Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bukanpelangiAvatar border
TS
bukanpelangi
Menikah di Usia Muda Wajarkah?
Recently saya dihadapkan oleh pilihan ini. Bukan apa-apa, saya baru aja selesai kuliah dan sudah bekerja. Rasanya udah gak tau lagi mesti ngapain sehingga saya mikir apa saya nikah aja?
Mungkin banyak dari teman-teman sekalian berfikir mending saya nikmatin hidup dulu. Dan kalau boleh jujur saya udah menikmati hidup saya di tahun terakhit saya kuliah. Saya berpetualang ke beberapa tempat yang ingin saya kunjungi hingga melancong sendirian di negeri orang.
Saya telah melakukan banyak hal yang saya rasa sudah terpenuhi untuk saya sendiri.
Saya memang ingin sekali bisa berpetualang bersama pasangan, tapi saya rasa saya perlu menikah dulu untuk merasakannya.

Maka dari itu saya berfikir apa lebih baik saya menikah saja?
Saya telah bertanya kepada saudara saya yang jauh lebih dewasa dan perpengalaman. Beliau menyarankan jika saya merasa begitu, lebih baik saya menikah. Karena menurutnya menikah lebih cepat itu lebih baik. Dan saya juga banyak membaca artikel ringan mengenai baiknya menikah sesegera mungkin jika sudah mampu secara mental dan materi.
Sebenarnya saya bingung, teman-teman dekat saya meragukan kesiapan mental saya karena mereka menilai saya masih sering bersikap kekanakan. Dari situ saya mencoba untuk membuat life plan saya kelak ketika saya menikah nanti.
Setidaknya saya melihat ada banyak keuntungan dari menikah di usia muda atau 20-an. Terutama bisa berpetualang bersama pasangan saya. Karena menurut saya berpetualang di usia muda justru akan lebih menyenangkan karena kita masih sama-sama kuat dan punya semangat yang besar.

Kenapa harus dengan suami? Kan ada teman? Atau pacar juga bisa.
Saya pernah gagal dalam hubungan sebatas pacar. Saya pernah berpetualang bersama mantan pacar saya, dan rasanya sangat tidak menyenangkan ketika kita akhirnya berpisah dan putus hubungan.
Dan saya juga pernah berpetualang bersama teman lelaki saya, tapi justru dia memanfaatkan situasi tersebut.
FYI saya lebih senang berpetualang sendiri atau berdua agar bisa lebih menikmati.

Ditengah keinginan saya untuk menikah di usia 20-an. Salah satu sahabat yang sangat saya percaya dan saya selalu mintakan pendapat justru memberikan pendapat yang berbeda. Dia menyarankan saya untuk menikah di usia 30-an karena dia berfikir pada usia itu setiap orang pasti sudah memiliki penghasilan yanh tetap, sudah sangat dewasa dan mengenal dirinya sendiri. Dan dia sangat setuju apabila pernikahan itu akan lebih bahagia jika pernikahan itu terjadi di usia 30-an.

Tapi saya tidak mungkin menunggu 10 tahun lagi untuk itu. Sedangkan saat ini saja saya sudah bingung harus ngapain lagi.


Menurut kaskusers, wajarkah jika sudah saatnya saya berfikir untuk menikah dengan kondisi sekarang?

Mungkin teman-teman yang sudah berpengalaman bisa berbagi pengalamannya. Karena saya juga sadar menikah adalah keputusan yang besar.

btw, umur saya 20th dan dari dulu memang bercita-cita ingin menikah di usia muda
tata604
tata604 memberi reputasi
1
3.7K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan