Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

adoel.pieroAvatar border
TS
adoel.piero
Pohon Kemenyan, Pohon Mistis Asli Indonesia


Bagi orang Jawa, kemenyan menjadi barang yang wajib ada ketika akan melaksanakan ritual tradisional. Kemenyan dijadikan sesajen yang diletakkan dalam sebuah kamar atau di bawah pohon beringin. Orang-orang jawa percaya bahwa kemenyan ini memiliki hawa mistis untuk mengundang para makhluk abstral dan juga mengusir arwah jahat.

Berbeda lagi dengan orang-orang di Sumatra dan sekitarnya. Kemenyan dijadikan media untuk menyampaikan pesan manusia kepada Tuhannya. Bukan hanya dikenal dengan aura mistisnya, kemenyan juga dikenal karena memiliki keunikkan sendiri.

Kemenyan di sekitar pohon beringin

Kemenyan sendiri adalah wewangian berbentuk kristal yang berasal dari getah pohon kemenyan. Pohon Kemenyan sendiri merupakan salah satu pohon asli Indonesia yang telah tersebar di beberapa pulau di Indonesia seperti Sumatra, Jawa dan Kalimantan. Getahnya sendiri sudah diperdagangkan sejak 500 tahun silam di jalur China sampai Turki hingga menjadi komoditas mahal di masanya.

Bukan haya untuk keperluan ritual tradisional, kemenyan dapat digunakan untuk hal medis yang sudah digunakan sejak abad ke-14. Getah yang mengandung asam benzoat dan turunannya, seperti lubanolbenzoat, sumaresinol, vanilin, stirol, benzaldehida, benzilsinamat, dan fenilpropilsinamat ini digunakan sebagai campuran kosmetik, aroma parfum dan juga aroma terapi.

Hal lain yang mengejutkan tentang kemenyan adalah harga yang cukup fantastis jika membudidayakannya. Memang dari tahun ke tahun harga kemenyan mengalami penurunan yang cukup signifikan. Namun, pada masanya kemenyan pernah dihargai setara dengan emas. Harga 1 kg kemenyan bisa menyamai harga 1 gram emas atau sekitar 16 kg beras.
Wah, meski dikenal karena hawa mistisnya, dulunya juga digunakan obat untuk tumor, bisul, muntah, disentri dan demam. Selain itu, kemneyan juga menjadi tumbuhan yang mendatangkan uang bagi negara. So, bangga dong punya pohon asli yang tumbuh di tanah sendiri.

Quote:


Quote:



SUMUR = 1 + 2 + 3


Diubah oleh adoel.piero 13-09-2015 18:46
0
31.4K
79
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan