ridepackerAvatar border
TS
ridepacker
[CATPER] Gn. Arjuno & Welirang (via Purwosari - Tretes) 28 Maret - 1 April 2014
Spoiler for Puncak Arjuno:

Halo gan, numpang bikin catatan perjalan pendakian gunung Arjuno dan Welirang pada tanggal 28 Maret - 1 April 2014 kemaren. Jalur yang diambil naik via Purwosaridan turun via Tretes. semoga catatan perjalan ini dapat berguna bagi yang mau mendaki kesini juga emoticon-I Love Indonesia (S)

dalam pendakian kali ini jumlah personilnya 3 orang, dan berangkat dari Jakarta


28 Maret 2014
Start awal dari stasiun senen, naik kereta Matarmaja tujuan Malang berangkat jam 13:40 dengan harga tiket 130rb (kalo sekarang harganya 65rb). jam 13:00 ane udah sampe di stasiun senen, tukerin tiket trus nunggu personil lainnya, gak lama dateng 1 orang, nunggu lagi...udah mau waktunya berangkat tapi satu orang lagi belom juga nongol, coba nelepon ke hp nya ternyata masih di manggarai, padahal 10 menit lagi keretanya brangkat.. alhasil seperti bisa di duga satu orang itu ketinggalan kereta emoticon-Berduka (S) emoticon-Big Grin

ya udahlah akhirnya coba koordinasi lagi, satu temen lagi bakal nyusul naik kereta tujuan surabaya malem itu juga. nantinya meeting point kita di pos pendaftaran jalur purwosari.


29 Maret 2014
Sekitar jam 7 kurang kereta sampai di stasiun Malang, on time ternyata, keluar stasiun buat nyari sarapan. kelar sarapan lanjut ke terminal arjosari naik angkot AMG, naiknya dari sebrang stasiun dengan biaya 3rb. di terminal sempetin mandi dulu biar agak segeran, trus lanjut naik bis ekonomi yang tujuan ke surabaya minta turun di purwosari biayanya 8rb.

Turun di Purwosari, ngaso bentar di indomaret sambil beli aer + logistik yg kurang. dari sini kita ke desa tambak watu, desa terakhir dan tempat pendaftaran pendakian jalur purwosari, menuju kesana naik ojek biayanya 20rb. Sampe di Pos pendaftaran registrasi dengan biaya 15rb buat 3 orang. berhubung kita sampe Pos masih jam 12 siang, dan satu temen lagi baru akan sampe sini sore, maka kita numpang ijin istirahat + tidur di teras rumah salah satu warga.
Spoiler for Pos Pendaftaran:


jam 17:00, yang ketinggalan kereta sampe juga di pos, sambil bawa pecel ayam buat dimakan dulu sebelom mendaki. kelar makan + repacking kita mulai start jalan jam 19:00. sebelomnya rencana awal kalau mendakinya tadi pagi target camp di jawa dipa, berhubung kita jalan baru jam 7 malem, maka kita target camp di pos 5 Mahkutoromo

Pos Pendaftaran - Pos 1 (Ontoboego) [19:00 - 19:35]
berhubung jalannya malem hari jadinya gak ada poto2, masing - masing nyalain headlamp/senternya, jalur awal pendakian ini kombinasi batuan dan tanah dan cukup masih banyak bonusnya. ditempuh dalam waktu kurang lebih 35 menit.

Pos 1 (Ontoboego) - Pos 2 (Tampuono) [19:45 - 20:35]
di pos 1 berhenti untuk istirahat dan ngobrol dengan pendaki lainnya sekitar 10 menit, kemudian lanjut ke pos 2 dimana jalur tidak selebar awal pendakian masih kombinasi batuan dan tanah, dengan waktu tempuh sekitar 50 menit.

Pos 2 (Tampuono) - Pos 3 (Eyang Sakri) [20:45 - 21:05]
di pos 2 istirahat sekitar 10 menit, kemudian menuju pos 3 (Eyang Sakri), jalur udah mulai nanjak dengan waktu tempuh 20 menit.

Pos 3 (Eyang Sakri) - Pos 4 (Eyang Semar) [21:05- 22:20]
di pos 3 kita gak istirahat, terus menuju pos 4 (Eyang Semar) dari pos 3 ke pos 4 ini jalur paling panjang malam ini, jalurnya makin rapet dan banyak nanjaknya, total waktu tempuh pos 3 ke pos 4 sekitar 1 jam 15 menit

Pos 4 (Eyang Semar) - Pos 5 (Mahkutoromo) [22:20 - 22:40]
sampe pos 4 lanjut terus ke tempat kita ngecamp yaitu pos 5 (Mahkutoromo). sekitar 20 menit nanjak sampe juga di Pos 5, udah banyak tenda di sini, setelah pilih spot yang enak kita diriin 2 tenda (kap 2 & kap 1), masak, makan kemudian tidur.
total waktu tempuh dari Pos pendaftaran ke Pos 5 kurang lebih 3 jam 40 menit.


30 Maret 2014
sekitar jam 7 kurang bangun pagi, liat - liat sekitar pos 5 sambil moto - moto, pos Mahkutoromo ini merupakan sebuah kompleks candi, dimana terdapat juga sebuah pondokan, disini dapat menampung cukup banyak tenda, selain itu terdapat juga sumber air terakhir sbelum ke puncak arjuno, jadi jangan lupa untuk mengisi persediaan air disini.

Spoiler for Suasana Pos 5:


Kemudian dilanjut masak dan makan, trus kenyang abis itu tidur lagi bentar emoticon-Big Grin, rencana awal padahal jalan jam 8 dari pos 5, sekitar siang menjelang sore sampe di puncak, trus lanjut turun ke lembah kidang buat bermalem, cuma rencana tingal rencana, jam 9 baru siap2 packing tenda dan laennya, jam 10 baru siap buat jalan lagi emoticon-Big Grin

Pos 5 (Mahkutoromo) - Candi Sepilar [10:00 - 10:10]
Perjalanan dari pos 5 ke candi sepilar cukup dekat, sekitar 10 menit berjalan. dalam perjalanan ke sana terdapat patung-patung dan anak tangga yang tersusun dari batu.
Spoiler for trek candi sepilar:


Candi Sepilar - Jawa Dipa [10:20 - 11:40]
dicandi sepilar poto-poto bentar trus lanjut jalan lagi, nah dari sini jalurnya menanjak dan berbukit - bukit. jalurnya mulai merapat dan tertutup tumbuhan, treknya berupa tanah. jalurnya cukup menguras tenaga apalagi dengan beban keril, menuju jawa dipa ditempuh dalam waktu 1 jam 20menit.
Spoiler for Jawa Dipa:


Jawa Dipa - Pertigaan [12:10- 17:20]
sekitar setengah jam istirahat di jawa dipa kami melanjutkan perjalanan, jalurnya masih sama menanjak terus sambil sesekali terdapat bonus. di trek ini kami sempat berhenti untuk masak + makan siang, dan tidur siang sebentar. menjelang pertigaan jalur mulai datar dan melipir pinggiran bukit. total waktu sekitar 5 jam dari jawa dipa sampai di pertigaan.
Spoiler for menuju pertigaan:


Pertigaan - Puncak [17:20 - 18:30]
dari pertigaan sudah terlihat puncak arjuno tidak begitu jauh lagi, treknya masih terus mendaki dengan jalur kebanyakan batuan. jam 18:30 akhirnya kami sampai dipuncak, mengingat kondisi sudah gelap dan kondisi juga udah lelah, maka diputuskan untuk buka tenda di puncak. di puncak ogal agil ini bisa menampung kira - kira 3 sampai 4 tenda.

dipuncak ini kami berkenalan dengan 2 orang pendaki asal malang. mereka juga ngecamp dipuncak, mereka mendirikan tenda kap 4, karna keterbatasan tempat ngecamp di puncak dan berbagi dengan rombongan lain, kami membuka tenda kap 1 sedangkan 2 orang lagi numpang tidur di tenda pendaki malang tersebut. emoticon-I Love Indonesia (S)

malam hari kami masak dan ngobrol dengan pendaki malang tersebut, ternyata banyak gunung di jawa timur yg udah mereka daki, mantaap emoticon-Big Grin cuaca di puncak malam itu cerah, terlihat pemandangan lampu kota malang dan hamparan bintang dilangit terlihat jelas. pengalaman pertama ane nih ngecamp di puncak.. emoticon-I Love Indonesia (S)
Spoiler for malam dipuncak:



31 Maret 2014
pagi hari jam 5:30 kami keluar buat liat sunrise + poto-poto, enaknya ngecamp di puncak itu keluar tenda langsung puncaknya.. hehehe, suhu pagi itu cukup dingin berkisar 8 derajat.

pemandangan sunrise dari puncak ogal agil ini sangat bagus, kebetulan cuaca pagi itu juga cerah sekali, tidak tertutup awan. di kejauhan terlihat puncak mahameru menjulang tinggi. disini kami habiskan waktu dengan menikmati pemandangan dan berfoto.
Spoiler for Pemandangan puncak:


puas menikmati pemandangan puncak, kami mulai masak sarapan pagi, tidur lagi bentar, terus siap2 packing buat turun, turun kali ini kami jadi ber 5, bareng 2 orang pendaki asal malang tersebut. sebelom turun tak lupa foto sekali lagi di puncak emoticon-Malu (S). jam 9:30 kami mulai start turun dari puncak.
Spoiler for Foto full personil + pendaki malang:


Puncak - Lembah Kidang [9:30 - 12:30]
perjalanan turun dari puncak menurun kemudian sempat naik lagi sedikit menuju puncak arjuno, disini terdapat beberapa makam. dari situ trek terus menurun menuju ke pasar dieng, disini sempat cukup lama, kemudian berlanjut menuju semacam savana, banyak terdapat bunga lavender di kiri kanan, tak lama kemudian jalur sudah mendatar menuju ke lembah kidang
Spoiler for menuju lembah kidang:


Lembah Kidang - Pondokan [12:30 - 13:00]
di lembah kidang ini cukup luas untuk mendirikan tenda, disini kami juga sempatkan untuk mengisi persediaan air. dari lembah kidang ke pondokan sudah dekat dengan jalur yang cukup datar
Spoiler for Pondokan:


Pondokan - Puncak Welirang [13:15- 15:15]
sampai pondokan kami beristirahat sejenak, sempat berdiskusi apakah melanjutkan ke puncak welirang atau tidak, setelah berdiskusi ane tetap melanjutkan ke puncak welirang bersama 2 orang pendaki asal malang, sedangkan kedua teman ane beristirahat sambil menunggu di pos pondokan.

kepuncak welirang kami membawa air minum + cemilan secukupnya saja tidak lupa juga membawa masker, keril ditinggal di pondokan.

jalur menuju puncak welirang menanjak, kombinasi tanah dan batuan, diperjalanan naik sesekali kami berpapasan dengan para penambang belerang yang turun. menuju puncak welirang tanpa keril kami tempuh dalam waktu sekitar 2 jam.
Spoiler for menuju puncak welirang:


Puncak Welirang - Pondokan [15:30 - 17:00]
Di puncak welirang kami beristirahat sejenak sambil berfoto, sekitar 15 menit di puncak kami turun kembali ke pondokan, ada hal menarik sepanjang perjalanan turun dimana ada burung yang seolah - olah memandu kami didepan, oleh temen ane katanya burung tersebut biasa dinamakan burung pendaki emoticon-I Love Indonesia (S)
Spoiler for Puncak Welirang:


Pondokan - Pos Perijinan Tretes [18:00 - 21:20]
di pondokan kami sempatkan untuk masak + makan dulu karena kami akan langsung ke Pos Perijinan Tretes.

setelah makan + sedikit packing ulang kami bersiap untuk turun jam 18:00. jalur dari pondokan ke tretes full bebatuan, jalur ini bagi ane pribadi jalur yang bikin sepatu cepet rusak dan bikin kaki sakit, karena batuannnya tidak rata.

sekitar satu setengah jam berjalan sampai dipos kokopan sempat berhenti sejenak untuk mengisi air, kemudian kita lanjut jalan terus sampai di pos pet bocor kira2 jam 9 malam, istirahat sejenak kemudian lanjut berjalan dan tiba di pos perijinan tretes jam 9:20, total waktu dari pondokan ke pos perijinan Tretes 3 jam 20 menit.
--------------------

dari Pos tretes, kami carter angkot untuk ke terminal pandaan, ada 2 orang pendaki asal surabaya yang ikut ke terminal pandaan, jadi total kami ber 7. biaya carter angkotnya 15rb perorang.

sampai depan terminal pandaan 2 orang pendaki asal surabaya lanjut naik bis ke arah surabaya, sedangkan kami berlima menunggu bis menuju malang. tak lama menunggu bis menuju malang tiba, kami naik dengan biaya 7rb perorang.

kira-kira pukul 11 malam lewat tiba diterminal arjosari, 2 orang pendaki dari malang berpisah dengan kami karena sudah di jemput oleh temannya. kami ber 3 memutuskan untuk menumpang tidur diparkiran motor depan terminal arjosari.


1 April 2014
Pagi hari kami sarapan disekitar terminal, kemudian kami lanjut menuju stasiun malang, sebelumnya kami tak lupa mampir makan di bakso malang presiden yang katanya terkenal di malang emoticon-Big Grin, serta membeli oleh-oleh buat orang rumah dan kantor.

sekitar jam 11 kami sampai distasiun, sempetin buat mandi dan makan sembari menunggu kereta yang akan membawa kami kembali ke jakarta.

pukul 13:45 kami berangkat dari stasiun malang menggunakan kereta majapahit dan sampai di jakarta pukul 5:30 pagi.. langsung pulang dan lanjut kerja emoticon-Big Grinemoticon-I Love Indonesia (S)

Spoiler for Rincian Biaya Transport:
0
22.7K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan