Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kawawaka01Avatar border
TS
kawawaka01
Penjara Tak Membuat Bahrun Naim dan Afif Jera, Apa Solusinya?
Jakarta - Sunakim alias Nakim alias Afif dan Muhammad Bahrun Naim otak teror di kawasan MH Thamrin, Jakarta Pusat, pernah terjerat hukum dan dipenjara terkait kasus terorisme. Ternyata, hukuman yang pernah dijalani itu tak mampu membuat mereka jera untuk melakukan teror.

Pengamat intelijen dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi mengatakan, perlu ada regulasi yang tepat dalam menangani masalah terorisme. Karena pelaku teror yang sudah pernah dipenjara dan kemudian bebas itu bisa bertindak lebih radikal.

"Saya lebih lihat track record-nya, mereka pernah ditangkap untuk kasus terkait terorisme, dan setelah keluar ternyata masih berkiprah lagi di kegiatan radikal, bahkan bergabung dengan ISIS," ujar Khairul saat berbincang dengan detikcom, Kamis (17/1/2016).

Khairul menilai, masih ada yang belum 'pas' dalam upaya pemerintah untuk menanggulangi masalah terorisme di tanah air. Harus ada penanganan yang lebih konstruktif terhadap aktor teror ini.

"Saya pikir ada hal yang masih belum pas atau tepat dalam penanganan kita terhadap pelaku teror selama ini. Efek jera belum efektif untuk para pelaku teror. Itu yang harus kita concernkan saat ini, harus diperhatikan betul," kata Khairul.

Khairul juga menilai, saat ini pola teror yang dilakukan telah berubah. Para pelaku lebih terang-terangan melancarkan aksi di ruang terbuka.

"Selama 15 tahun terakhir ini, kita beberapa kali mengalami peristiwa teror. Ternyata kita masih belum menemukan formula yang konstruktif untuk meredam aksi kelompok ini," jelasnya.

Untuk itu, Khairul setuju jika harus dilakukan revisi UU nomor 15 Tahun 2003 tentang terorisme. "UU terorisme itu kan disusun pada pola gerakan pada masa itu, yakni Amrozi Cs. Kemudian saat ini bergeser pada metode serangan yang lebih terbuka dan menyasar area publik. Simultan dan acak. Itu perlu diakomodir oleh UU terorisme ini. Dan siapa leading sektornya juga harus ditentukan," kata Khairul.

"Dengan catatan, revisi UU itu tetap bagaimana mencari formula meningkatkan kewaspadaan tinggi tanpa menganggu kenyamanan aktivitas warga," tambahnya.

Nama Muhammad Bahrun Naim Anggih Tamtomo alias Naim pertama kali mencuat ke permukaan ketika ditangkap oleh Densus 88/Anti-Teror pada 9 November 2010. Saat itu Naim ditangkap bersama sejumlah barang bukti berupa ratusan butir amunisi ilegal.
Meskipun ditangkap oleh Densus, di persidangan yang digelar di PN Surakarta, Naim tidak dijerat dengan UU Terorisme. Dia 'hanya' dijerat dengan Darurat No 12/1951 tentang Kepemilikan Senjata Api dan Bahan Peledak. Putusan majelis hakim di PN Surakarta pada 9 Juni 2011 menjatuhkan vonis penjara 2 tahun 6 bulan terhadap Muhammad Naim karena tanpa kewenangan menyimpan 533 butir peluru laras panjang dan 32 butir peluru kaliber 9 mm.

Sedangkan Afif pernah mengikuti pelatihan militer di Aceh yang tergabung dalam jaringan Jamaah Islamiah yang dipimpin Aman Abdurrahman. Atas keikutsertaannya itu, Afif ditangkap oleh Densus 88 dan divonis tujuh tahun kurungan penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Barat pada 2010. Afif dikabarkan bebas pada Agustus 2015 lalu.

http://news.detik.com/berita/3120353/penjara-tak-membuat-bahrun-naim-dan-afif-jera-apa-solusinya

=====

solusinya tangkap eksekusi
persetan ham
orang ham atau tpm yang masih bela eksekusi sekalian...

tpm yang kemarin belain mana suaranya
indonesia gk butuh keturunan arab maupun arab wannabe yang cuman bisa ngacau..

terguncyang yang rapiemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Diubah oleh kawawaka01 17-01-2016 09:42
0
3.1K
60
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan