Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

alohaboyAvatar border
TS
alohaboy
Cerdas Mengatur Keuangan Saat Krisis
Sumber: Spirit Motivator - Desember 2015

Sekali lagi ane nyalin SmartBook Spirit Motivator Desember 2015
Buat memotivasi ane yang lagi terjerat masalah keuangan dan comeback ke Kaskus tercinta
Sebelumnya ane uda nyalin tentang uang juga di thread sebelumnya
http://www.kaskus.co.id/thread/56bf2...u-tentang-uang

Sekarang mari kita liat "Cerdas Mengatur Keuangan Saat Krisis"


Situasi yang ada mungkin memang sedang tidak menguntungkan. PHK terjadi di mana-mana. Pasar juga sedang lesu. Hal ini kemudian sedikit banyak berpengaruh pada kondisi keuangan kita. Lalu apa yang harus dilakukan untuk menghadapi masa krisis ini, khususnya dalam hal mengelola uang?

1. Jangan Putus Asa
Jangan kehilangan kepercayaan pada diri sendiri dan jangan meragukan diri sendiri. Ekonomi sebuah negara ibarat roda, selalu memiliki siklus dan berputar. Karena itu percayalah bahwa ada saatnya situasi akan kembali pulih. Jika Anda sedang mencari pekerjaan atau mencari ceruk-ceruk yang belum terisi guna memperluas pasar, maka teruslah mencari. Jangan malah pesimis dahulu sebelum melakukan usaha. Jika Anda khawatir tentang nasib pekerjaan Anda, tempatkan kekhawatiran yang tidak perlu itu di belakang. Fokuslah pada pekerjaan terbaik yang dapat Anda berikan bagi perusahaan tempat Anda bekerja.

2. Mencatat Pengeluaran
Berahan atau tidaknya Anda pada saat krisis sangat ditentukan oleh seberapa deras arus pengeluaran Anda. Apabila Anda tidak membiarkan diri mencatat pengeluaran Anda maka tinggal menunggu waktu saja untuk anda ditelan krisis. Tidak dicatatnya pengeluaran akan membuat Anda kesulitan mengetahui apakah pengeluaran Anda itu bersifat wajib atau sebenarnya hanya pemborosan saja. Sebaliknya saat Anda mencatat pengeluaran, maka Anda dapat dengan mudah menyadari pengeluaran apa saja yang perlu dievaluasi.

3. Pelihara Barang-Barang Anda
Terdengar sepele. tapi faktanya menjaga aset-aset Anda tetap pada keadaan baik memang akan sangat membantu Anda bertahan di saat krisis. BArang-barang ini dapat beruba kendaraan, peralatan listrik dan elektronik di rumah dan lainnya. Memang Anda memerlukan biaya perawatan rutin untuk mereka, tetapi ini akan lebih murah dibandingkan saat alat atau barang tersebut tidak berfungsi lagi atau rusak, dan Anda perlu menggantinya atau memperbaikinya. Lebih baik mengeluarkan uang untuk pemeliharaan ruti daripada harus beli baru karena rusak.

4. Menjaga Kesehatan
Seperti halnya menjaga kondisi peralatan dan barang rumah tangga Anda, maka menjaga diri tetap sehat juga akan menghemat pengeluaran Anda secara signifikan. Bukankah ada ungkapan berkata: "Kesehatan itu mahal harganya."? Untuk menjadi sehat kembali dari kondisi sakit, diperlukan banyak uang, dari biaya periksa dokter, membeli obat, dan belum lagi jika harus menjalani rawat inap dan apalagi operasi. Jadi daripada sakit dan sama-sama harus keluar uang. lebih baik keluar uang untuk biaya olahraga dan menjalani pola hidup sehat.

5. Miliki Sumber Pendapatan Lain
Kehilangan pekerjaan (hal yang umum terjadi ketika krisis ekonomi melanda suatu negara) merupakan penyebab utama seseorang menghadapi krisis keuangan. Karena dipecat atau dirumahkan oleh perusahaan, seseorang kehilangan sumber pendapatan utama. Jika Anda tidak memiliki tabungan yang jumlahnya 6 hingga 7 kali pengeluaran bulanan Anda, maka Anda akan sulit bertahan dan perlu segera mendapatkan pekerjaan baru. KArena itu tidak ada salahnya berjaga-jaga. Coba cari dan usahakan sumber pendapatan lain seperti pekerjaan sampingan, bisnis sampingan, atau investasi.

6. Bijak Mengeluarkan Uang
Semakin bijak Anda mengeluarkan uang saat krisis, semakin aman pula keadaan Anda, Mengeluarkan atau membelanjakan uang adalah seni. Ada beberapa teknik untuk membelanjakan uang dengan bijak. Salah satu caranya adalah membandingkan harga barang yang Anda ingin dibeli dari tempat atau toko yang berbeda dan lainnya. Namun jangan pakai hasil penghematan itu untuk hal lainnya yang juga konsumtif. Sama saja kalau bergitu caranya. Penghematan yang Anda dapat dari usaha pengeluaran uang dengan bijak sebaiknya diakumulasikan untuk kepentingan kegiatan produktif seperti bisnis, investasi, dan tabungan.

Masih banya si pembahasan berikutnya mungkin laen waktu saya salin lagi jadiin thread
Di thread sebelumnya juga ane selalu buat sederhana ga ane kasi-kasi gambar buat mempercantik dan menarik. Sebenarnya sayang juga si ga dipercantik thread yang bermanfaat gini, tapi gpp la, keep it simple aja untuk sekarang. hehe



Quotes

Jangan tunggu hingga situasi krisis
baru Anda membuat rencana penanggulangan krisis.
-- Phill McGraw

Jangan biarkan krisis serius berlalu sia-sia.
Itu adalah kesempatan untuk ANda melakukan
hal-hal yang sebelumnya Anda pikir tidak bisa Anda lakukan.
-- Rahm Emanuel

Ketika ditulis dalam bahasa Cina,
kata 'krisis' dibentuk oleh dua suku kata.
Satu suku kata mewakili arti bahaya,
dan yang satunya mewakiliarti kesempatan.
-- John F. Kennedy

Krisis hari ini akan menjadi gurauan esok hari.
-- H. G. Wells

Krisis adalah bagian dari kehidupan.
Semua orang harus menghadapinya.
-- Jack Nicklaus

Pada saat krisis, orang yang bijak akan membangun sebuah jembatan,
sementara mereka yang bodoh akan membangun sebuah bendungan.
-- Pepatah Nigeria


0
1.9K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan