tyrodinthorAvatar border
TS
tyrodinthor
[DISKUSI]KH3A - Kritik Historis 3 Agama (Abrahamic Revealed)
Lanjutan dari M3A - Manipulasi 3 Agama (Samawi, the untold story)

Berdasarkan request dari berbagai kaskuser yang ane terima by PM, maka izinkan ane membuka kembali trit ini (yang akan kita index dari thread sebelumnya) dengan perubahan judul: Kritik Historis 3 Agama Samawi. Batasan toleran thread ini adalah kritik historis. Kita tidak membahas kritik teologis, ataupun kritik dogmatis. Fokus utama adalah diskusi kritis terhadap sejarah mainstream 3 agama Samawi (Yudaisme, Kekristenan, dan Islam) sekaligus membuka beberapa informasi yang jarang dan hampir tidak pernah ditemui dalam kajian-kajian keagamaan. Pada dasarnya, kritik bersifat subyektif (credit to Max Horkheimer). Namun kita akan tetap berusaha obyektif dengan merujuk beberapa referensi umum dan khusus yang dapat diakses, mungkin berupa pranala luar, buku, atau jurnal ilmiah.

Tujuan dibukanya thread ini adalah sharing pengetahuan dan sharing informasi, bukan menjelek-jelekkan salah satu dari agama Samawi (atau seluruh agama Samawi) dan bukan pula melakukan propaganda paham-paham anti dan kontra agama (irrelijius, ateisme, agnostisisme, freethought, dsbnya). Hormati kepercayaan orang lain terhadap salah satu agama tsb. Sarkasme kecil dan satir diizinkan selama yang memposting menyajikan gagasan dan pendapat pribadinya yang kritis. Oleh sebab itu, sebisa mungkin jangan terpancing troll dari beberapa oknum. Hargai pula tag pada thread ini: [DISKUSI].

Secara garis besar kita terbuka dari kalangan manapun untuk ikut diskusi, member aktif pun juga beragam pemikiran dan latar belakang. Tapi kita lebih mengapresiasikan usaha kritik dari perspektif ketiga (out of the box), terserah dari angle yang mana saja. Mudah-mudahan diskusi ini bisa menambah pengetahuan dan membuka pikiran.

Member diskusi aktif:
1. ane (TS)
2. gezer
3. cocokmology
4. wantad
5. maripank
6. mamorukun
7. .....
(bagi yang mau ikutan diskusi, tinggal posting aja gagasan agan di sini, nanti ane update pejwan)

Hell of fame (troll jedukers, kolorers, dll):
1. ....
2. ....
3. ....

Dalam thread sebelumnya, mungkin 3/4 nya sudah membahas Yudaisme cukup panjang, mulai dari doktrin sejarah penyusunan Tanakh hingga periode Hasmonea. Sisanya, Kekristenan (sudah hampir seluruhnya, kecuali Gereja di masa Autokrasi dan Inkuisisi hingga sekularisme) dan Islam (yang masih dini, sebatas tentang biografi Muhammad mula-mula). Di thread ini kita nggak akan kilas-balik diskusi sebelumnya sehingga diharapkan pendatang baru yang ingin baca-baca, mau menyediakan waktu untuk berkeliling di thread lama (yang akan kami index nanti).

Selamat berdiskusi.
Diubah oleh tyrodinthor 02-10-2015 09:09
pakisal212
pakisal212 memberi reputasi
1
36.7K
297
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan