Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ir2brothersAvatar border
TS
ir2brothers
DUET MAUT LAZADA & NEX LOGISTIC, Barang Hilang Uang Tak Kembali!!!
Pertama kali coba beli smartphone on-line di Lazada, langsung tertimpa sial dan sampai saat ini kapok belanja disitu lagi. Saya sangat setuju dengan slogan Lazada yang berbunyi "Belanja Itu Gak Ribet", soalnya memang tidak ribet, tinggal pilih barang, bayar (transfer), hanya saja menurut saya slogan itu berlaku pada saat calon konsumen mau memilih barang dan membayar, slogan tersebut tidak berlaku ketika item yang kita beli terjadi masalah,mungkin slogannya akan berbunyi seperti ini "komplain di lazada itu terlalu ribet tak ada solusi". Oke skip...

Ini kronologi atas kejadian yang saya alami, singkat cerita smartphone saya rusak karena kena air, jadi saya coba cari smartphone untuk pengganti sementara yang harganya relatif murah, jatohlah pilihan saya ke Blackberry 9790- 8GB karena dulu pernah pakai ini BB, dan saya cukup puas dengan kinerjanya. Saya sebelumnya sudah pernah order barang di Lazada tapi bukan smartphone/barang yang harganya 1 juta keatas, barang yg pernah saya order tersebut tiba dengan baik semua, nah dari pengalaman belanja di Lazada itu akhirnya saya memberanikan diri beli Blackberry 9790 di Lazada sekitar awal bulan Maret 2015.

Tanggal 17-03-2015 barang saya terima dengan nomor order 336778622. Saya bongkar dusnya, plastik yang menempel di cover BB dan batre saya copot, lalu langsung saya tes, ternyata tidak bisa diisi daya (charge), muncul logo tanda silang di layar, saya coba pakai batre blackberry milik teman saya yang sejenis ternyata bisa menyala. Saya coba isi daya lagi selama 1 jam dengan batre dari paket, tetep tidak bisa menyala. Dugaan saya batre bermasalah, kemudian keesokan harinya saya coba fitur dari Lazada yakni returns, gak ada salahnya kan saya menggunakan fitur yang disediakan Lazada?, dari pihak lazada menyuruh sy mengirimkan kembali produk tsb kebagian gudang, saya kirim keesokan harinya via JNE Reguler + ASURANSI & PACKING KAYU.

Dua minggu lebih tidak ada kabar kejelasan dengan status return paket, sy coba telepon ke bagian CS Lazada, CS tersebut menyatakan paket saya kondisinya baik-baik saja, menurut mereka masih ada plastik yang melekat di batre, saya bingung karena seingat saya plastik sudah saya lepas semua, okelah argumen CS tersebut saya terima, dan saya tinggal menunggu paket yang saya return kembali ke tangan saya. Beberapa hari kemudian pada tanggal 31-03-2015 ada telepon masuk ke nomor saya dari laki-laki yang mengaku kurir dari Nex Logistic dengan nomor HP 082184864xxx. Kurir tersebut meminta maaf kepada saya karena beberapa hari sebelumnya sudah mencari alamat rumah saya tapi tidak ketemu, pada akhirnya saya berikan alamat alternatif di Kantor tempat saya bekerja, maksudnya supaya gampang mencarinya. Kurir tsb tidak bisa mengantarkan paket saya pada tgl 31 Maret, dia menjanjikan hari esoknya setelah tgl 31 (estimasi tgl 1 april 2015).

Tanggal 1 saya tunggu seharian kurir dari nex tidak datang, saya coba telepon ke CS nex dengan no telepon 021-7918 6xxx yang mengangkat wanita, saya tidak hapal namanya. Tapi CS tsb mencoba membantu saya menanyakan kepada Nex Logistic cabang bogor untuk konfirmasi. Setelah itu jawaban yang saya dapat adalah kurir tidak menjanjikan tanggal 1 tapi tanggal 2. Agak sedikit aneh padahal hari esok dari tanggal 31 Maret seharusnya tanggal 1 April. Tanggal 2-4-2015 siang, paket datang ke kantor saya, yang menerima satpam dan langsung diberikan kepada saya sesaat setelah diterima dari kurir. Kejanggalan yang saya rasakan adalah ketika paket tersebut saya pegang beratnya sangat ringan, seperti kardus kosong. Kondisi selotip masih menempel cukup rapi, hanya saja dus blackberry agak sedikit terlihat ditengah karena dus bagian luar sepertinya agak terlalu kecil tingginya dibandingkan dus blackberrynya sendiri. Paket saya buka dan ternyata isinya hanya earphone, kartu garansi, manual book, CD BlackBerry. Yang tidak ada unit blackberrynya sendiri beserta baterai dan charger. WTF!!!!

Pada hari itu juga saya komplain ke CS Lazada dan CS Nex logistic, saya meminta dana di refund, mereka semua menanggapi, dan berjanji akan membantu. Berkali-kali saya menanyakan kepastian refund dana, dari pihak Nex melemparkan masalah itu ke Lazada, saya diminta komplain ke Lazada, dari pihak Lazada menyuruh saya menunggu terus sampai berbulan-bulan gak ada solusi. Sampai detik ini pun belum ada solusi, pihak lazada menyuruh menunggu terus, lalu pada saat saya menanyakan statusnya lagi beberapa hari kemudian jawaban mereka selalu berbunyi barang tersebut sudah saya terima, begitu terus berulang-ulang setiap saya komplain, dan ini e-mail terakhir yang saya terima hari ini.
Quote:


FYI saya sudah mencoba return lagi paket yang isinya hilang tersebut dg menghubungi CS Lazada terlebih dahulu, tapi dari pihak gudang Lazada menolak dengan alasan paket isinya tidak lengkap, jelas-jelas saya sudah komplain ke CS, paket tersebut malah ditolak. Dengan terpaksa paketnya saya ambil kembali di JNE dan saya simpan sampai sekarang sebagai barang bukti.

Beberapa kejanggalan dan ketidak profesionalan pihak Lazada & Nex Logistic menurut saya :
1). Mundurnya tanggal pengiriman dari si Kurir Nex, dari seharusnya tanggal 31 lalu janji lewat telepon akan dikirim esok hari (pada saat dia telepon ke saya tgl 31), berarti tanggal 1 April, tapi malah datang tanggal 2 April 2015, tapi anehnya di website Nex Logistic status paket saya terima pada tanggal 1 April 2015 dalam kondisi baik dan lengkap, jelas-jelas tanggal 2 April 2015 barangnya baru saya terima dalam kondisi tidak lengkap, aneh?. FYI setelah saya komplain ke Nex, selang kira-kira 1 bulan si Kurir pengirim paket saya tersebut datang ke kantor, dia minta saya isi form berita acara serah terima barang, sambil rada mengeluh dia curcol ke saya kalo pihak perusahaan (nex) menuduh dia mencuri isi paket tersebut.
Spoiler for barbuk:


2). Kemasan paket yang saya terima dari pihak Lazada cukup miris, jadi paketnya dibungkus dus Lazada lalu dilem dengan selotip warna putih bening, bukan dengan lakban yang tidak transparan dan memiliki daya rekat yang kuat. Selain itu yang bikin saya kecewa tidak ada perlakuan khusus terhadap paket yang nilainya diatas 1 juta, artinya paket tersebut tidak diasuransikan pengirimannya. Kalau terjadi apa-apa, contohnya seperti saya yang isi paketnya hilang ribet ngurusnya, soalnya masing-masing pihak Lazada dan Nex seperti lempar batu sembunyi tangan.
Spoiler for barbuk:


HAMPIR 6 BULAN BELUM ADA PENYELESAIAN DARI KEDUA PIHAK (LAZADA & NEX LOGISTIC). DAN SAYA MASIH MEMPERJUANGKAN HAK SAYA. UANG BISA DICARI TAPI KEPERCAYAAN TIADA NILAINYA.

UPDATE & KLARIFIKASI.
*) Alhamdulillah dari pihak Lazada sudah telepon kepada saya, dan menanggapi keluhan saya hari ini tanggal 07-09-2015 sekitar pukul 10:19 dan 10:49 WIB. Pihak Lazada meminta maaf atas lamanya proses refund dana dari kasus yang saya alami. Rencananya dari pihak Lazada akan melakukan refund dana ke rekening tabungan saya siang ini atau maksimal 7 hari kerja, terhitung dari hari ini. Saya akan update terus perkembangannya hingga proses ini selesai. Terima kasih atas perhatian para kaskuser sekalian.

*) Pukul 13:41:01 tanggal 07/09/2015 dana refund sudah masuk dari Lazada, sesuai dengan harga awal barang yang saya order.

Syukur Alhamdulillah semenjak saya posting surat pembaca di forum kaskus, dari pihak Lazada langsung merespon dengan cepat, semoga kejadian ini menjadi pelajaran bagi semua pihak, khususnya saya pribadi.

Semoga tidak terjadi lagi kasus-kasus seperti saya.

Terima kasih kaskus, terima kasih juga kepada Lazada, semoga Lazada lebih baik kedepannya.

Dengan ini saya tutup case ini.

-CASE CLOSED-
Diubah oleh ir2brothers 08-09-2015 07:59
0
11K
38
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan