Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fithrifauziyyahAvatar border
TS
fithrifauziyyah
6 TIPS KESELAMATAN PENERBANGAN
Jakarta - Kecelakaan pesawat Lion Air menegaskan betapa pentingnya memperhatikan aspek keselamatan penerbangan. Para traveler pasti punya sejumlah kiat dan saling berbagi informasi.

Beberapa tips keselamatan yang dijalankan para traveler sebenarnya sederhana, mereka mematuhi apa yang menjadi arahan awak kabin. Maklum saja, faktanya banyak orang yang tidak peduli dengan hal itu.

detikTravel mencoba menghimpun input dari pembaca via email, Selasa (16/4/2013). Berikut adalah kiat yang bisa diikuti para traveler untuk meningkatkan aspek keselamatan dalam penerbangan:

1. Pakai safety belt

Ini serius dan banyak penumpang pesawat yang semakin menyadarinya. Pakai safety belt saat take off dan landing. Meskipun lampu tanda memakai sabuk pengaman dimatikan, lebih baik safety belt tetap terpasang untuk menghadapi turbulensi yang tidak bisa diduga.

"Jadi jangan bandel deh, itu demi keselamatan kita juga," kata traveler bernama Yunika Umar, terkait soal pemakaian safety belt.

2. Simpan barang berharga yang mudah dijangkau

Setidaknya Anda punya dompet dan ponsel di saku celana. Dalam kondisi darurat barang ini sudah otomatis Anda bawa. Atau kalau Anda perempuan, setidaknya Anda menaruh ini dalam tas tangan yang mudah dijangkau, misalnya di bawah tempat duduk. Dalam kondisi darurat, benda ini mudah diambil.

3. Berpakaian yang nyaman

Kenakanlah banju yang nyaman dan tertutup dalam penerbangan. Khususnya untuk perempuan, tidak usah banyak gaya saat naik pesawat terbang. Dalam kondisi darurat, mungkin Anda harus meluncur dengan slide. Pakaian yang simpel akan sangat membantu.

"Jangan aneh-aneh tampil gaya seperti ke mal. Bayangkan ribetnya pakai high heels saat kejadian darurat," kata traveler lainnya, Renyka Sally.

4. Perhatikan pramugari

Pramugari bukan diperhatikan karena kecantikannya, lho. Ingat, mereka yang akan menyelamatkan Anda di dalam kondisi darurat nanti. Perhatikan saat pramugari memperagakan alat keselamatan, jangan asyik mengoceh atau bahkan nekat menelepon dan bermain gadget.

5. Baca petunjuk keselamatan

Lembar petunjuk keselamatan yang ditaruh di hadapan bangku Anda, bukan pajangan. Baca! Lembar petunjuk keselamatan memberikan semua informasi penting yang dibutuhkan traveler saat menghadapi kondisi darurat di pesawat.

6. Jangan panik

Kalau terjadi kondisi darurat janganlah panik. Kalau sampai pesawat melakukan water landing, segera kenakan baju pelampung. Tapi ingat, kembungkan pelampung begitu keluar dari pesawat, bukan ketika masih di dalam pesawat.

Mereka yang tidak bisa berenang pun jangan panik. "Baju pelampung akan membuat kita mengapung tanpa berenang sekalipun," kata Renyka.


[URL="http://travel.detik..com/read/2013/04/16/072232/2221166/1048/6-tips-keselamatan-penerbangan-ala-traveler?vt22011381"]SUMBER[/URL]

Boleh dipraktekkan agan2..
0
1.4K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan