aghilfathAvatar border
TS
aghilfath
Ahli toksikologi tantang kubu Jessica buktikan penyebab Mirna tewas
Spoiler for Ahli toksikologi tantang kubu Jessica buktikan penyebab Mirna tewas:

Merdeka.com - Ahli toksikologi forensik Mabes Polri, Kombes Nursamran Subandi tampak ikut menghadiri sidang ke-20 perkara dugaan pembunuhan terhadap Wayan Mirna Salihin dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso. Selain menghadiri sidang, Samran juga turut mengomentari pernyataan saksi ahli toksikologi kimia Dr. rer. net yang dihadirkan oleh kubu terdakwa Jessica.

Pada persidangan tersebut, Samran menilai saksi ahli Jessica kerap menyatakan Mirna meninggal bukan karena racun sianida. Untuk itu dia menantang kubu Jessica membuktikan Mirna meninggal bukan karena sianida.

"Apakah ada dia (ahli-ahli dari pihak Jessica) punya bukti yang komprehensif dari awal sampai akhir yang menuju satu titik yang mengatakan yang bersangkutan (Mirna) mati bukan karena sianida, saya tantang dia," kata Nursamran di sela-sela persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (14/9).

Tak hanya itu Samran juga menilai kubu terdakwa Jessica menghadirkan saksi ahli dengan keterangan secara individual. Padahal, kata dia, ahli forensik seharusnya melakukan pengujian secara komprehensif.

"Forensik itu harus satu, apakah ada benang merahnya. Dia (ahli dari pihak Jessica) harus membuktikan terbalik kalau bukan karena sianida, dia dengan apa, buktikan dari awal," terang Samran.

Samran menjelaskan dalam menentukan kematian seseorang yang meninggal tak wajar, ahli forensik tidak hanya melihat hasil pemeriksaan laboratorium. Tetapi juga fakta-fakta atau rangkaian kejadian yang terekam CCTV, warna larutan kopi yang berubah jadi kuning, kandungan sianida yang besar dalam kopi, dan lainnya.

"Kenapa semua itu berentetan seperti itu dalam satu arah. Kalau tidak karena itu (sianida), buktikan secara terarah seperti itu juga," kata Samran.

Dalam menentukan penyebab kematian seseorang, dia mengaku selalu bersikap obyektif tanpa melihat siapa tersangkanya. Hal tersebut berbanding terbalik dengan saksi ahli dari kubu Jessica.

"Kita harus netral. Mereka (ahli dari pihak Jessica) berbeda, mereka kan penasehat hukum mengentengkan terdakwa. Kalau kami tidak, kami melihat fakta yang benar," tutupnya.

Spoiler for Ahli toksikologi nilai saksi ahli kubu Jessica tak konsisten:


Sumber Sianida

Menurut Gel gel

Masih tentang kopi Sianida, drama tak berujung emoticon-Traveller
Diubah oleh aghilfath 14-09-2016 23:44
0
9.2K
119
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan