Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

raykhalsuwismoAvatar border
TS
raykhalsuwismo
Sumber Daya Alam Indonesia Dinikmati Singapura
miris bacanya gan

Sumber Daya Alam Indonesia Dinikmati Singapura


Duniaindustri.com (September 2015) – Pemerintah mengungkapkan banyak hasil kekayaan Indonesia yang keuntungannya dinikmati oleh negara tetangga, Singapura. Untuk itu, pemerintah berusaha agar keuntungan tersebut bisa dinikmati oleh Indonesia.
Menko Perekonomian Darmin Nasution menjelaskan, hal itu terjadi lantaran Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki Indonesia tidak diimbangi dengan sektor pengolahan yang memadai sehingga setiap produk mentah yang dihasilkan dari hasil alam Tanah Air kemudian di bawa ke Singapura karena Singapura memiliki fasilitas pengolahan dan gudang berikat.
Setelah menjadi barang jadi, lanjut Darmin, Singapura nantinya melakukan ekspor ke negara lain. “Ini saya ada cerita kenapa kok kita yang hasilkan sumber daya alam yang banyak, tapi yang kaya Singapura,” kata Darmin.
Tidak hanya itu, jelas mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) ini, Singapura dengan fasilitas gudang berikat yang dimilikinya juga menampung serbuan distribusi barang-barang impor dari berbagai negara, termasuk barang yang diimpor Indonesia
“Kita salah satu negara yang impor kapas dari Rusia, kita juga impor banyak setiap tahun dari AS, tapi karena tidak punya gudang berikat tidak bisa di simpan di sini,” ujar dia.
Untuk itu, tegas Darmin, agar keuntungan tidak terus menerus dinikmati bangsa lain, pemerintah berencana akan membangun gudang logistik di Tanah Air untuk menampung barang-barang tersebut. “Kenapa kita tidak buat di sini. Supaya tidak perlu impor lagi,” pungkasnya.

18 Keunggulan SDA
Jika berbicara sumber daya alam, Indonesia memiliki sejumlah komoditas yang mendunia. Keunggulan itu sudah diakui secara global sehingga tidak heran banyak investor asing yang melirik negeri ini. Berdasarkan penelusuran tim redaksi duniaindustri.com tercatat 18 komoditas RI memiliki peringkat dunia.
Ke-18 komoditas tersebut merupakan sumber daya alam dan sumber daya industri Indonesia yang menempati peringkat strategis di dunia.
0
3.7K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan