Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mbiaAvatar border
TS
mbia
Pemerintah Waspadai Tingkat Kesenjangan Kekayaan Warga RI
Liputan6.com, Jakarta - Deputi Bidang Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Wakil Presiden Bambang Widianto mengatakan angka gini ratio di Indonesia terus meningkat. Bahkan, angkanya sudah hampir menyentuh gini ratio negara-negara yang mengalami Arab Spring.

"Gini ratio kita sekarang sudah 0,41. Kalau di perkotaan 0,43. Pak Wapres selalu katakan waktu Arab Spring terjadi itu 0,45 gini rationya. Jadi kita harus hati-hati sekali," kata Bambang, di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (4/12/2015).

Gini ratio merupakan ukuran untuk menentukan kesenjangan pendapatan dan kekayaan. Semakin tinggi, artinya makin terjadi kesenjangan antara si kaya dan si miskin.

Bambang mengatakan pemerintah fokus untuk mengurangi kesenjangan. Namun, caranya bukan dengan membuat penerimaan si kaya‎ berkurang. "Yang kaya tumbuh di atas rata-rata, yang miskin tumbuh di bawah rata-rata. Tapi kita juga tidak bisa turunin yang atas. Sekarang bagaimana caranya meningkatkan pendapatan yang di bawah," tutur Bambang.

Pemerintah pun telah bergerak untuk mengatasi hal ini. Kebijakan yang telah dikeluarkan antara lain adalah menurunkan suku bunga kredit usaha rakyat (KUR) dan menetapkan formula untuk perhitungan upah minimum.

"Bahwa penetapan upah minimum menurut formula ini memberikan kepastian bagi dunia usaha dan bagi pekerja itu sendiri. Harus kita pikirkan juga pekerja itu bukan yang sudah bekerja saja karena banyak mereka yang masih mencari pekerjaan. Kalau upah minimum tumbuhnya terlalu tinggi, mereka yang mencari pekerjaan tidak akan dapat," tandas Bambang

http://bisnis.liputan6.com/read/2382...ayaan-warga-ri

mengapa bisa begitu
0
1.8K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan