frezaf09Avatar border
TS
frezaf09
Pelajar Purwakarta Wajib Daftarkan Akun Medsos ke Wali Kelas


Purwakarta - Perkembangan media sosial kini telah merambah hingga ke seluruh lapisan masyarakat, tak kecuali para pelajar. Seiring perkembangan waktu media sosial tidak hanya memberikan hal-hal positif, namun yang berbau negatif pun dapat dengan mudah didapat.

Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi mengatakan, untuk membendung kekuatan media sosial terutama di kalangan pelajar sudah seharusnya mengedepankan fungsi edukasi oleh para guru. Pasalnya kenakalan pelajar yang dulu bersifat riil kini beralih ke dunia maya.

"Peran guru harus mampu membendung dan mengedukasi pelajar agar sehat dalam bermedia sosial. Kalau dulu guru bimbingan konseling hanya menegur anak tawuran, sekarang berbeda karena tawurannya sudah di medsos," beber Dedi usai acara deklarasi Hidup Sehat Tanpa Hoax di Alun-Alun Pasanggrahan Padjajaran Purwakarta, Jumat (6/1/2016).

Sementara itu Sekdisdik Kabupaten Purwakarta, Purwanto mengatakan, mulai awal tahun 2016 lalu pihaknya telah meminta agar para pelajar berteman dengan wali kelas di akun-akun media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.

Nantinya, kata Purwanto, wali kelas dapat memantau seluruh postingan media sosial anak didiknya. Sehingga jika terjadi penyimpangan atau penyalahgunaan media sosial oleh pelajar maka akan segera terpantau dan dapat diberi pengarahan.

"Sekarang ini semua guru kan sudah punya media sosial, minmal itu Facebook. Jadi dengan pencegahan seperti itu kita bisa membuat media sosial yang positif dan sehat," ucap Purwanto.

Selain itu, pihaknya juga telah memberdayakan para Guru IT untuk tidak hanya memberikan pelajaran pada para pelajar namun juga turut memberikan bimbingan dan advokasi pada guru lain agar tidak ada lagi yang gaptek. "Semua guru di Purwakarta harus melek teknologi," tutup Purwanto.

Sumber : Detik.com
0
1.6K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan