Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rhesstyAvatar border
TS
rhessty
Kenali Penyebab Impetigo Pada Anak!


Akrabkah Anda dengan penyakit bernama impetigo?

Impetigo adalah suatu penyakit kulit yang sangat menular dan disebabkan oleh bakteri. Cara penularan penyakit ini dapat terjadi secara langsung melalui sentuhan kulit dengan kulit atau melalui barang-barang perantara lainnya. Biasanya, kondisi ini lebih banyak dialami oleh anak-anak dibandingkan dengan orang dewasa karena biasanya tempat penularan alergi ini melalui taman bermain atau daycare.

Berdasarkan gejalanya, impetigo dibagi menjadi dua jenis, yakni jenis bulosa dan nonbulosa. Impetigo bulosa ditandai dengan kulit yang melepuh dan berisi cairan, sedangkan pada impetigo nonbulosa, akan muncul bercak-bercak merah, seperti luka yang meninggalkan kerak berwarna kuning kecokelatan. Menurut penelitian, impetigo nonbulosa jauh lebih berpotensi menular dibandingkan dengan impetigo bulosa.

Berbeda dengan impetigo nonbulosa yang menginfeksi daerah sekitar mulut dan hidung, impetigo bulosa biasa muncul di bagian tengah tubuh antara pinggang dan leher atau lengan dan tungkai. Namun, infeksi ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya melalui perantara jari, handuk, atau baju yang telah terpapar bakteri.

Penyebab Impetigo
Penyebab utama penyakit impetigo adalah bakteri Staphylococcus aureus atau Streptococcus pyogenes. Penularan bakteri ini dapat terjadi melalui kontak fisik langsung dengan penderita atau melalui perantara, seperti baju, handuk, serbet, dan sebagainya yang sebelumnya dipakai penderita.
Bakteri akan lebih mudah menginfeksi seseorang jika orang tersebut memiliki luka sebelumnya, misalnya luka akibat gigitan serangga, terjatuh, atau teriris benda tajam. Bisa juga karena luka yang ditimbulkan oleh infeksi kulit lain, seperti eksim, kudis, atau infeksi kutu.

Faktor risiko lain yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang terpapar bakteri impetigo, diantaranya:

Quote:


Jika anak telah terpapar penyakit ini, Anda harus membawanya ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Biasanya, dokter akan memberikan cream antibakteri yang bisa membunuh bakteri penyebab impetigo yang juga disertai dengan penggunaan antibiotik. Agar anak terhindar dari salah satu penyakit kulit menular ini, ada baiknya Anda memperhatikan tempat bermain dan lingkungan sekitar. Sebab, alergi Impetigo akan sangat mengganggu kenyamanan buah hati Anda dan berpotensi menularkannya pada anggota keluarga lainnya.
0
5.7K
51
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan