Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Lea_chatAvatar border
TS
Lea_chat
MIRIS, 56 Guru Bantu di Musi Rawas selam 6 bulan tidak digaji
Gan, jujur aja ane bingung nih mau ngelapor kemana lagi. Kepejabat yang lebih tinggi diatas, ya percuma. Mau kepolisi atau kejaksaan pun apalagi. Udah pernah nyoba buat minta tolong kepada koran lokal untuk memuat kasus penyelewangan Gaji CPNS di Kab. Musi Rawas ini tapi hasilnya ya sama saja. Soalnya untuk memuat berita di kroan lokal tersebut, ane harus bayar terlebih dahulu.
jadi begini ceritanya gan :

Sejak tahun 2003, orang tua ane (Nyokap) diangkat sebagai guru bantu di salah satu Sekolah Dasar yang ada di Kabupaten Musi Rawas (Sumatera Selatan). Walaupun gaji yang tidaklah seberapa, namun orang tua ane tetaplah ikhlas mengajar karena hati nuraninya yang terpanggil untuk turut mencerdaskan lingkungan sekitarnya.

Alhamdulillah pada bulan Desember 2012 kemaren, atas pengabdian tiada henti mereka selama 10 tahun lebih tersebut, orang tua ane beserta 55 orang temennya sesama guru bantu pun diangkat menjadi Guru CPNS di lingkungan pemerintah kabupaten Musi Rawas.


Dari sinilah permasalahan di mulai gan.
Entah mengapa, dari pengumuman (Desember 2012) hingga bulan Mei 2013. nasib orang tua ane tidak jelas. Karena SK pengesahan CPNS mereka belum keluar. Kemudian setelah perjuangan yang cukup keras, dengan melakuakn demo dan mendatangi Kemendiknas di Jakarta akhirnya pada bulan Mei akhir pun SK tsb disahkan oleh Bupati sehingga status mereka saat ini adalah sebagai guru CPNS.

Kemudian pada awal juni ini, orang tua ane menerima gaji pertamanya. Tapi alangkah kagetnya mereka saat mengetahui jumlah saldo yang diterima di rekening. Rupanya gaji mereka hanya dibayar 1 bulan saja yaitu bulan Juni 2013. dan selama 6 bulan sebelumnya, gaji mereka tidak dibayar sama sekali.

Ketika ditanyakan kepada Instansi terkait (Dinas Pendidikan kabupaten Musi Rawas), salah seorang pegawainya malah nyeletuk begini :


"Yaudah. Ikhlasin aja bu. Toh kalian harusnya bersyukur, kalian tidak harus bayar 200juta untuk menjadi PNS. Apalagi jumlah gaji kalian tidaklah seberapa. Anggap saja itu sogokan untuk menjadi PNS-nya".

Astaghfirullah.
Kejam sekali mereka gan. Gaji guru bantu tsb di makan oleh pejabat sana, sebagai alasan ganti rugi karena mereka tidak mendapat jatah.
kalau dihitung-hitung dengan uang sogokan untuk menjadi PNS sih memang gak seberapa. Soalnya untuk menjadi PNS di lingkungan kabupaten Musi Rawas, setiap orang harus menyogok 200 juta lebih. Sedangkan gaji mereka, jika dihitung sebagai CPNS hanya kurang lebih 12 juta (6bulan) dikali jumlah orang 56. Jadi sekitar 600juta.

Itu artinya uang tsb bisa mereka dapatkan hanya dengan memasukkan 3-4orang saja untuk menjadi PNS. sedangkan ini 56 orang.
Sebenarnya orang tua ane sih tidak terlalu mempermasalahkan hal tsb. Soalnya tanpa digaji pun bokap ane masih mampu untuk membiayai keluarganya dengan cara yang halal. Tetapi kasian temen-temen nyokap ane gan. Banyak diantara mereka yang berprofesi hanya sebagai guru bantu tanpa ada usaha lain dan menjadi kepala keluarga yang harus menafkahi keluarganya.




Ane tidak berharap agan-agan sekalian berkomentar atau memberikan cendol di Threat ini. Ane cuma berharap agar agan-agan sekalian dapat menyebarluaskan berita ini sehingga kasus ini bisa terdengar oleh KPK biar bisa diusut. sehingga pejabat zalim tsb bisa ditangkap.


Quote:
Diubah oleh Lea_chat 12-06-2013 17:04
0
1.4K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan