kurusetAvatar border
TS
kuruset
[SEREM GAN] Kecelakaan Gara2 Pengemudinya Silau Sinar Matahari dan Lampu Jauh
Bagi para pengendara mobil mungkin pernah merasakan silau akibat beberapa hal. Bisa karena sinar matahari yang terlalu terik atau cahaya dari lampu kendaraan yang kelewat terang di malam hari.

1. Silau Sinar Matahari

Saat hujan tiba-tiba berhenti dan matahari keluar Anda tidak bisa melihat di depan Anda sama sekali karena refleksi dari air dan segalanya. Atau ketika posisi matahari tepat berada di depan Anda maka Anda harus waspada Gan. Klo tdk waspada dan hati-hati, bisa-bisa terjadi kecelakaan seperti yang terekam CCTV ini Gan, ini akibat pengemudi silau terkena sinar matahari.



2. Silau Lampu Jauh

Banyak pengemudi mobil biasanya suka memakai lampu jauh yang mana kebiasaan ini telah memakan banyak korban jiwa! Memakai lampu jauh memiliki kerugiannya sendiri karena berbahaya bagi mobil/kendaraan yang berlawanan arah dengan Anda. Orang yang berlawanan arah tidak akan bisa membuka matanya karena silau yang dipancarkan oleh lampu jauh! Juga akibat silau tidak akan dapat melihat dengan jelas apa yang ada di depannya. Karena itulah tidak sedikit kecelakaan yang diakibatkan oleh lampu jauh ini!

Berikut ada tiga cuplikan kecelakaan akibat silau lampu jauh..










Amit-amit, ngeri banget ya Gan..

Memakai lampu jauh memiliki tata krama penggunaanya, terlebih lagi bulan JULI sudah LEBARAN 2016 akan ada banyak sekali kendaraan yang mudik. Jadi ingatkan teman – teman Anda yang mengemudi agar kita semua bisa aman sentosa sampai pada tujuan.

Di Tanah Air, bicara soal masalah gangguan pandangan karena silau, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya pada Senin (18/4/2011) juga menginformasikan melalui situs resmi mereka mengenai larangan penggunaan lampu sepeda motor yang dibiarkan transparan dan menyilaukan.

Dalam UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 279 disebutkan bahwa pelanggar akan mendapat pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000.

SOLUSI, SOLUSI, SOLUSI

Bicara tentang masalah tidak akan lengkap tanpa solusinya Gan, dan soal silau ternyata kita punya kesamaan. Solusinya, jika Agan sering melakukan perjalanan jauh, sediakan kaca mata gelap (rayban). Kalau yang sudah memakai kaca minus, bisa ditambah kaca gelap. Jika Agan menggunakan mobil maka alat seperti akrilik penyaring sinar matahari/lampu jauh pasti akan sangat berguna. Yang ini alatnya bnyak dijual di pasaran gan. Merknya pke HD Visor gitu Gan, ane lupa..

Segitu aja infonya gan. Semoga info ini bermanfaat untuk persiapan mudik dan semoga mudik tahun ini semuanya lancar ya gan.
Sekali lagi ingat Gan, "Waspada sinar matahari dan lampu jarak jauh ketika mudik ya Gan."





nona212
nona212 memberi reputasi
1
6.2K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan