Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Kalau jadi Islam jangan jadi orang arab maksudnya ???
Pidato sukarno pernah menyatakan :

"Kalau jadi Hindu jangan jadi Orang India, Kalau jadi Islam jangan jadi Orang arab, Kalau jadi Kristen jangan jadi Orang Yahudi...Tetaplah Jadi Orang Nusantara Dengan Adat-Budaya Nusantara Yang Kaya Raya ini...." (Presiden I RI Bung Karno)

Ternyata ini diaplikasikan oleh para walisongo dan pejuang pejuang islam semasa dahulu.

Para walisongo



Lihat dari cara berpakaian mereka dengan sorban yg warna warni yang paling menonjol sunan kalijaga tetep menggunakan blangkon.

Tetep menjaga kebersamaan dan lebih teduh bila berucap merekalah para wali yang menyebarkan islam dan mengajarkannya tanpa di beri upah, baik amplop maupun jabatan. Dan tidak mendekati penguasa saat itu kecuali untuk berdakwah.

Hai kaumku, aku tidak meminta upah kepadamu bagi seruanku ini. Upahku tidak lain hanyalah dari Allah yang telah menciptakanku. Maka tidakkah kamu memikirkan?" (QS. Huud: 51)

Katakanlah, "Aku tidak meminta upah sedikitpun kepada kamu dalam menyampaikan risalah itu, melainkan orang-orang yang mau mengambil jalan kepada Tuhan nya.(QS. Al-Furqan: 57)

Katakanlah, "Aku tidak meminta upah sedikitpun padamu atas dakwahku. Dan aku bukan termasuk orang yang mengada-adakan. (QS. Shaad: 86)



Lihat pangeran diponegoro memakai baju sama seperti sunan kalijaga, walau beliau bersorban tapi tetep mencirikan adat budaya daerahnya.

Dan beliau dgan gagahnya melawan penguasa dzhalim saat itu kolonial Belanda.



Sorang sultan Hasanudin lebih kental dgan budayanya walau ia termasuk seorang muslim dan beliau ini dapat gelar ayam jantan dari timur.



Ingatkah serambi makkah seorang teuku umar bersorban dan berpakaian dgan pakaian budayanya tanpa harus bergaya arab beliau adalah muslim yang sejati hingga tetes darahnya yang terakhir berjuang demi nusantara.



Seorang muslim keturunan arab yg lahir di kalimantan beliaulah sultan hamid beliau tidak bergaya ala arab malah seperti gaya kolonial hehehe tapi beliau tetaplah seorang muslim.



Buya hamka ulama yang tegas, tidak bergaya ala habib tapi pemikirannya luas, beliau berpakaian melayu khas dgan peci ala melayu. Walau sebenernya beliau orang yg keras apalagi dalam berfatwa di MUI.

Mungkin masih bnyak contoh lainnya tapi alangkah indahnya islam dimana kita tidak menjadi bergaya arab, islam terlahir untuk semua manusia.
0
11.2K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan