Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

abdul ghaniAvatar border
TS
abdul ghani
Menakar MoU Proton dan PT ACL. Dari berbagai sumber.
Assalamu'alaikum Gan. SEHAT ?emoticon-Malu (S)


Kali ini ane mau ngangkat tema yang lagi hot, teken kontrak antara PT Nya Hendro dengan Proton. Apa tujuanya, apa implikasinya ? Lets check !

UPDATE :
Kenapa trit kaya ginian lagi heboh :
"Permasalahan ini jadi heboh karna keterkaitan PT. ACL, Hendropriyono, PDIP, Jokowi...
Bagaimana mungkin perusahaan kroco dipercaya utk bikin jv dengan perusahaan sebesar proton"
by mang jebot post #26.

dari ane pribadi : kerja keras bikin industri dengan anak bangsa sendiri lebih bermakna, daripada bikin usaha dengan bangsa lain, sedangkan di sini sebenarnya sudah ada benih yang sama. Belum lagi ditambah kenyataan bahwa saat debat katanya pak jokowi akan mempersulit investasi asing.

Hot Gosip : katanya Mega ktemu Mahatir waktu pilpres kemarin? kalo iya, maka teken kontrak seperti ini sepertinya memang sudah dari awal...


1. Pernyataan dari presiden :

"Itu kan bussiness to bussiness, itu pun saya kira masih sebuah MoU yang awal sekali,"
"Jadi kemarin karena diundang Dr Mahatir dan Pak PM Najib Razak ya saya datang, jadi masih awal sekali."
"Ya kita kan terbuka mau yang dari Malaysia masuk untuk investasi ya silahkan, mau dari Korea juga silahkan, mau dari Jepang yang sudah banyak mau investasi lebih besar lagi ya silahkan, kita butuh investasi,"


2. Pernyatan dari Proton Press release di websitenya (corporate.proton.com) :


a. Proton hari ini menandatangani MoU dengan PT Adiperkasa Citra Lestari, untuk membangun hubungan antara Malaisia dan Indonesia dalam hal pengembangan dan pembuatan Mobil Nasional Indonesia



b. Penandatanganan dihadiri oleh pihak dari Protoon, disaksikan oleh dubes malaisia utk indonesia, direktur pt ACL Hendropriyono, duta besar Indonesia utk Malaisia. Acara ini juga diselenggarakan dengan kehadiran dari Perdana mentereri malaisia, presiden indonesia.

c. MoU bertujuan utk mengembangkan kemungkinan ekspansi bisnis diantara kedua perusahaan untuk mengembangkan proyek yang direncanakan (pengembangan dan pembuatan mobil nasional indonesia).



d. dibawah MoU, akan dilaksanakan studi kelayakan, mengenai bagian apa saja yang akan dikerjakan bersama oleh kedua belah pihak, termasuk potensi pembuatan mobil tersebut di indonesia. MoU ini barulah keinginan awal dan tidak bersifat mengikat

e. kolaborasi ini akan menjadi sesuatu yang bagus karena kedua negara secara spesifik bekerja sama untuk mengembangkan produk untuk pasar yang lebih besar. Lebih jauh, Proton, mempunyai fasilitas, dan kapabilitas teknologi, design dan pengembangan yang tidak dimiliki negara lain di Asean. Melalui kerjasama ini, kedua negara juga punya kemungkinan untuk saling berbagi pengetahuan dan keahlian di bidang otomotif yang tentu saja akan menguatkan hubunga bilateral.

f. MoU ini merupakan awal positif dari kedua negara. Sebagai pemain utama di regional, Proton menerima dengan senang hati kerjasama dengan PT ACL untuk keuntungan bersama.

g. AM Hendro berkata : MoU ini merupakan langkah besar bagi indonesia di bidang industri otomotif dimana kerjasama ini akan membuka peluang kerja di indonesia

h. AM Hendro berkata : kami sangat senang bekerja dengan proton dan malaisia pada proyek ini. Dengan keahlian proton dan kesamaan budaya, kami yakin proton bisa membantu dan mengembangkan kemampuan spesialis tenaga kerja otomotif di negara kami (indo). Kerja sama ini diwujudkan tidak hanya untuk memacu industri otomotif indo, namun juga mengembangkan pengetahuan dan kapabilitas rakyat kami (indo).

i. Dengan potensi kerjasama, kedua perusahaan akan membuat rencana usaha di beberapa area utama dari bisnis otomotif ini, termasuk komersialisasi dan aspek teknis dari proyek. Terpisah dari itu, keduanya juga akna mengevaluasi pengerjaan proyek secara lokal, pembelian, rekayasa dan disain, layanan logistik, studi pasr dan semua proses relevan proyek. Nantinya kedua perusahaan akan menyepakati joint venture yang jelas untuk proyek yang direncanakan.

POIN PENTING


1. Presiden belum menjawab pertanyaan yang sebenarnya : apakah ini mobil nasional atau bukan? Belum ada pernyataan resmi dari presiden bahwa ini mobil nasional, ATAU bahwa ini bukan mobil nasional. Harusnya tegas Pak.

2. Press release dari proton menyebutkan "untuk membangun hubungan antara Malaisia dan Indonesia dalam hal pengembangan dan pembuatan Mobil Nasional Indonesia" (paragrap a)

3. Presiden : ini hanya bisnis ke bisnis saja

4. Penandatanganan MoU ini dihadiri oleh pejabat negara, dubes, PM, BAHKAN PRESIDEN.

Dari poin2x tersebut ditambah keterangan dari paragraf press release proton, sebenarnya arahnya kelihatan kok :
Kerjasama ini masih sangat awal (pernyatakan presiden dan paragraf d), tidak mengikat (paragraf d), namun saat rencana usaha dan prospek bisnis (paragraf i), studi kelayakan (pernyataan presiden), sudah terrencana, maka proyek BISNIS (pernyataan presiden) antara Proton dan PT ACL ini akan menghasilkan OUTPUT MOBIL (paragraf a) yang diproyeksikan MENJADI MOBIL NASIONAL INDONESIA (paragraf a, keterangan yang ada di banner), dimana proyek ini telah disetujui oleh pucuk pimpinan dua negara sekaligus (paragraf b).

Lebih jelasnya lagi :
Proton akan menjadi mitra BISNIS (pernyataan presiden), dimana PT ACL punya hendro akan bikin pabrik di indo (paragraf g), pabrik itu akan disupport oleh proton dalam ilmu teknik otomotif (paragraf h), nantinya akan mengembangkan skill otomotif pekerja indo (paragraf h), dimana mobil yang dihasilkan nantinya akan menjadi mobil nasional (paragraf a). Segala urusan bisnis AHM akan sangat mudah karena koneksinaya adalah PRESIDEN.

Apabila ini BENAR BENAR BUKAN PROYEK UNTUK MOBNAS :
MAKA BARU PERNAH DENGAR PERUSAHAAN SWASTA MAMPU MENGUNDANG DAN MENDATANGKAN PRESIDEN, DUBES 2 NEGARA, PERDANA MENTERI, dalam seremoni usahanya. Begitu kuatnya pengaruh AMH dan proton, sampe 2 kepala negara ikut hadir. Segala urusan bisnis AHM akan sangat mudah karena koneksinaya adalah PRESIDEN. Perusahaanya saja tidak jelas (jpnn.com)

Kenapa proton tidak gandeng ESEMKA sekalian? jelas, untuk menghindari gonjang ganjing mana yang akan di kembangkan. Proton butuh perusahaan yang belum punya karya, tapi punya koneksi, sehingga mobil proton lah yang nantinya jadi subyek pengembangan.

Akhir : mobil buatan anak bangsa masih jauh panggang dari api. Kecil kemungkinan perusahaan otomotif mapan datang ke indo mengembangkan esemka dan lain-lain. Ujung ujungnya, pernyatan Dahla Iskan makin kebukti, bahwa kalau mau maju emang harus mandiri dan cerdik. Sayangnya, DI adala contoh orang yang sloganya dipake (kerja kerja), pakaianya dipake (baju putih kemana aja), tapi otak ama orangnya kagak.

sumber gambar sini
pernyataan presiden : ini

UPDATE

Rencana Proton jadi mobnas udah dari dulu. Pantes ajah udah bisa tunjuk sana sini buat ngurusin ini itu.

(ember[/URL

[img]http://s.kaskus.id/images/2015/02/09/719836_20150209094424.PNG[/img] ([URL="http://www.themalaymailonline.com/malaysia/article/najib-malaysia-indonesia-to-join-forces-in-automotive-industry-to-make-asea"]ember 2
)

Priatin juga sama esemka dan kawan kawan.
Diubah oleh abdul ghani 10-02-2015 04:23
0
3.6K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan