Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pendaki langitAvatar border
TS
pendaki langit
Panduan Pemula: Cara Bermain Saham
Tulisan ini pernah dimuat di diskartes.com

Silakan di SHARE dan RATE jika Anda merasa tulisan ini bermanfaat..

Spoiler for Panduan Saham:


Ada diantara kalian yang masih belum pernah bisnis saham, tapi kemudian mendadak jadi sangat berminat? Well, tulisan kali ini akan sangat cocok karena ngobrolin cara bermain saham online untuk pemula. Buat yang merasa sudah expert, enggak baca bukan masalah kalo perlu malah kasih saran melalui komen dibawah. Karena meski sederhana, ternyata banyak teman-teman yang masih sering bertanya ke saya seperti cara mulai main saham gimana, kemudian apakah bisa main saham online melalui handphone, dan sebagainya.

Apa yang harus saya lakukan jika ingin mulai main saham?

1. Dana Minimal

Tentu saja Anda harus memiliki modal yang cukup sebelum nyemplung di bisnis ini. Usahakan dana yang digunakan adalah dana dingin, artinya uang menganggur yang memang diniatkan untuk investasi saham. Nah langkapnya please baca tentang dana minimal untuk jual beli saham online! Itu akan sangat membantu untuk mengetahui kebutuhan uang yang diperlukan.

2. Buka Rekening Efek

Sudah punya modal, tinggal cari tempat transaksinya deh. Tapi pertama buka rekening dulu ya, Anda bisa datangi bank-bank terdekat buat nanya atau tinggal cari di google. Search dengan kata kunci “perusahaan sekuritas”. Biasanya jika Anda sudah berhasil menelepon tu perusahaan, mereka akan menawarkan diri untuk menjemput data-data yang diperlukan. Biar gampang, minta aja mereka datang ke kantor atau rumah Anda. Kemudian dalam tempo yang sesingkat-singkatnya, Anda akan diberikan rekening yang dapat diisi sesuai keinginan sebagai alat transaksi jual beli saham.

Kalau rekening efek ini uda beres, berarti uda siap nih bertransaksi online. Anda akan diberikan akses untuk jual beli saham online, baik di PC maupun di smartphone. Jaman yang semakin canggih membuat kita dimanjakan untuk dapat mengakses transaksi saham online dimana saja.

Jangan lupa juga ya untuk minta diurus kartu KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia), itu sebagai bukti Anda adalah salah satu investor yang dilindungi di Indonesia. Aseek, sudah punya rekening efek. Sekarang tinggal..

Mau Beli Saham Apa?

Uda punya duit, rekeningnya sudah siap, dan aplikasinya ada di handphone. Tinggal klik saham yang mau dibeli. Ups, tapi bingung euy mau pilih saham yang mana. Kayaknya yang bagus yang hari ini warnanya ijo, yang merah jelek, apa iya demikian?

Hati-hati sob, cara main saham enggak kayak gitu, yang hijau sekarang bisa aja 10 menit lagi langsung jadi merah. Makanya selain modal duit, Anda juga harus siapin modal pengetahuan. Ada dua teknik yang bisa Anda gunakan, yaitu jurus fundamental dan teknikal.

Analisis Fundamental

Belajar fundamental artinya belajar inti perusahaan, Anda bisa mulai dengan memahami proses bisnis atau SOP perusahaan incaran. Kalo mau lebih oke sih Anda bisa pelajarin:

1. Analisis fundamental – model kuantitatif;atau
2. Analisis fundamental – model kualitatif.

Analisis Teknikal

Kalo teknik ini lebih menyasar sisi psikologis trader, jadi naik turunnya harga saham kelihatan dari hari ke hari bahkan dari hitungan jam. Well, lebih lengkapnya silakan pelajarin jurus analisis teknikal saham yang sudah ditulis beberapa waktu yang lampau.

Setelah paham, tinggal klik “beli” dari aplikasi Anda. Ingatlah bahwa ketika Anda melakukan penjualan saham, maka akan dikenai pajak atas saham. Jadi beberapa investor fundamental kawakan biasanya menyimpan saham dalam waktu lama untuk menghindari fee penjualan yang tinggi dan pajak atas penjualan saham.

Evaluasi Portfolio

Saya selalu melakukan pengecekan setiap minggunya atas saham-saham yang dikoleksi. Tentunya ini dilakukan untuk menghindari ada aksi liar perusahaan yang tidak kita ketahui. Emang mau tiba-tiba ada berita bahwa pemimpin perusahaan yang sahamnya Anda koleksi ternyata sedang menjadi buronan polisi karena kabur, dan kita tidak tahu sama sekali?

Tapi jangan juga setiap detik kita cek di aplikasi, kecuali Anda adalah seorang swing trader atau forex trader. Untuk investor jangka pendek, masih boleh lah dicek sehari sekali atau dua kali. Investor jangka menengah dan jangka panjang silakan ngecek setiap minggu.

Apa saja yang perlu diperhatikan saat mengevaluasi portfolio?

1. Harga, tentu saja Anda akan melihat pergeseran harganya. Apakah masih dalam batas yang Anda tetapkan?
2. Kinerjanya yang biasanya bisa dilihat di surat kabar
3. Apakah terjadi perubahan manajemen? Perlu dicek alasan perubahan manajemen.
4. Isu lain yang berhubungan dengan perusahaan.

Selain fokus ke saham perusahaan, ada baiknya Anda peka dengan kondisi makro ekonomi sekeliling mulai dari harga minyak, harga emas, dan lain sebagainya. Itu penting karena ketika terjadi sedikit gejolak kondisi makro, maka akan berpotensi mempengaruhi pergerakan harga saham. Contoh nyatanya ketika tahun 2013 ketika isu The Fed menurunkan suku bunga begitu santer. Tahu dampaknya? IHSG nge drop lebih dari 20%!

Spoiler for grafik saham:


Uda dapet gambaran kan? Nampaknya cukup segitu ya tutorial cara bermain saham, khusus untuk Anda yang belum memiliki latar belakang pasar modal namun berhasrat kuat meraup rejeki dari sini.

Wassalamualaykum teman-teman!
Diubah oleh pendaki langit 25-08-2016 14:36
anasabila
4iinch
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
8.7K
69
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan