kab.trenggalekAvatar border
TS
kab.trenggalek
[FR] RKK Berbagi Hewan Qurban & Berbagi Ceria Bersama Warga Dompyong

Puji syukur Alhamdulillah, kita warga kaskus RKK (Regional Karesidenan Kediri) masih di beri kesempatan oleh Allah untuk mengadakan kegiatan bakti sosial. Bakti sosial kali ini kita mengusung tema "Berbagi Hewan Qurban & Berbagi Ceria Bersama RKK 2015" karena bertepatan dengan perayaan hari raya idul adha.

Alhamdulillah (sekali lagi), event kali ini terbilang spontan karena dari ide terbersit, survei lokasi, penggalangan dana sampai pelaksanaan kegiatan hanya ada waktu 9 hari. Thank buat semua malaikat tanpa sayap dan seluruh warga RKK, sehingga event kali ini berjalan lancar.


Jika selama ini hewan qurban lebih banyak di bagikan di daerah perkotaan saja, kita akan "out of the box" berqurban di daerah terpencil, yang mana sebagian besar warganya menengah ke bawah.

Event RKK kali ini di adakan di dusun Garon, desa Dompyong, kecamatan Bendungan, kabupaten Trenggalek. Secara demografis letak dusun ini terbilang terpencil dan berada diantara tiga kota yaitu Trenggalek, Tulungagung dan Ponorogo. Penduduk dusun ini mayoritas buruh ternak sapi perah milik orang-orang kota. Butuh perjuangan extra untuk menuju lokasi ini, dengan medan yang extreme.

Di daerah ini kesadaran masyarakat akan pendidikan juga sangat minim, selain berbagi hewan qurban kita juga akan membagikan perlengkapan sekolah agar adik-adik kita semangat untuk sekolah.

Sumber dana dalam event ini menggunakan kas RKK yang di peruntukkan untuk kegiatan sosial dan saweran dana dari warga RKK.


Sesuai ketentuan Islam dalam berqurban, seekor kambing hanya untuk qurban satu orang.
Karena hewan qurban untuk event ini hasil dari saweran warga RKK, maka untuk mekanisme dalam kegiatan qurban ini, kambing qurban disedekahkan kepada orang jompo yang tidak mampu, yang berdomisili di sekitar TKP dan disembelih di rumah ketua RT.

Kita bekerjasama dengan perangkat desa setempat, juga dengan pihak SDN 1 Dompyong dalam penyembelihan dan pembagian hewan qurban yang sudah di sembelih. Termasuk juga menentukan siapa yang berhak menerima hewan qurban tersebut. Seluruh hewan qurban dibagi habis untuk warga sekitar, tidak ada yang di masak atau di bawa pulang warga RKK.

Berikut hasil dokumentasi kami saat di lapangan :
Quote:



Seperti yang sudah kita tulis di atas, kesadaran pendidikan masyarakat dusun ini sangat rendah.
SDN 1 Dompyong, adalah satu-satunya sekolah dasar yang berada di sekitar dusun ini hanya memiliki 36 siswa dalam 1 sekolah. Agan tidak salah baca atau kita salah ketik, tapi benar 1 sekolahan muridnya hanya 36 siswa.

Di SD ini kita membagikan perlengkapan sekolah agar mereka semangat untuk berangkat ke sekolah. Setiap siswa mendapatkan tas sekolah, buku tulis, penggaris, pensil, bolpoin, penghapus, buku tuntunan sholat dan rautan. Kita juga memberikan al quran untuk perpustakaan sekolah juga mushola di sekitar sekolah tersebut.

Senang rasanya bisa melihat adik-adik kita tersenyum dan menyanyi bersama kami, berikut hasil dokumentasi kami saat di lapangan :
Quote:



Sebuah video catatan perjalanan kita dari meeting point, kegiatan saat di lokasi sampai touring pulang.
Quote:


Harapan kami, semoga di waktu yang akan datang bertambah banyak daerah di karesidenan Kediri yang bisa kami kunjungi untuk melakukan kegiatan sosial semacam ini.

Dan semoga PT Darta Media Indonesia (kaskus) ada program CSR seperti halnya perusahaan besar lainnya, untuk turut serta dan ikut andil dalam kegiatan bakti sosial di setiap regional. Karena sebagian besar kegiatan bakti sosial regional di lakukan secara swadana dan dengan segala keterbatasan.

0
17.9K
125
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan