krauser73opsAvatar border
TS
krauser73ops
Heboh, Hacker Ini Klaim Bisa Belokkan Pesawat.





Seorang hacker terkenal mengklaim kalau dia mampu menyusup ke sistem komputer pesawat komersial, bahkan mengubah posisi pesawat saat sedang terbang di angkasa. Kabar ini pun bikin heboh.

Sang hacker adalah Chris Robert yang tenar di Amerika Serikat sebagai pakar sekuriti. Bulan lalu, Robert sempai diinvestigasi Federal Bureau Investigation (FBI) karena memposting di Twitter kalau dia bisa menelusup ke sistem pesawat maskapai United Airlines.

Sebelumnya, Robert ternyata juga sempat ditemui oleh agen FBI Bernama Mark Huley yang mewawancarainya soal kemungkinan adanya celah keamanan di sistem hiburan In Flight Entertainment System (IFE) pada pesawat Boeing 737, 757 dan Airbus A320.

Kepada Mark inilah, Robert mengaku pernah melakukan hack pada sistem IFE yang dibuat oleh Panasonic dan Thales. Dia melakukannya sekitar 15 sampai 20 kali di beberapa penerbangan pesawat komersial antara tahun 2011 sampai 2014.

Dikutip dari United Press International, Minggu (17/5/2015), Robert mendapatkan akses pada sistem itu dengan menghubungkan laptopnya di box elektronik IFE di bawah kursi penumpang. Jika berhasil masuk, dia bisa mengakses sistem lain, termasuk Thrust Management Computer yang mengendalikan mesin



Robert juga mengklaim kalau dia bisa memasukkan kode di Thrust Management Computer itu saat terbang di sebuah pesawat dan pernah sukses mengontrol sistem mesin untuk menggerakkan pesawat.

"Dia mengatakan kalau dia menyebabkan salah satu mesin pesawat naik, sebagai akibatnya ada gerakan menyamping dari pesawat itu," tulis agen Mark yang dokumen wawancaranya itu bocor ke media.

Robert juga menyatakan kalau ia mampu memonitor trafik penerbangan dari sistem komputer yang ada di kokpit pesawat. Tapi tak dijelaskan dalam penerbangan apa dan pesawat jenis apa Robert melakukan aksinya.

Sang agen memperingatkan kalau perbuatan semacam itu adalah kriminalitas. Robert pun berjanji tak akan melakukannya lagi. Tapi bulan April lalu, Robert memposting tweet kalau dia bisa mengontrol sistem pesawat Boeing 737/800 dalam penerbangan dari Chicago ke Philadelphia.

Tweet itu dianggap aparat sebagai ancaman dan Robert langsung diintegorasi FBI. Sedangkan perangkat komputernya disita untuk diselidiki.


Quote:


serem bener gan..emoticon-Takut

new update

Diubah oleh krauser73ops 18-05-2015 14:45
0
7.4K
67
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan