hadaheniAvatar border
TS
hadaheni
Kehamilan 0 Bulan dan Hiperemesis Gravadarum
buletinsehat.com - Kehamilan 0 bulan kadang masih belum disadari oleh ibu hamil. Ibu hamil umumnya akan menyadari kehamilan setelah terlambat datang bulan, yang artinya kehamilan sudah terjadi beberapa minggu. Pada masa ini, ibu memang umumny belum terlalu banyak mengalami keluhan apapun. Namun, setelah beberapa minggu kehamilan, ibu hamil mulai merasakan adanya perubahan-perubahan dalam tubuh. Salah satunya adalah hiperemesis gravadarum.

Kehamilan 0 Bulan dan Hiperemesis Gravadarum

Apa itu hiperemesis gravadaum ini? Hiperemesis gravadarum adalag sebuah kondisi ibu hamil mengalami mual dan muntah yang hebat. Bukan saja bisa menghambat aktivitas, kondisi ini juga bisa menyebabkan kekurangan cairan dalam tubuh, gangguan elektrolit, penurunan berat badan, serta membahayakan bagi janin. Pada kehamilan 0 bulan, sebagian orang memang tidak mengalami kondisi seperti ini dan sebagian lagi mengalaminya. Namun kondisi seperti ini perlu diwaspadai karena bisa membahayakan ibu dan janin.

Lalu apa saja hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejala hiperemesis gravadarum ini? Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejala hiperemesis gravadarum.

• Makanlah makanan ringan lebih sering misalnya setiap 2 atau 3 jam sekali. Ini lebih baik daripada makan tiga kali dengan porsi yang banyak. Anda bisa makan kracker tawar, sereal, biscuit, dan makanan kering lainnya sebagai cemilan agar terhindar dari rasa mual dan muntah.

• Makanlah makanan yang banyak mengandung cairan seperti buah-buahan. Hindari minum dalam jumlah besar dalam satu waktu karena ini bisa memicu rasa mual.

• Duduklah selama kurang lebih 10 hingga 20 menit setelah makan untuk mengurangi heartburn atau refluks lambung.

• Hindari makan makanan berlemak, berminyak, dan pedas karena bisa memicu asam lambung.

• Minumlah air jahe untuk mengurangi rasa mual.

• Istirahatlah dan lakukan relaksasi untuk mengatasi rasa mual dan muntah.

• Lakukan teknik acupressure untuk mengurangi rasa mual dan muntah dengan cara menekan dengan menggunakan ibu jari di daerah sekitar 3 jari di bawah pergelangan tangan (daerah nadi). Tekan dengan lembut sekitar 2 hingga 5 menit.

Selain cara-cara di atas, tetaplah makan makanan dengan nutrisi yang tinggi untuk kesehatan ibu dan janin. Minumlah susu ibu hamil minimal satu gelas sehari agar kebutuhan gizi janin tetap terpenuhi. Jika memang mual dan mutah terus berlanjut dan semakin parah, segeralah hubungi dokter atau petugas kesehatan lain.

Demikianlah informasi tentang kehamilan 0 bulan dan hiperemesis gravadarum. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

sumber: http://buletinsehat.com/kehamilan-0-bulan
0
3.4K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan