban mengalami kelelahan dan tidak lagi dapat bernafas.

Tidak hanya mematikan, VX juga sulit hilang dari lingkungan. Gas saraf VX menguap secara perlahan, terutama dalam kondisi cuaca dingin. Hal tersebut menjadikan VX sebagai ancaman jangka pendek sekaligus jangka panjang bagi umat manusia.

Gejala yang ditimbulkan VX tergantung pada dosis paparan racun, terkadang bisa segera bahkan bisa baru berefek 18 jam kemudian. Dalam dosis tinggi, VX dapat menyebabkan kejang-kejang, kehilangan kesadaran, kelumpuhan, dan kematian akibat kegagalan pernafasan. Mereka yang terpapar bahan kimia tersebut dalam dosis tinggi, sama sekali tidak memiliki kesempatan untuk bertahan hidup.

Dilaporkan The Guardian, Kim Jong-nam dilaporkan mengeluhkan rasa sakit di wajahnya tidak lama setelah terpapar gas saraf VX. Sebuah bocoran foto di pusat medis menunjukkan putra sulung Kim Jong-il itu bersandar di kursi dengan mata tertutup.
Spoiler for Apa itu Gas Saraf VX?:


Jika terserap dalam dosis besar, racun ini bisa mematikan setelah 15 menit.Video ini menampilkan betapa mematikan gas racun ini percobaan dengan kambing



Quote:
Diubah oleh padaharisenin2 24-02-2017 10:33
sebelahblog
anasabila
anasabila dan sebelahblog memberi reputasi
2
1.1K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan