Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

transferleakAvatar border
TS
transferleak
SBY Kritik Jokowi Besar-besaran Pakai APBN untuk Infrastuktur


Dalam rangkaian Tour de Java, tepatnya di Pati, Rabu (16/3/2016), Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono sempat menanggapi pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintahan Jokowi.

Menurut SBY, pemerintah sebaiknya tidak menguras anggaran di sektor infrastruktur. Apalagi, kondisi ekonomi tanah air sedang lesu.

"Yang mengerti ekonomi kalau pajak  dikuras habis ekonomi justu tidak tumbuh. Yang penting yang wajib pajak jangan mangkir. Jangan digenjot habis-habisan apalagi saat kondisi ekonomi sedang sulit, maka perusahaan bisa bangkrut dan yang susah makin susah. Ekonomi sedang lesu, maka pajak harus pas," ujar SBY.

"Saya mengerti, bahwa kita butuh membangun infrastruktur. Dermaga, jalan, saya juga setuju. Tapi kalau pengeluaran sebanyak-banyaknya dari mana? Ya dari pajak sebanyak-banyaknya. Padahal ekonomi sedang lesu," lanjut dia.

SBY pun meminta pemerintah mengurangi belanja infrastruktur dengan menundanya untuk  dikerjakan di tahun mendatang.

"Kalau ekonomi sedang lesu, dikurangi saja pengeluarannya. Bisa kita tunda tahun depannya lagi, enggak ada keharusan harus selesai tahun ini. Indonesia ada selamanya. Sehingga jika ekonomi lesu, tidak lagi bertambah kesulitannya. Itu politik ekonomi," ujar dia.

Tak lama dari pernyataan itu, Jokowi meninjau proyek pembangunan pusat olahraga Hambalang yang mangkrak. (Baca: SBY Vs Jokowi, Pantun Kritik 'Dibalas' Hambalang...)

Proyek itu dimulai saat pemerintahan SBY, yang terhenti setelah salah satu bangunannya yang ambles.

Belakangan, terungkap adanya korupsi dan diusut oleh KPK. Pembangunannya pun dihentikan hingga saat ini.

Jokowi mengaku, masih memikirkanapakah megaproyek yang menelan biaya hingga Rp 1,2 triliun dari anggaran negara ini perlu dilanjutkan atau tidak. (baca: Jokowi: Sedih Melihat Hambalang Mangkrak...)

Langkah Jokowi itu kemudian dianggap sebagai respons Jokowi atas pernyataan SBY soal pembangunan infrastruktur.

http://nasional.kompas.com/read/2016...campaign=Khlwp

Kan APBN pasti abis tiap tahun pak
cuma di pake buat bangun infrastruktur yang berhubungan dengan memfasilitasi kegiatan ekonomi atau abis buat proyek2 model hambalang emoticon-Traveller toh abis juga duitnya...
Jalan bagus, pelabuhan banyak, ongkos kirim murah, cepat... ekonomi meningkat, jangan dibalik pak logikanyaemoticon-Hammer

btw kl tundanya 10 tahun kelamaan ga pak?emoticon-Big Grin
Diubah oleh transferleak 20-03-2016 15:04
0
8.9K
103
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan