Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jethardinAvatar border
TS
jethardin
Tipe arisan dari Masa ke Masa di Indonesia


Seberapa kenal agan dengan yang Namanya ARISAN?


Halo agan sekalian, ketemu lagi dengan si pembuat thread gokil, dan unik. Kali ini ane mau bahas fenomena ARISAN.
Lho kenapa kok jadi bahasan? Karena Arisan ini sedang berkembang jadi berbagai macam jenis yang mungkin malah jauh dari arti arisan yang sebenarnya.

Quote:


Nah dari sini saja sudah muncul perdebatan, apakah ini Judi atau sekedar undian? Karena ada juga yang menggapnya malah seperti kegiatan menabung kolektif lho gan! Nah lho!

Mungkin bisa ane cuplik dari penjelasan ini:
Quote:



Rata-rata Arisan dipergunakan dengan alasan sebagai berikut:
  1. Sebagai ajang pertemuan. Pada pertemuan arisan bisa dilakukan kegiatan yang lain seperti musyawarah, pengajian, dan sebagainya.
  2. Meringankan beban secara bergantian
  3. Mempererat persaudaraan/tali silaturrohim


Quote:


Agan-agan kan tentu tau kenapa arisan jadi populer kembali? Tentunya salah satunya karena film ini.

Spoiler for Film ARISAN!:


Quote:


Jika dulu tarikan arisan hanya berupa uang, kini bentuk arisan beragam. Dalam buku 'Kocok! The Untold Stories of Arisan and Socialite' karya Joy Roesma dan Nadia Mulya terungkap berbagai tipe arisan, mulai dari berlian sampai berondong dalam chapter berjudul Arisan Urban Legend vs Behind the Scene. Menarik kan? Ada berondong gan dijadiin arisan!

Nah Semakin kesini, seiring perkembangan Jaman, munculah jenis-jenis Arisan yang bermacam-macam tujuan dan kepentingannya, ada yang masih mencerminkan budaya nenek moyang kita, ada yang bahkan sudah jauh melenceng. Yuk Simak Gan!



1. Arisan Perhiasan



Kocokan arisan ini adalah perhiasan. Bisa emas batangan sampai berlian yang bernilai ratusan juta rupiah. Arisan perhiasan memiliki nilai investasi tersendiri. Tak heran, arisan perhiasan saat ini banyak diminati oleh banyak orang.

2. Arisan Berondong


Hasil tarikan arisan adalah berondong tampan atau gigolo (ngeri gan!). Seperti pengakuan dari seorang sosialita berumur dan bersuami yang mengaku mengikuti arisan berondong, ia baru saja pulang liburan dari Hong Kong dengan berondongnya, hasil tarikannya di arisan. Buset gan! Siapa yang minat ini? emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk

3. Arisan Selebriti

Nah yang ini gan, tentu saja ga bisa sembarangan agan ikutin, kecuali agan adalah seleb femes. Salah satu arisan seleb yang cukup hits adalah arisan 'Geng Tempe'. Anggotanya adalah Maia Estianti, Meychan, Julie Estelle, Cathy Sharon, Edric, Shanty, Amink, Dewi Sandra dan masih banyak lagi seleb lainnya.

4. Arisan Ibu-ibu Muda

Ternyata ini bukan sekadar untuk eksis belaka, arisan yang diikuti ibu-ibu muda ini dimanfaatkan mereka untuk berbagi pengalaman tentang keluarga. Seringnya, ibu-ibu muda tersebut membahas perkembangan anak. Nah yang ini gan malah bermanfaat, ga serem kaya yang diatas kan?

5. Arisan Istri Muda

Arisan unik lainnya datang dari para istri-istri kedua. Yak betul gan! Ente ga salah baca kok! Anggotanya adalah para istri muda yang membuat geng sambil berarisan.Menurut agan-aganwati kira-kira pada ngegosip apaan ya ismud ini?

6. Arisan Jalan-Jalan

Arisan jalan-jalan dibentuk sebagai wadah mengumpulkan dana liburan. Uang arisan langsung dipotong, tergantung jumlah yang dibutuhkan dan dikumpulkan oleh pengelola untuk disimpan sampai putaran habis. Sisanya yang relatif lebih kecil adalah undian arisan. Siapa yang demen travel? cucok nih gan!

7 Arisan Online
Spoiler for Contoh Arisan Online:

Nah yang ini nih banyak juga macamnya gan, mulai dari yang abal-abal sampai yang serius dan beneran, Arisan tipe begini jatuhnya yang valid adalah yang bersifat barang. Karena keliatan buktinya seperti di gambar. Kalo menurut ane malah mirip konsep arisan barang yang klasik emoticon-Smilie

Nah dari semua di atas menurut Agan sekalian gimana? Atau malah sudah pernah ikutan? Share disini ya gan! emoticon-Big Grin
emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast jangan Lupa cendolnya ya!

Wah Ternyata banyak yang ikutan juga nih:
Quote:

Quote:


Quote:

Diubah oleh jethardin 18-04-2016 11:32
0
6.9K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan