Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

marzhalsAvatar border
TS
marzhals
Ini yang menyebabkan kecelakaan Pesawat Air Asia
4 Bahaya awan Cumulonimbus bagi penerbangan.


Badan Meteorologi,Klimatologi,dan Geofisika (BMKG) membenarkan
terdapat gumpalan awal tebal pada jalur penerbangan pesawat AirAsia QZ8501,yang hilang pada Minggu(28/12) pagi.Kepala BMKG Andi Eka Satya menyebut,gumpalan awan tersebut bernama 'Cumulonimbus'.Hal ini pun diperkuat oleh keterangan Direktur Angkutan Udara Kementerian Perhubungan Djoko Murjatmodjo,yang mengatakan Pilot Kapten Irianto sempat meminta izin pesawat melewati rute yang tidak normal akibat cuaca buruk,sebelum akhirnya hilang kontak.

Saat jumpa pers di Bandar Udara
Soekarno-Hatta, Minggu (28/12),
Djoko mengatakan, Air Traffic
Controller (ATC) di Bandara Djuanda mengatakan hingga pukul 06.10 WIB,pesawat masih berada di ketinggian 32 ribu kaki,dan melewati jalur M635.Baru kemudian ketika AirAsia melewati wilayah ATC Jakarta,pilot menghubungi otoritas di Soekarno-Hatta pada 06.12 WIB. Ada cuaca buruk sehingga idealnya harus keluar jalur normal.

"Pesawat kontak ATC dan di radar ada masalah,pada saat kontak pesawat menyatakan menghindari awan dari arah 35,meminta naik ke ketinggian 38 ribu kaki," kata Djoko.
Lima menit kemudian,atau tepatnya pada pukul 06.17 WIB pesawat hanya tampak sinyal di antara Tanjung Pandan-Pontianak.

"Lalu 06.18 WIB hilang dari radar
hanya terlihat flight plan saja. Jadi
pesawat itu ada rencana terbang ke mana,realisasinya juga ada sampai mana.realisasinya itu yang hilang,"ungkap Djoko.
Pemerintah memastikan bahwa
pesawat AirAsia yang mengudara
berada dalam kondisi prima.Hanya saja,Djoko mengakui kondisi cuaca di sekitar lokasi hilangnya pesawat buruk. "Pesawat jelas baik, cuaca jelas sedang tidak baik.Makanya pilot
minta left take," tandasnya.
Awan Cumulonimbus diduga menjadi penyebab hilangnya pesawat AirAsia nahas itu.


Berikut bahaya awan
tersebut:

Quote:

Demikian gan emoticon-Kiss

sumber

Permintaan Ubah Jalur Pilot Air Asia
QZ 8501 Belum Disetujui ATC.


Tangerang, Jakpro – Air Trafic Control (ATC) bandara Soekarno-Hatta belum mengijinkan penambahan ketinggian menjadi 38 ribu kaki kepada Air Asia QZ 8501 jenis airbus A 320-200 rute Surabaya-Singapura yang hilang sejak Minggu (28/12).


“Permintaan menyimpang dari rute dapat disetujui ATC, sedangkan permintaan untuk naik ke ketinggian 38 ribu kaki belum dapat disetujui.Dikarenakan kondisi traffic dan koordinasi dengan adjacent ATS unit,dimana di atas Air Asia masih ada pesawat,” kata Plt Dirjen Pehubungan Udara Djoko Murjatmodjo di Kantor Otoritas Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Minggu (28/12) petang.

Pesawat Air Asia hilang kontak
berselang 5 menit setelah pilot
meminta izin naik, “Permintaan izin pukul 06.12 WIB, sebelum diberikan izin, langsung lost contact pada 06.17 WIB,” terangnya.
Kemudian, Tim KNKT dan Tim Airnav melakukan ploting dan analisa perkiraan posisi terakhir di mana pesawat tersebut lost contact,yaitu pada koordinat 03.36.31 lintang selatan dan 108.41.46 bujur timur.
“Tim Basarnas langsung melakukan
pencarian ke koordinat tersebut.Tapi tidak ditemukan adanya petunjuk mengenai keberadaan pesawat Air
Asia ini,” jelasnya.

Pihaknya pun menegaskan belum bisa berasumsi terkait penyebab hilangnya kontak pesawat Air Asia lantaran tidak adanya sinyal dari Emergency Locator Tramsiter (ELT) maupun Pinger yang menandakan pesawat tersebut jatuh ke darat atau ke laut.
“Jadi belum ada perkembangan. Kita masih lakukan pencarian di laut sekitar Belitung, Palembang dan sekitarnya serta di darat dari Sampit sampai Pontianak,” tegasnya.

Diketahui sebelumnya, pilot lapor
kepada petugas ATC untuk menyimpang dari rute penerbangan ke arah kiri dan meminta naik dari ketinggian 32 ribu ke ketinggian 38 ribu kaki. Permintaan tersebut untuk
menghindari awan kumulonimbus atau awan tumpukan yang berisi hujan besar.(YD Tama)


sumber
Diubah oleh marzhals 30-12-2014 11:53
0
6.6K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan