Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

1570zqAvatar border
TS
1570zq
My Unknown Religious Views
Selamat datang dithread ane wahai para rakyat kaskus emoticon-Toast

Oke gan pertama, ane minta maaf kalo thread ane berantakan maklum pake hapeemoticon-No Hope
Kedua, disini ane cuma sekedar cerita tentang pandangan ane dan syukur2 ada yang sependapat sama ane dan mau kasih saranemoticon-Malu
Keempat, up to agan mau respon negatif or positif, karena disini rasa ane punya wadah buat curhat yang ga ane dapetin di RL
Terakhir, ane gamau debat kusir ttg pandangan agama ente dan ane masih menghormati agama ente2. So, NO SARA!!

Mulai
Ane terlahir sebagai seorang katolik. Ibu ane dari buyut2 ane adalah seorang katolik (Ibu ane keturunan Jawa). Sedangkan bapak ane lahir sebagai Konghucu, tetapi ane liat2 riwayat pendidikan beliau tercantum agama yg berbeda bedaemoticon-No Hope . Ane liat ijasah sd bapak ane dikolom Agama tertulis Kristen Protestan. Smp sebagai Buddha dan SMA sebagai Katolik.

skipskipskippp pada akhirnya mereka menikah dan bapak gw pindah ke katolik. Dan ane sebagai keturunannya juga pasti katolik. Nah masalah mulai timbul ketika ane masuk SMA, ane udah jarang ke gereja (padahal ibu ane aktif bgt organisasi sosial gereja). Dari situ ane mulai mempertanyakan eksistensi Tuhan itu. Ane berteman dari banyak golongan agama. Ane sempet selama beberapa bulan ikut kebaktian di gereja kristen GB* sama GK*B. Bukannya malah makin dekat dengan keilahian tapi ane malah makin mempertanyakan eksistensi sanh Ilahi tsb.

Makin penasaran ane coba baca kitab2 dari beberap agama. Bibel katolik + deutorokanonik, Bibel biasa, Bibel Mormon LDS(Temen ane ada yg kristen sekte Mormon LDS), dan Al-Quran. Ane juga suka nonton ceramah dari berbagai agama, Ceramah kyai, Khotbah Kristen, Khotbah konghucu/buddhist. Bukannya ane memilih untuk mengikuti salah satu aliran tsb tapi ane malah dibuat bingung.
Sampai sempat setiap malam ane berdoa dengan cara ane sendiri (duduk,pejamkan mata,rileks,dan berdoa memohon kepada TUHAN) supaya kalau Engkau memanglah ada, tunjukan jalan mana yang terbaik untukku. Ane sempat sedih gan sudah brp lama doa ane belum terjawab/ane blm dapat pencerahan. Disini ane masih bingung banget dengan prinsip hidup beragama ane. Setelah searching dan riset ala ala'an, ane mulai meyakini bahwa Tuhan itu ada dan menciptakan semua ini, tapi ane ga percaya/ragu dengan konsep agama itu sendiri. Inilah pertama kali ane menemukan kata Deisme.
#nb bagi agan yg gatau deisme itu apa, Ane coba jelasin pake definisi ane sendiri yaw.
Agnostik menurut ane adalah keyakinan adanya Tuhan, tapi tidak berpegang pada keyakinan sebuah agama. emoticon-cystg

Nah kondisi ane sekarang udah lulus dari SMA dan sudah bekerja. Jujur ane bingung, jalan agama mana yang harus ane lakukan. Setelah beberapa tahun ane menjadi agnostik, ane mulai percaya bahwa agama itu adalah cara untuk mendapatkan hakikat hidup yg baik. Agama mengajarkan tentang keselarasan, kedamaian dan kesucian. Bahkan ane percaya, kalau masyarakat tidak tumbuh dengn norma dan prinsip agama. Masyarakat tsb bisa menjadi bangsa barbar karena tidak ada pedoman tentang keselarasan, kebaikan, kedamaian dan kesucian tsb. Sbg contoh misalnya sebuah bangsa yg tidak mengenal agama bangsa tsb tidak akan pernah tau apakah membunuh itu baik/buruk, mencuri itu baik/buruk, dst.

Nah disini ane mulai mengimani Tuhan dengan konsep ane sendiri. Dimana Tuhan itu ada dan nyata, Tuhan mengatur yang baik dan buruk, Tuhan maha-adil, dst dan yang terpenting adalah; Saya butuh engkau Tuhan!
Walaupun ane ga mengimani agama, ane sangat percaya Tuhan itu ada. Bukannya ane mau menciptakan agama baru, tapi ane percaya bahwa agama hanyalah jembatan menuju Tuhan. Dan kenapa ane mesti lewat jembatan tsb kalau ane bisa menuju Tuhan secara langsung?
#nb Tuhan yang ane maksud bukan menunjuk pada satu nama seperti Yesus, Buddha,dll

Nah melihat kondisi RL dengan prinsip ane yang Agnostik + sebagai katolik ktp. Ane malu untuk menyampaikan ke orang awam yg mindsetnya tertutup dengan doktrin agamanya sendiri ketika mereka bertanya ttg agama ane, dll. Ane bahkan pernah dianggap sesat dan nuduh ane ateis. Padahal ANE BUKAN ATEIS! Ane masih percaya bahwa Tuhan itu ada dan selalu mendampingi ane.

Yang ane lakukan sekarang adalah ane suka baca2 ttg renungan dari berbagai agama (ceramah, dll). Ane bukan mencari perbedaan yang menyudutkan beberapa agama tapi ane mencari persamaan yang baik yang bisa ane terapkan dalam kehidupan ane. Singkatnya, ane ambil nilai dan ajaran positif dari masing2 agama dan sebisanya ane terapkan dikehidupan ane walaupun ane ga 100% bisa melakukannya karena ane bukan makhluk suci, masih sama seperti ente ente yang berdosa. emoticon-Jempol

Kalau agan mau menyanggah, kasih saran or masukan, ngata2in ane kafir, sesat dll terserah. Toh menurut ane yang pantas dan punya hak untuk ngasih label ke ane baik/buruk bukan manusia tapi Tuhan emoticon-Malu (S)

Thanks to kaskus yang jadi media ane curhat emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-Cendol (S)
Diubah oleh 1570zq 19-06-2016 14:13
0
2.6K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan