Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kabarsumedangAvatar border
TS
kabarsumedang
Benteng Belanda, Telusuri Sejarah Masa Penjajahan


SATU abad silam, tepatnya pada 1914, pemerintah Hindia Belanda membangun lima benteng di lima lokasi wilayah Sumedang, yaitu Benteng Gunung Kunci, Benteng Palasari, Benteng Pamarisen, Benteng Gunung Gadung, dan Benteng Darangdan.

Sektar 100 tahun lalu, Sumedang berada di wilayah kekuasaan Kerajaan Mataram yang kemudian diserahkan kepada pemerintahan Belanda, karena kalah perang. Saat itu, bupati yang memimpin adalah Pangeran Suriaatmaja atau Pangeran Mekah.

Saat menduduki Sumedang, pemerintah kolonial Belanda langsung membangun benteng pertahanan untuk mengawasi tentara Sekutu. Karena saat itu diperkirakan mendarat di Cirebon dan akan menyerang Batavia melalui jalan darat yang dibangun Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels. Salah satu cara untuk mengadang gerak pasukan itu, Belanda membangun enam benteng di Sumedang.

Empat benteng di antaranya digunakan sebagai pertahanan Belanda untuk mengintai gerak-gerik sekutu. Satu benteng lainnya yaitu benteng air Darangdan digunakan menahan air di Sungai Cipeles. Pintu air pada benteng tersebut akan dibuka manakala ada penyerangan dari sekutu. Tujuannya, agar air Cipeles melimpah ke wilayah kota dan menghambat perjalanan rombongan.

Benteng-benteng ini dibangun mulai 1914 sampai dengan 1917. Pemerintah Hindia Belanda meresmikannya pada 1918. Keberadaan benteng-benteng tersebut kini sudah satu abad lamanya di Sumedang.

Sejak Pemerintah Hindia Belanda meninggalkan tanah Sumedang, banyak peninggalan belanda yang mempunyai nilai sejarah dan budaya. Sayang, sejak sepeninggalnya belanda pada 1950 di tanah Pasundan ini, benteng-benteng tersebut terbengkalai hingga kini.

Namun, keberadaan lima benteng masih unik untuk diceritakan, dinikmati, dan disaksikan. Menelusuri benteng-benteng tersebut menjadi wisata yang menakjubkan bagi sejumlah wisatawan minat khusus. Pemkab Sumedang memang tak pernah merawat benteng-benteng ini lalu menjadikannya sebuah objek wisata menarik.

Sumber : http://kabarsumedang.com/benteng-bel...sa-penjajahan/

Bonus Benteng Benteng Yang Ada Di SUMEDANG

Spoiler for Benteng Pasirlaja:


Spoiler for Benteng Pasirkolecer:


Spoiler for Benteng Palasari:


Jangan Lupa Komeng ya Gan Dan Kalo Berkenan emoticon-Blue Guy Cendol (L)

emoticon-I Love Indonesia
0
1.2K
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan