Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kakangghost5758Avatar border
TS
kakangghost5758
Ane sarjana yang bekerja dengan ijazah SMA
Sebelumnya ane sebagai nubi mohon maaf kalau tulisan ane kurang rapi dan terlalu panjang. Karena ini sebenernya uneg-uneg ane semenjak sebelum kuliah yg gak berani ane ceritain ke siapa-siapa gan sis..

Ane adalah seorang lulusan sarjana dari universitas yg bisa dibilang cukup terkenal di jawa timur. Di sana ane ambil jurusan kimia mipa. Dulu sih sebenernya ambil jurusan ini sedikit terpaksa. Karena passion ane bukan di ilmu pasti. Hasilnya bisa ditebak kuliah ane berantakan. Semester 2-4 ipk ane dibawah 2. Bukannya ane ogah-ogahan dan gak berusaha sama sekali karena ane sadar biaya dan pengorbanan orang tua yg dihabiskan untuk kuliah ane cukup besar, tapi mungkin karena memang passion ane bukan di sini ditambah ane ini tipe orang yg gak senang diam di rumah ane yg sepi gan. Jadi cukup sulit menurut ane untuk fokus buat kuliah dengan bener. Barulah sekitar semester 6 ane bener bener berusaha perbaikin ipk ane yg 2 pas agar minimal bisa nyentuh 2,75 lah gan karena menurut ane adalah ipk yg "sedikit" aman buat ngelamar kerjaan. Dan hari yg ditunggu pun tiba. Ane berhasil lulus gan dengan ipk pas 2,75 dengan waktu 4,5 tahun. Mungkin agan agan ada yg berkomentar kenapa gak dilanjut aja kuliahnya biar ipk mencapai 3. Menurut ane sisa mata kuliah dengan nilai rusak yg ada, itu adalah mata kuliah yg bener bener ane udah gk bisa perbaiki gan. Mata kuliah yg kalau ane ulangi gak mungkin ane bisa perbaiki.
Oke setelah ane lulus, ane sangat amat berharap bahwa ane bisa dapat kerja di pulau jawa. Dan berhasil, ane dapat kerja di perusahaan swasta yg sesuai dengan bidang kuliah ane hanya 2 minggu setelah lulus, tapi dengan gaji sedikit diatas umr gan. Setelah beberapa bulan bekerja di sini, ane ngerasa gk nyaman gan. Selain gaji yg menurut ane gak sebanding dengan resiko, waktu yg ane habiskan (di sini kerja shift gan dan seringnya overtime tanpa digaji), ditambah lagi dengan keinginan untuk segera meminang do'i sebelum keduluan orang (pacar ane ini juga lulusan sarjana satu jurusan dan satu angkatan sama ane), yg membuat ane berpikir untuk pindah kerja untuk mencari kerja dengan gaji lebih tinggi gan.
Kemudian hari itu pun tiba. Ada lowongan kerja di perusahaan yg cukup besar di kalimantan. Yg dibutuhkan adalah lulusan sma/smk dan lulusan S1 dengan beberapa jurusan yg berbeda. Sayangnya jurusan ane gak ada dan kalaupun ada, ipk ane gk tembus persyaratannya gan. Kemudian ane ngelirik dikit tuh gan kemungkinan ane untuk melamar kerja dengan ijazah sma (ane dulu pernah ikut program akselarasi gan jaman jaman sd smp jadi waktu ane lulus kuliah umur ane masih imut imut :-D). Berkonsultasilah ane dengan do'i dan yg terpenting ortu ane yg udah ngebiayain ane kuliah. Setelah ane selidiki ternyata bayaran di perusahaan tersebut cukup besar gan, bahkan untuk lulusan sma saja gaji di sana sekitar 2x gaji ane di kerjaan ane di jawa yg menggunakan ijazah S1 gan. Belum ditambah bonus dan lain lain yg kalau ditotal pertahun dapet bayaran sekitar 24x gaji bulanan ane di kalimantan gan. Jadi dari segi pendapatan sangat jauh lebih besar daripada gaji ane di jawa ini gan. Untuk bocoran gan di jawa setahun ane dapet 40 juta pertahun( pendapatan kotor ya gan) sedang di kaltim bisa 125 jutaan gan walau ane pakai ijazah sma. Dari situlah ane dapat dukungan dari ortu dan do'i. Walaupun ane jelaskan bahwa nantinya apabila diterima di sana, ijazah sarjana ane bener bener cuma jadi penghias rumah dan nama ane gan.
Singkat cerita ane bertaruh gan. Ane nekat keluar dari kerjaan ane di jawa, ngelamar kerja di perusahaan kalimantan tersebut, dan tidak lupa ngelamar do'i( untungnya uang hasil kerja ane yg beberapa bulan di jawa cukup untuk membeli sepasang cincin emas untuk ngelamar walaupun tidak mewah yg penting cukup untuk ngelamar gan :-D). Hal ini ane lakukan karena ane bener bener sayang sama do'i gan dan ane yakin seyakin yakinnya kalau ane keterima kerja nanti pasti bakal gak ketemu do'i lama. Jadi untuk membuktikan bahwa ane serius sama do'i ya ane lamar. Alhamdulillah do'i dan keluarga menerima lamaran ane gan. Dan mereka mensupport rencana ane yg kerja di kalimantan. Darisitulah ane yakin dengan restu ortu dan dukungan calon mertua dan calon istri ane, jalan ane dimudahkan. Ane akhirnya berangkat gan ke kalimantan untuk mengikuti serangkaian tes penerimaan kerja di perusahaan ane. Di sinilah bibit bibit keraguan ane muncul kembali. Ketika wawancara, ane ditanyain gan," apakah kamu siap mas bekerja di perusahaan ini dengan ijazah sma, anda kan sarjana. Apa tidak malu atau sayang dengan ijazah anda ke depannya?" . Ane spontan jawab gan bahwa untuk apa malu untuk bekerja untuk mencari nafkah secara halal dan walaupun ijazah S1 ane tidak digunakan, menurut saya ini pilihan yang terbaik untuk saat itu gan. Walaupun di dalam hati ane mulai saat itu ada keraguan untuk meneruskan dan timbul rasa bersalah ke kedua ortu ane karena ijazah ane gk terpakai. Untuk sementara perasaan itu ane abaikan gan dan terus mengikuti rangkaian tes tersebut gan. Dan alhamdulillah setelah mengikuti serangkaian tes yg amat panjang, ane lolos gan. Ortu ane, keluarga ane, do'i dan keluarga senang gan. Pada awalnya ane cukup senang gan diterima kerja di sini. Kemudian timbul kembali pertanyaan yg membuat ane bimbang tadi. Kali ini teman teman kerjalah yg bertanya gan tentang ijazah ane dan pilihan ane untuk kerja dengan ijazah sma. Timbul kembali keraguan itu gan dihati ane. Dulu gan kalau ane banyak pikiran, ane seneng gan main ke daerah puncak gan sebagai spot paling top untuk ane refreshing atau sejenak menjernihkan pikiran. Hal yg sulit ane dapatkan di kalimantan. Entahlah walau sudah cukup lama ane kerja di sini gan ane cuma ngerasa sepi gan, walau sebenernya di tempat ane tinggal sekarang ini cukup ramai gan. Dan beberapa bulan lagi ane menikah gan. Jadi ane bener bener sedang butuh uang dan gak mungkin ane tinggalin kerja ane sekarang. Inilah gan yg sering membuat ane sering memikirkan apakah pilihan ane sudah cukup tepat untuk bekerja ditempat ane sekarang. Gimana gan menurut agan-agan sekalian?
Diubah oleh kakangghost5758 12-06-2016 19:24
fedorarivialdo
fedorarivialdo memberi reputasi
1
25.4K
67
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan