Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

endafebrianAvatar border
TS
endafebrian
[ASK] [Help Me] Perpanjangan dan Pajak STNK Motor
Malam agan-agan semua!
Langsung aja nih ya, ane mau sharing dikit soal kasus ane masalah STNK motor ane..
Jadi kronologinya begini:

Ane asli Garut dan dapet kerjaan di Sumatera, di Duri - Riau. Tahun 2010 ane beli motor di Duri untuk keperluan transport. Waktu itu ane beli ga pake KTP Duri, orang dealer-nya minta surat domisili aja sama kartu pegawai ane. Udah ane dapet tuh motor dengan gampang.

2011, nah ane kan mesti bayar pajak. Awalnya ane sangsi karena ga punya KTP Duri. Tapi, ane coba bayar pajak sendiri ke Samsat Duri. Dengan berbekal KTP Garut dan surat domisili. Sama surat keterangan belum lunas dari finance, ane belinya kredit jadi belum dapet BPKB. Nah, ane bisa nih bayar pajak motor itu. Ga ada masalah. Begitu juga di tahun 2012 setelah ane dapat BPKB, ane bisa bayar pajak pake KTP Garut sama surat domisili lagi.

Masuk di tahun 2013. Karena 2 tahun sebelumnya bisa lancar, jadi ane pede aja bawa KTP Garut sama surat domisili lagi. Tapi, jeng...jeng... petugasnya bilang, harus ada KTP Duri atau identitas Duri lainnya. Padahal ane ga punya sama sekali. Semua identitas ane Garut semuanya. Jadi, dengan terpaksa ane cari bantuan. Ane tahu ini salah, pakai perantara alias calo alias apa pun itu. Ane bisa bayar pajak walaupun memang lebih mahal dari harga seharusnya.

2014 balik lagi, ane ga mau pake calo. Nyoba lagi sendiri ngurus pajaknya. Udah lengkap semua berkasnya, pas di pendaftaran langsung ditolak karena ga ada KTP/ ID Duri. Karena udah ga bisa mikir lagi dan ga mau pake calo lagi, ane ga bayar pajak tahun 2014. Ini salah lagi, tapi ya gimana, orang ane mau bayar tapi ga boleh.

Tahun 2015, kali ini motor ane udah habis masa berlaku STNK-nya. Mau ga mau ane harus perpanjang kan. Tadinya ane minta bantuan temen, katanya ada yang bisa ngurusin. Tapi, temen ane dihubungi entah kemana ga jelas kabarnya. Jadi, ane coba aja sendiri ke Samsat Duri. Semua proses dan berkas perpanjangan STNK udah ane siapin, cek fisik udah ane lakuin. Masuk lagi ke pendaftaran tetep sama, ga ada ID Duri ya sudah, ga bisa diproses. Petugasnya saranin ane buat mutasi aja ke Garut. Hmmm, oke ane coba daftar ke tempat mutasi kendaraan. Dijelasin kalo mutasi prosesnya dua kali, di samsat Duri iya, di samsat Garut iya. Dan di samsar Garut juga harus dilakuin cek fisik. Ane mikir, kalo harus cek fisik berarti ane harus kirim ini motor ke Garut gitu? Padahal ane pake motor ini buat di Duri. Nanti bayar pajaknya di Garut, tapi motor jalannya di Duri?

Maksud ane kan, gimana caranya ane bisa bayar pajak tanpa KTP Duri. Karena motor ane beli di Duri, STNK Duri, nopolnya juga Duri. STNK, BPKB semua atas nama ane. Alamatnya memang Duri. Petugasnya kasih saran lagi, balik nama aja jadi orang Duri. Jadi pinjem nama orang yang orang Duri. Di STNK, BPKB semua atas nama dia nantinya. Bayar pajak paling pinjem KTP-nya. Tapinya, jadi motor orang dong ya, ga motor ane emoticon-Cape d... (S) emoticon-Bingung (S)

Nah, jadi yang mau ane tanyain. Apakah agan-agan ada saran soal ini? Apa cek fisik ketika mutasi ane memang harus bawa motornya ke Garut?

Spoiler for Kalo ada yang nanya kenapa ga bikin KTP Duri:


Terima kasih sebelumnya buat agan-agan yang sudah baca dan merespon... emoticon-Shakehand2emoticon-Jempol
0
4.1K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan