Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bantengkutuanAvatar border
TS
bantengkutuan
Tipe-tipe Turis yg Amit2 Deh!
Salam kenal agan2 & sis2 semua. Ane kerja sebagai tour guide spesialis turis asing di Jawa Barat, selama ini udah banyak banget nemuin macam2 turis yg baik, nyebelin, nyusahin, rewel, pelit, dan royal pun ada. Tapi dilihat dari jenis kamar yg mereka pilih, rata2 mereka lumayan berduit (walau mungkin di negaranya cuman tukang bakso atau tukang batu doang emoticon-No Hope) Lumayan menarik pengalaman ane, berikut ane share yg pahit2nya aje. Cekidot emoticon-Traveller

1. Sok Tahu & Sok Benar
Ane pernah bawa ini group turis dr Singapur jalan2 ke Ciwidey. Pas makan siang di Sindang Reret, mereka memutuskan untuk langsung duduk & minta ditinggal karena mereka akan pilih makanan dan bayar sendiri sementara ane & supir makan di tempat lain. Sekitar 1 jam kemudian ane ditelepon oleh itu turis utk cepetan balik ke resto karena rupanya ada keributan di sana.
T = turis
A = ane
W = waiter restoran

(dalam bahasa Indo kira2 isinya gini
T = jelasin ke mereka (waiter), masa sih harga makanannya mahal banget! Loe cek aje, di Singapur aja harga sepotong ayam ga semahal di sini.
(ane terus tanya pake bahasa Sunda ke waiter, si waiter menjelaskan setelah mereka makan, para tamu protes dgn harga yg tertera di bill dan menolak bayar, padahal makanan udh abis mereka santap). Di sini emang salahnya si tamu yg ga nanya harga dulu, tapi main pesen aje. emoticon-Hammer
T = bilang ke waiter, kita2 ga mau bayar ayamnya, karena kemahalan, padahal tipis dan kurus banget ayamnya! emoticon-Cape deeehh
A = iya, karena ayamnya itu ayam kampung, tanpa lemak, jadi kurus2 semua, ga kayak di singapur
ane terus ngomong pake Sunda ke waiter, intinya: maaf ya pa, tamu2 saya nyebelin dan ga tahu adat, maaaaaaaf banget.
(ane sengaja ga ngomong Indo karena ada di antara mereka yg ngerti bahasa Melayu)
W = iya, ga apa2 mas (pake bahasa Sunda, sambil senyum2)
ane ngomong lagi ke turis, intinya dlm bhasa Indo = ane udah marahin itu waiter kenapa ayamnya kok kecil2 dan harganya mahal, dia udah minta maaf (padahal ane ga ngomong gitu ke waiter, cuman utk nyenangin tamu aje emoticon-Angel). untung waktu itu si waiter tetap senyum2 dan ngangguk2 padahal dia ga ngerti apa yg ane omongin karena ane ngomong inggris emoticon-Bingung.
T = jadi gimana nih, kita ga bayar ya ayamnya?
A (ke waiter) = maaaaf banget mas, si tamu pelit dan rese pisan, mereka ga mau bayar ayamnya. apa di diskon aja gitu pa?
W = tunggu ya, saya tanya manajer dulu
A (ke tamu) = ane udah ancem itu waiter utk kasih kita gratis atau kita lapor polisi
Si tamu pada ngangguk2 kesenengan, beberapa dr mereka pa motretin bon sambil bilang mau diupload ke tripadvisor.
T = iya, bagus... bagus! (kesenengan)
Waiter datang kembali beberapa menit kemudian = maaf mas, katanya bisa diskon 50%
A (ke tamu) = waiter bilang bisa diskon 25%, karena ayamnya masih fresh. Oya, apa kalian tadi cek harga dulu sebelum pesan?
T = ga, karena kami berasumsi harganya pasti murah, kan ini di kampung. jadi kami langsung pesan. emoticon-Cape deeehh

Ini jelas kesalahan tamu yg ga tanya harga dulu sebelum pesan. Oya, di menunya waktu itu emang ga tercantum harga, cuma nama2 makanan aja. Akhirnya masalah selesai, dan ane dapat 25% kelebihan bayar si tamu. Tamu puas dan waiter pun senang

Group ke-2 dari Malaysia, hotelnya di Hilton


waktu mereka jalan2 ke Ciater, mereka pada terima aja itu es krim yg dibagi2 tukang eskrim di sana. Pas giliran ditagih duit ama tukang eskrim, mereka ngamuk dan nolak bayar, bilang sambil teriak2 ORANG INDONESIA PENIPU SEMUA dan akan di posting di FB. Alhasil ane musti bayarin eskrim mereka semua ke tukang eskrim karena ane ga enak dan kasian dgn mereka.

sampe beberapa hari berikutnya group Malaysia tsb cemberut terus dan nyalahin ane! Aneh bener. Mana ada eskrim gratisan? Apa di tiket masuk tertera 'tiket masuk termasuk es krim gratis'? Ngga kan?

Group ke-3, dari Singapur, hotel di Holiday Inn lagi2 yg tarif kamar per malamnya lumayang mahal emoticon-Jempol

Waktu itu kami jalan2 ke kawah Putih. Sepanjang jalan dari Kawah Putih ke Bandung (sekitar 2,5 jam) salah seorang tamu rewel banget dan minta dibeliin pisang. Mungkin sembelit udah 1 taon emoticon-Hammer. Tapi agan2 dan sis2 yg pernah ke daerah Ciwidey kan tau mana ada tukang jualan pisang di sekitar situ? Yg ada ya jualan stroberi dan sebangsanya. Alhasil di sepanjang jalan di nenek lampir ngomel terus "have you found any banana? I want banana." Ane cuma bilang bhw dari tadi ga ada pisang, tapi kalo ada, langsung kita brenti deh.

Sampe kita di kota Bandung, langsung parkir di sekitaran jl. Riau karena acara berikutnya dalah shopping di FO, dan ane langsung ngacir ke supermarket (sekitar 500 meter dari parkiran mobil) utk ngebelain beli pisang utk si monyet lampir tsb. Ketemulah pisang cavendish di Yogya Riau Junction, langsung ane lari kembali 500 meter ke FO tempat si monyet lampir lagi shopping. Eh, reasinya gini gan:

" Don't you have local banana? I want to try local banana."
emoticon-Cape deeehh
Tapi karena mungkin dia ngeliat napas ane udah ngos2an, dia terus ngomong lagi " ya udah lah ga apa2." Terus dia ngeluarin dompetnya sambil nanya " berapa?"

Ane bilang " liat aja bonnya." Kalo ga salah sekitar Rp 17.850.

Terus si monyet lampir bilang lagi, intinya "aduh, ane ga ada 20 ribuan, gw bayar 15 ribu aja ya? Ga apa2 kan?"

emoticon-Cape deeehh

Boro2 ngasih tip, ane malah nombok! emoticon-norose


Tamu nyebelin berikutnya: Mong Wong Leng, dari KL


Ini tamu dari mulai mendarat di airport cemberut mulu, jutek, dan ga tau adat. sombongnya ga ketulungan. temen2nya sih baek2. cuman nih nenek lampir yg nyebelin. asem banget.

2. Tamu pelit


Ada group dr KL, diem di Sensa hotel (bintang 4), belanja di toko POLO aja sampe Rp 18 jutaan. Pas giliran mereka pulang cuma ngasih tip dikit banget ke ane, dan email ke bos ane " a very good reputable tour guide. We had a wonderful time in Bandung. Very recommended tour guide." Dasar pelit. Ane ga butuh pujian. Ane butuh duit. emoticon-Hammer


Tamu Pelit bagian ke-2


Suatu hari di bulan Juli 2015 ane ada order bawa 2 orang turis Singapur. Bos ane rada uring2and waktu kasih order tsb berhubung ini tamu rese banget. Karena udah peraturan di perusahaan tempat ane kerja bahwa tamu yg mau reservasi harus DP dulu min. 50% untuk menjamin bahwa mereka ga main2, dan rekening bank PT tempat ane kerja atas nama perusahaan, bukan atas nama perorangan. Eh, ini tamu yg namanya Celia Yong langsung ngamuk dan nyolot banget. Dia minta dikirimin SURAT IJIN PENDIRIAN PERUSAHAAN, PKP, PT, dll padahal total orderan dia cuma Rp 1 jutaan!!! Padahal dia nginepnya di hotel Hilton bintang 5 beberapa hari (dia bayar sendiri) yg tarif per harinya aja mendekati Rp 1 juta!!!

Kalo dia curiga pake jasa perusahaan Indo, kenapa dia ga pake jasa agent di Singapur aja yg jauh lebih mahal? Pokonya nyolot banget deh ini orang.

Terus karena paket yg dia ambil ga berikut tiket masuk, waktu kami sampe di Tangkuban Perahu yg tiket utk orang asingnya Rp 200 ribu per orang, dia langsung bengong emoticon-Takut (S) karena dia (si ceweknya) yg bayar semua pengeluaran, bukan coowonya. Alhasil dia bilang ke ane, apakah tarif Rp 200rb / orang ini harga normal? Ane mengiyakan. Terus dia bilang (intinya) :" ga mau ah, batal aja ke Tangkuban. Kita foto2 aja di gerbangnya. cukup."

Besoknya ke Kawah Putih dan Situ Patengang pun sama. Mereka ga mau masuk cuma gara2 katanya tiket masuknya kemahalan. Padahal mereka tinggalnya di Hilton!!!

Ini nih penampakan tamunya:




3. Tamu horny


Ini pengalaman temen ane (cewe). Dia tour guide juga. Waktu itu dia bawa serombongan group Brunei cowo semua. Pas baru ketemu, itu cowo2 pada nembak 'I love you', dan kasih hadiah macem2 emoticon-Genit . Dan selama 4 hari itu terus mesra2, tapi dicuekin temen ane. Bahkan waktu temen ane dibeliin kalung emas (katanya mas kimpoi), temen ane tetap senyum dan nolak halus, tapi tuh kalung tetep diterima juga..hahaha....

Alhasil di hari ke-4 beberapa tamu tsb ngebuking cewe panggilan ke kamar hotel, dan temen ane pulang ke rumah dgn bawa banyak banget hadiah dari tamu plus tip duit jutaan tapi ga ngapa2in. emoticon-Malu

UPDATE


Nah, ane ada tamu berikutnya yg lumayan horny. Namanya Dedys M dari Vancouver, aslinya sih katanya dari Ukraina. Dia ke Bandung barena pacarnya yg cakep dan ramah banget. Nih penampakannya:



Si Dedys ini horny banget, di mobil dia beberapa kali grepe2 dan mencoba mesra2 an ama pacarnya tsb, tapi ditolak terus (ane denger gini suara cewenya: 'what are you doing? don't touch me!" sambil si Dedys terus cekikikan....

Ane kan duduk di depan samping supir, jadi ga berani nengok ke belakang, cuma denger aja dari depan gan... emoticon-Cape d...

dan kejadian tsb terus berulang tiap ane jalan di depan nerangin si Dedys ini terus grepe2 ceweknya sampe pacarnya tsb marah dan beberapa kali nukas tuh cowo.

Si Dedys ini juga sombong dan jutek banget. Waktu beberapa orang Indo mencoba deketin utk foto bareng, dia selalu nolak dgn juteknya, tapi pacarnya ramah dan baik banget, ga pernah nolak.

Oya gan, waktu di Ciater, si pacarnya ini pake BIKINI dan pose yoga di air terjun gitu, bikin semua pengunjung, termasuk penjaja es krim pada melototin itu body yg baguuuuuuuuuuuuuussss banget emoticon-Malu

emang cakep banget gan... baik hati dan sexy lagi.....

4. Tamu sok pinter

Tahun lalu ane pernah dapet 4 orang tamu dari Spanyol (1 cowok & 3 cewek), umurnya antara Rp 52 sampe 62an, katanya sih adik kakak. Si cowok (namanya Juan Carlos) yg dominan ngomong, adik2 ceweknya pada ngedengerin sambil sesekali nyela. Kata bos ane si Juan Carlos via email minta tour guide yg bisa bahasa Inggris atau Jerman atau Spanyol atau Perancis atau Belanda atau Rusia atau Itali, karena dia katanya fasih semua bahasa tersebut. Iseng2 ane juga pernah liat FBnya si Juan Carlos (waktu belon ketemu dia) dan emang bener tertera di FBnya dia bisa semua itu bahasa yg dia sebutin.

Ane pikir, wah ini tamu pasti super intelek banget nih emoticon-2 Jempol

Pas beberapa hari kemudian ane ketemu dia ama sodara2nya, ane rada bingung karena ga gitu ngerti bahasanya. Ane pikir, apa dia ngomong bahasa lain ya (bukan Inggris)? Ane berkali2 musti bilang "sorry Sir?" Terus setelah dia ngulang dan ane tetep ga ngerti, adik2nya yg ngebantu dia ngomong.

Dan kejadian tsb berulang beberapa kali di sepanjang perjalanan di hari2 berikutnya. Baru kemudian ane sadar bahwa ternyata si Mister Juan Carlos tersebut Inggrisnya kacau balau! emoticon-Cape deeehh

Bayangin aja gan, gimana ane mau ngerti, waktu dia bilang 'Pizza Hut' yg seharusnya kata 'hut' diucapkan seperti 'hat', dia malah ngucapin tetep 'hut' seperti anak Indo di kampung yg ngucapin ala bahasa Indonesia! Atau kata2 lain yg pengucapannya salah dan aneh banget. Jadi adik2 ceweknya bentar2 nyela ucapan dia untuk ngoreksi ucapan kakaknya tsb... emoticon-Cape deeehh

Terus ane iseng2 nanya ke si Mister," How many foreign languages can you speak, Sir?"
Juan Carlos," I can speak at least 6 foreign languages other than Spanish." Terus dia nambahin (yg artinya dalam bhs Indo) "tapi bhasa Inggris yg paling mudah dan gw paling fasih."

emoticon-Cape deeehh

Alhasil di sepanjang jalan ane lebih seneng ngobrol ama adik2nya yg cewe ketimbang si Juan yg Inggrisnya amburadul emoticon-Big Grin

Oh ya, kenapa ya nyaris ampir tiap kali ane bawa turis bule, banyak banget orang Indo yg minta foto bareng macam artis gitu, apalagi kalo tamu bulenya masih muda2 emoticon-Big Grin

Diubah oleh bantengkutuan 21-11-2015 02:32
0
12.2K
100
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan