mosquit0Avatar border
TS
mosquit0
The Clash of Civilizations and the Remaking of the World Order
malam. emoticon-Blue Guy Peace

Quote:




Pengantar Thread

tepat 7 tahun lalu di bulan yang sama dengan sekarang seorang Samuel P. Huntington telah mangkat, tapi tidak dengan karyanya, sebuah buku yang oleh beberapa kalangan diyakini mewakili pemetaan kondisi dunia saat ini, karya tersebut adalah buku yang memuat teori/tesis tentang "Clash of Civilization."

tanpa terasa hari ini telah tanggal 30 Desember, satu dua hari lagi tahun 2015 akan berlalu, dan tahun 2016 menjelang tiba .. sayang sribu sayang di tahun yang akan berlalu ini ada beberapa kejadian yang menorehkan kepahitan di catatannya.

di tahun yang akan berlalu ini .. ada berbagai konflik bersenjata yang menelan ribuan jiwa dan memicu arus pengungsi dengan segala kerumitannya, ada berbagai serangan yang disebut sebut sebagai serangan teroris di Eropa dan Amerika, ada pula perkembangan politik US yang kontroversial dengan majunya capres yang mengangkat isu senditif dalam kampanyenya.

semua kejadian tersebut ditambah dengan ancaman IS tentang akan menginvasi kota apa gitu di Italia, TS lupa, membuat tesis almarhum Huntington seakan menjadi "self-fulfilling prophecy" yang menakutkan dan mengancam kedamaian dunia.

pasca serangan WTC 2001, dunia yang telah mengenal internet menjadi cukup ramai dengan berbagai saling kecam (gak tau Kaskus ini mulai rame taon berapa sebagai medsos), kejadian WTC tersebut terus berlanjut dengan berbagai konflik seperti Afghanistan, Irak, isu Israel-Palestina, Myanmar, Kashmir dsb dsb dan belakangan denagn berdirinya ISIS membuat perkembangan semakin ruwet.

bersamaan dengan itu fenomena Ghazwul Fikri atau perang pemikiran dalam Islam juga berkembang pesat di internet, cobalah ketik "Yahudi" di Google Indonesia maka hasilnya pasti akan berbeda dengan bila mengetik Jews di Google luar .. belum percaya ? ok, kalau dalam negeri, cobalah ketik "Cina Indonesia" di Google Indonesia maka hasilnya pasti akan mendirikan bulu roma bagi pembacanya (terutama artikel yang - maaf - berasal dari web Islam garis keras).

itulah Ghazwul Fikri, perang pemikiran, apakah itu salah ? bila TS memposisikan dirinya sebagai chinese kafir laknatulloh dan membaca artikel artikel hasil olahan para pemikir - maaf lagi - Islam radikal tersebut jelas TS akan jengkel karena ada unsur pembengkokan berbagai hal disana .. tapi bila TS memposisikan diri sebagai umat Islam, dengan berat hati TS maklum, itu adalah sebuah mekanisme pertahanan karena merasa terancam, itu adalah sebuah naluri purba semua manusia untuk mempertahankan diri.

kembali keadaan dunia saat ini, serangan Paris dan serangan di Amrik belum lama ini oleh beberapa media mulai dihubung hubungkan kembali dengan tesis Huntington 22 tahun lalu, sialnya .. kedua belah fihak baik fihak Barat maupun fihak Timur (tengah) ternyata hampir punya pemikiran serupa dalam menyikapi berbagai ketegangan belakangan ini.

namun, disisi lain bila seseorang gak pura pura gak melihat, di dunia yang luas ini masih ada banyak kebaikan yang terjadi tiap tiap hari yang tak mengenal batasan abstrak seperti agama atau suku atau ideologi, mereka hanya tahu satu hal, di dunia, semua manusia adalah sama sama citizen of the world dalam menjalani kehidupan fana ini.

bagaimana nanti kelanjutan dari semua ini ? apakah tesis Clash of Civilization-nya Huntington yang akan terjadi atau justru "world without borders" nya humanity yang akan mewarnai kehidupan umat manusia di bumi ?

entahlah, mungkin hanya Tuhan - seandainya Ia ada - yang tahu.

Quote:





------- emoticon-Ngacir
Diubah oleh mosquit0 30-12-2015 17:40
0
9.8K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan