Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

amarul.pradanaAvatar border
TS
amarul.pradana
Ciut! KPK Tunda Pengusutan Skandal Pajak BCA.

Setelah sekian bulan berlalu, KPK akhirnya berbicara jujur akan nasib pengusutan kasus pajak Bank BCA. Jika diawal KPK mengumbar janji akan secepatnya membongkar pengusutan kasus pajak, kali ini KPK mengungkapkan bahwa pengusutan kasus pajak Bank BCA tidak akan diselesaikan dalam waktu dekat. Tidak hanya itu, penahanan Hadi Poernomo juga tidak akan dilakukan secepatnya.

KPK pernah menjanjikan bahwa setelah lebaran pengusutan kasus pajak Bank BCA akan dimaksimalkan agar kasus ini lekas dibongkar. Namun anehnya hingga saat ini kasus ini tetap jalan ditempat, alias mandeg. Update terakhir dari KPK adalah pemanggilan terhadap petinggi Bank BCA, namun dalam pemanggilan KPK terhadap petinggi Bank BCA ada kejanggalan, KPK terlihat merahasiakan hal ini.

Kasus korupsi pajak Bank BCA sejatinya merupakan kasus lama. Dalam kasus ini BCA melalui Hadi Poernomo menghindar dari kewajiban membayar pajak atas transaksi Non Performance Loan ( NLP) tahun 1999-2003 sebesar Rp 5,7 Triliun dengan besaran pajak sebesar Rp 375 Miliar.

Peran Hadi dalam kasus ini adalah penyalahgunaan kewenangan sebagai Dirjen Pajak dalam menerima permohonan keberatan pajak Bank BCA . Atas tindakan Hadi, KPK menyangkakan Hadi Poernomo berdasarkan Pasal 2 ayat (1) dan atau Pasal 3 UU No 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU No 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Pasal tersebut mengatur mengenai setiap orang yang melawan hukum melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau korporasi yang dapat merugikan keuangan negara maupun setiap orang yang menyalahgunakan kewenangan dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun dan denda paling.

Selain itu KPK juga sebenarnya menyadari akan adanya keterlibatan BCA dalam diterimanya permohonan keberatan pajak Bank BCA oleh Hadi Poernomo. KPK bersama dengan PPATK telah berhasil menemukan transaksi mencurigakan antara Hadi Poernomo dengan salah satu petinggi Bank BCA.

Lalu apa yang sebenarnya merubah pendirian KPK dalam penanganan kasus pajak Bank BCA? Apakah KPK mulai menciut nyalinya dalam membongkar kasus ini?

Sumber :
1. http://www.aktual.co/hukum/kpk-pasti...am-waktu-dekat
2. http://www.aktual.co/hukum/pengamat-...utan-kasus-bca
0
4.4K
63
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan