Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

novtoonAvatar border
TS
novtoon
Enaknya jadi karyawan I*domar*t



Suatu hari saya membeli sebuah coklat dan minuman teh dingin di salah satu minimarket terkenal, karena di luar hujan dan saya tidak bawa payung maka saya berteduh cukup lama di minimarket tersebut. Untuk menghilangkan kepenatan saya mengobrol dengan salah satu karyawan disana yang kebetulan sedang mengumpulkan uang hasil penjualan di situ dalam satu hari ini,

Penghasilan disitu dibagi menjadi beberapa bagian, dan saya agak sedikit bingung dengan cara pembagiannya, tadinya saya berpikir mengapa ada tukang parkir juga ikut menghitung disana,

Ini merupakan kesimpulan saya dalam pengamatan dan pertanyaan yang saya ajukan kepadanya, memang terkesan agak kepo sih, tapi tidak apa - apa lah, mungkin mereka mengira saya bukan siapa - siapa. Ternyata ada beberapa penghasilan karyawan minimarket tersebut diluar gaji mereka, apa saja kah itu?

1. Uang kantong plastik

Ingatkah dengan keputusan perusahaan yang membebankan biaya plastik kepada konsumen untuk ikut partisipasi dalam mengurangi global warming? Ternyata perusahaan hanya melakukan selama beberapa bulan saja, perusahaan sudah mencabut keputusan itu dan biaya plastik ternyata sudah gratis!!

Bagi yang merasa takut dikenakan biaya untuk kantong plastik ketika ditanya "Mau pakai kantong plastik?" silahkan tanya karyawan itu apakah pemda setempat masih memberikan kebijakan membebankan biaya plastik kepada konsumen?

Jika karyawan itu langsung memberikan plastik kepada anda, berarti karyawan itu adalah "Karyawan Nakal" yang tidak mau terkena resiko, tetapi jika dia mengambil biaya pada plastik, maka cek lah dahulu pada struk anda apakah ada potongan Rp. 200,- untuk plastik? Jika tidak maka uang itu dia ambil. Jika iya maka pemda setempat memang menetapkan demikian. Setiap harinya minimarket yang subur bisa memperoleh Rp. 100.000,- Rp. 300.000, per harinya dari ini saja.

2. Uang parkir

Ada minimarket yang menetapkan parkir gratis dan ada yang tidak, Saya punya pengalaman memarkir kendaraan di depan salah satu minimarket, karena saya tidak ada uang kecil maka saya bilang kepada tukang parkir disana"Bisa besok - besok gak? Saya gak ada uang kecil nih." Ternyata apa yang terjadi?

Saya dipaksa membayar karena sudah memakan tempat, walau hanya 1 menit cuma beli satu liter pulpy orange. Alhasil saya menukar pada karyawan di dalam minimarket lalu membayar parkir, Nah ternyata uang parkir itu disetorkan juga kepada minimarket itu, biasanya dalam satu hari mereka bisa mendapatkan Rp.100.000 - Rp. 500.000,- per hari, tergantung kondisi dan frekuensi pengunjung.

3. Selisih Donasi

"Rp.200,- nya mau didonasikan pak?" Kira- kira begitulah mereka bertanya kepada pembeli. Donasi biasanya memang disetorkan beberapa kepada perusahaan, namun tidak sedikit juga mereka simpan. Bagi pembeli yang tidak mengeceknya, maka di struk tidak ada tulisan donasi dan itu tentunya jatuh ke tangan karyawan tersebut.

Jika mereka beruntung per harinya mereka bisa meraup sekitar Rp. 20.000 - Rp. 200.000,- sekali lagi tergantung dengan banyaknya pembeli yang memiliki selisih sedikit dalam pembelanjaannya.

Penutup :

Saya pikir tidak semua minimarket bertindak seperti ini walaupun dalam satu merek dagang, dan dalam prakteknya tidak selalu sama, ada minimarket yang mementingkan kualitas dan pelayanan namun ada juga yang tidak, semuanya tergantung kepada peran masing - masing individual yang berwenang disana.


Source dan baca lengkap disini
0
10.9K
114
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan