Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

riosayangAvatar border
TS
riosayang
Empat Parpol Baru Mengaku Siap Jalani Verifikasi Faktual
Empat Parpol Baru Mengaku Siap Jalani Verifikasi Faktual


JAKARTA (IGS BERITA) – Empat partai politik atau parpol baru, yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Islam Damai Aman (Idaman), Partai Berkarya, dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo), mengaku siap menjalani verifikasi faktual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hal itu disampaikan saat keempat parpol baru tersebut menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Undang-Undang (RUU) Pemilu di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (8/2). Mereka sama-sama mengaku sudah siap menjalani verifikasi faktual yang akan dilakukan oleh KPU sebagai syarat menjadi parpol peserta pemilu.

Ketua Umum PSI, Grace Natalie, mengatakan, partainya telah mempersiapkan persyaratan keikutsertaan dalam pemilu sejak dua tahun lalu. “Kami siapkan infrastruktur partai seperti perwakilan di 100 persen provinsi, 75 persen kabupaten/kota, dan juga 50 persen kecamatan. Semua sudah siap, tidak ada masalah,” katanya.



Grace menambahkan, sejauh ini PSI menggunakan beberapa rumah pengurus untuk dijadikan kantor perwakilan partai di daerah. Ada pula ruko yang merupakan tempat usaha pengurus yang digunakan untuk kantor partai.

“Ada pengurus yang pekerjaannya advokat. Dia kantornya di ruko di lantai atas. Lantai bawahnya dia gunakan untuk kantor partai, kami gotong royong,” kata Grace.

Dalam pendaftaran pengurus, Grace mengaku melakukannya dengan mekanisme perjanjian secara formal. Ada beberapa surat pernyataan yang harus ditandatangani calon pengurus sebelum bergabung ke PSI. Hal itu dilakukan untuk menghindari adanya kepengurusan ganda dengan partai lain.

Mekanisme hitam di atas putih semacam itu, menurut Grace, juga bertujuan untuk menghindari adanya pengurus fiktif yang hanya terdaftar lewat pengumpulan KTP. Padahal, mereka yang KTP-nya terkumpul itu sama sekali tak tahu ihwal PSI.

Saat ini, lanjut Grace, PSI tengah memfokuskan diri untuk menambah jumlah anggota untuk lebih memperkuat eksistensi selaku partai politik peserta pemilu.



Milik Pribadi Pengurus
Hal senada disampaikan oleh Wakil Ketua Umum Partai Idaman, Fuad Zakaria. Partainya telah mempersiapkan kantor yang digunakan Partai Idaman. Sebagian merupakan milik pribadi para pengurus dan ada pula yang berupa kontrakan.

“Untuk menjaring pengurus bagi kami tak ada masalah, karena kan ada Bang Haji (Rhoma Irama). Tinggal show aja, orang banyak yang tertarik,” kata Fuad.

Ia menambahkan, saat ini Partai Idaman tengah mempersiapkan 1000 kartu anggota untuk dibagikan kepada calon anggota.

Sementara itu, Partai Berkarya juga telah menyiapkan seluruh perwakilan partai di 100 persen tingkat provinsi, 75 persen di tingkat kabupaten dan kota, serta 50 persen di tingkat kecamatan.

“Sudah kami siapkan semua sejak awal, tinggal diverifikasi saja,” kata Neneng A. Tuty, Ketua Umum Partai Berkarya.

Sekretaris Jenderal Partai Perindo, Ahmad Rofiq, juga menyatakan kesiapan partainya menghadapi verifikasi faktual oleh KPU.

“Semua sudah kami siapkan, tinggal tunggu proses verifikasi berlangsung,” ujar Rofiq.

sumber : klik disini
0
2K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan